Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Tentang Mata Uang Virtual di Masa Depan

01.57.00
apa itu bitcoin
Selama beberapa waktu terakhir, para pengguna Internet kerap menanyakan apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya. Perkembangan teknologi yang berkembang pesat telah membuat perubahan dalam berabgai aspek, termasuk proses pembayaran atau transaksi. Jika selama ini Anda melakukan jual-beli dengan uang cash, kartu kredit maupun debit, maka kini ada bitcoin yang siap menggantikannya. Mata uang virtual terbaru ini mungkin masih kurang familier di telinga orang awam, tetapi nyatanya sudah mulai digunakan banyak pihak sebagai alat transaksi. 

Bitcoin kali pertama diperkenalkan pada tahun 2009. Mulanya, bitcoin hanya dipakai sebagian pelaku dalam bidang e-commerce di beberapa negara. Namun, perlahan tapi pasti, bitcoin kini telah digunakan banyak pihak dalam bisnis atau kepentingan lainnya. Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih lengkap tentang mata uang virtual ini, mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Sejarah dan Penjelasan Seputar Bitcoin 

Seperti yang telah disebutkan, bitcoin adalah mata uang virtual yang dipakai dalam transaksi online. Bentuknya pun tidak seperti mata uang fisik yang dikeluarkan bank dan sifatnya universal karena tidak dipakai secara khusus oleh sebuah negara. Bentuk bitcoin tergolong unik dan berbeda karena tampil dalam file seperti kebanyakan file yang Anda temukan di ranah siber. 

Pertanyaan tentang bentuk bitcoin adalah salah satu yang sering muncul selain apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya. File yang menjadi wujud dari bitcoin biasanya tediri dari enskripsi kode-kode unik yang menjadikannya berbeda dari satu sama lain. Seperti halnya lagu dalam format .mp3 atau jurnal ilmiah dalam format .pdf, Anda dapat menyimpan bitcoin dalam flash disk maupun perangkat lunak bernama BitCoin Digital Wallet atau secara online dalam cloud storage.

Sementara itu, sejarah yang melatarbelakangi kemunculan bitcoin amatlah beragam. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bitcoin lahir pada tahun 2007. Seorang pakar komputer asal Jepang yang bernama Satoshi Nakamoto tengah merancang sistem mata uang virtual teranyar yang kelak tak akan terikat oleh otoritas maupun pihak lain seperti pemerintah. Satoshi mengaku butuh waktu selama dua tahun untuk mengembangkan bitcoin sebelum melepasnya ke dunia maya pada tahun 2009. 

Beberapa sumber pun menyebutkan kalau penemu bitcoin sebenarnya hanya nama fiktif. Seorang ahli lain pun menyatakan bahwa bitcoin dikembangkan oleh seseorang atau sebuah kelompok yang ingin menciptakan persepsi baru dalam tanah transaksi online—dalam hal ini mata uang virtual. Meski begitu, tujuan mereka tetaplah sama, yakni untuk meraup keuntungan. Di sisi lain, penggunaan bitcoin semakin meluas dan sudah sampai ke dunia siber di Indonesia. 

Penyebaran Bitcoin Sebagai Mata Uang 

Karena lahir dan berkembang di Internet, penyebaran bitcoin sangatlah cepat dan luas, sehingga kini sudah tersedia hampir di selurh dunia. Namun, ada pula negara-negara yang menolak kehadiran bitcoin, antara lain Tiongkok dan Singapura. Penolakan tersebut dikarenakan sifat bitcoin yang masih belum aman dipakai sebagai alat transaksi. Bagi mereka, bitcoin juga dapat memberi pengaruh negatif untuk kestabilan transaksi secara online. 

Pertanyaan lain yang muncul selain apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya adalah nilai dari mata uang virtual tersebut. Jika dialihkan kursnya ke dolar AS, sebagian pihak menyatakan bahwa satu bitcoin atau 1B setara dengan kurang lebih $195 dolar. Namun, nilai tersebut tentunya kerap mengalami fluktuasi mengikuti ketersediaan bitcoin dan mata uang dunia. Sekarang ini, setidaknya sudah ada 21 juta bitcoin yang jumlahnya betambah sekitar 25 bitcoin per menitnya di seluruh dunia. 

Cara Kerja dan Mendapatkan Bitcoin 

Secara garis besar, cara kerja mining bitcoin sangatlah sederhana. Seorang relawan yang memasang perangkat lunak bitcoin miner atau komputer ASIC akan membantu proses verifikasi dalam transaksi bitcoin. Dalam verifikasi, terdapat proses rumit nan kompleks, tetapi di sisi lain kebenaranya mudah untuk dibuktikan. Lantas, relawan pertama yang sukses memecahkan proses tadi akan mendapatkan sejumlah bitcoin sebagai reward atau hadiah. Semoga penjelasan tadi dapat menjawab pertanyaan seputar apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya, sehingga Anda dapat memahaminya dengan sangat baik.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Anda dapat menukar FasaPay USD, Bitcoin, litecoin, BTC-e, Perfect Money USD, USD OKPAY ke FasaPay IDR pada layanan Unichange.me.
    Anda dapat melakukan order dengan arahan berikut ini :
    FasaPay USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/fasapay_usd_fasapay_idr
    Bitcoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/bitcoin_fasapay_idr
    Litecoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Kode BTC-e USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Perfect Money ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/perfect_money_usd_fasapay_idr
    OKPAY ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/okpay_usd_fasapay_idr

    BalasHapus