Apa Itu Bitcoin Mining?

Apa Itu Bitcoin Mining?

Bagi masyarakat awam yang baru mendengar istilah Bitcoin, apa itu bitcoin mining mungkin masih menjadi pertanyaan. Bitcoin mining secara sederhana merupakan kegiatan untuk memperoleh bitcoin dengan memanfaatkan perangkat komputer yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan sistem yang diperlukan. Seseorang yang melakukan kegiatan bitcoin mining juga sering disebut dengan penambang bitcoin atau Bitcoin miner.

Melakukan bitcoin mining pada dasarnya bukan hal yang mudah, termasuk untuk orang yang sudah cukup lama mengenalnya. Kegiatan ini memerlukan proses dan perangkat komputer online yang cukup rumit. Namun saat ini sudah ada banyak tips untuk mendapatkan bitcoin dengan mudah yang dapat Anda temukan di mesin pencari seperti Google.

Konsep Bitcoin Mining

Apa itu bitcoin mining adalah sebuah proses perhitung matematis yang dilakukan di jaringan bitcoin. Bitcoin berjalan di sebuah sistem online dan tujuan utama dari perhitungan matematis tersebut adalah untuk verifikasi transaksi bitcoin di internet. Dengan verifikasi tersebut, seorang penambang bitcoin dapat memperoleh sebuah celah blok baru di jaringan Bitcoin yang berisi beberapa Bitcoin baru dan dapat diambil. Dari situlah seorang penambang bitcoin akan memperoleh bitcoin. Semakin banyak proses verifikasi dan menemukan blok baru, bitcoin yang dapat diperoleh juga akan semakin banyak

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara seseorang untuk melakukan verifikasi dan menemukan blok yang baru di jaringan Bitcoin ini? Hal ini sebenarnya sama seperti Anda yang ingin membuka sebuah file MP3 atau Ms Word. Bitcoin Mining juga bekerja dengan sistem yang sama. Tetapi ketika Anda sudah masuk jaringan bitcoin, proses yang akan dilakukan akan menjadi jauh lebih berat. Pasalnya komputer harus membuka data yang sudah dilindungi oleh sistem keamanan yang ketat. Jadi dalam melakukan bitcoin mining, Anda wajib menyiapkan perangkat dengan spek yang tinggi


Apa Itu Bitcoin Mining?

Tahap Bitcoin Mining

Kegiatan menambang bitcoin dulumnya dilakukan pertama kali dengan mengandalkan salah satu perangkat komputer atau CPU. Dulu, berbekal sebuah komputer dengan CPU bagus sudah memungkinkan seseorang untuk menambang. Tetapi dengan sistem keamanan bitcoin yang saat ini sudah semakin ditingkatkan, sistem CPU Mining pun sudah tidak dapat diandalkan lagi.

Selanjutnya, para miner menggunakan Graphical Processing Unit atau GPU. Hardware yang telah dikenal dengan sebutan kartu grafis ini diketahui dapat diupayakan untuk melakukan penambangan bitcoin. Dengan kemampuan proses yang lebih kuat, sistem GPU Mining ternyata lebih handal dibandingkan CPU Mining. GPU ATI Radeon HD5870 pernah dinobatkan sebagai GPU terbaik untuk menambang bitcoin.

Beberapa waktu terakhir, perkembangan bitcoin mining makin mutakhir dan dikenal sebuah sistem yang disebut dengan FPGA Mining atau Field Programmable Gate Array. Ini secara umum adalah gabungan perangkat komputer yang sudah dilengkapi dengan Bitcoin mining rig yaitu sebuah perangkat khusus yang sengaja dibuat sebagai pengganti fungsi GPU atau CPU dan dapat menjalankan proses olah data mining bitcoin secara lebih cepat dan maksimal. Dengan sistem gabungan ini, perangkat komputer hanya memiliki 1 tugas yakni mining Bitcoin.

Tetapi sistem FPGA Mining ini juga masih memiliki kekurangan yaitu tampilan perangkat yang digunakan akan kurang enak dilihat karena berantakan dan penggunaan Bitcoin Mining Rig ini bertebaran di mana – mana. Untuk itu, saat ini sudah ada teknologi perangkat penambang sistem bitcoin yang jauh lebih ringkas dan tetap dapat mengakomodasi kebutuhan mining bitcoin. Sistem yang dimaksud adalah ASIC Mining.

Pada dasarnya, ASIC (Application Specific Integrated Circuit) Mining menggunakan sebuah perangkat hardware yang telah ditanami dengan chip khusus dengan fungsi untuk mining bitcoin.Dengan teknologi ASIC Mining ini, tampilan perangkat para miner menjadi jauh lebih teraur dan ringkas. Tetapi tidak mudah untuk membuat perangkat ASIC Mining. Oleh sebab itu, perangkat ASIC Mining akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Yang menarik, salah satu hardware ASIC Mining terkenal yang disebut-sebut sebagai yang terbaik berasal dari Indonesia yaitu buatan Tiyo Triyanto. Beliau membuat hardware Red Fury yang telah terbukti kehandalannya

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu bitcoin mining. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan membantu siapa saja yang tertarik untuk mulai menambang bitcoin

01.06.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Apa Itu Bitcoin Mining?.