10 Cara Menghilangkan Mual Secara Alami




cara menghilangkan mual

Cara Menghilangkan Mual Secara Alami - Mual adalah rasa ketidaknyamanan yang dirasakan di perut biasanya pada bagian atas dan disertai dorongan muntah. Mual merupakan gejala yang disebabkan oleh banyak hal diantaranya mabuk perjalanan, hamil muda, atau penyakit serius yang diderita seperti iritasi atau peradangan di dalam perut. Namun mual belum tentu diikuti dengan muntah sehingga justru terasa lebih menyiksa. Berikut ini 10 cara menghilangkan mual secara alami yang bisa dicoba. Mari kita simak ulasannya.

1. Minum Air Yang Banyak

Salah satu cara menghilangkan mual adalah minum air yang banyak. Air disini bisa berupa air putih, air jahe, teh manis maupun air kelapa. Dengan mengonsumsi minuman-minuman tersebut akan membuat perut terasa lebih nyaman. Minumlah sedikit demi sedikit namun sering. Asupan cairan yang cukup juga bisa menghindarkan dari dehidrasi sehingga mual sedikit demi sedikit akan reda.

2. Konsumsi Makanan Yang Mudah Dicerna

Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna bisa membantu menghilangkan rasa mual di perut. Konsumsi sedikit demi sedikit agar makanan bisa dicerna secara perlahan oleh tubuh. Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi diantaranya pisang, nasi, biskuit dan juga bubur. Dengan mengonsumsi makanan yang lembut dan mudah dicerna pencernaan akan lebih lancar dan membantu menghilangkan rasa mual.

3. Hindari Jenis Makanan Dan Minuman Tertentu

Cara menghilangkan mual selanjutnya adalah menghindari makanan yang berminyak dan makanan pedas bagi penderita maag karena akan meningkatkan asam lambung. Jangan minum kopi dan minuman bersoda terlebih dahulu sampai mual reda. Aroma tajam dari makanan atau minuman bisa menimbulkan mual. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dengan bau menyengat guna mencegah mual bertambah parah.

4. Konsumsi Teh Chamomile

Chamomile merupakan salah satu teh herbal yang paling populer di dunia. Teh chamomile telah dinilai sebagai obat untuk mengatasi mual, mabuk perjalanan, dan diare. Teh ini bisa membantu mengusir gas, menenangkan perut dan merelaksasi otot-otot yang memindahkan makanan melalui usus. Sehingga dengan konsumsi teh chamomile, mual perlahan akan mereda.

5. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Menghindari makanan berlemak tinggi menjadi salah satu cara menghilangkan mual secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh yang terlalu tinggi pada makanan akan membuat rasa mual semakin parah. Oleh karena itulah hindari terlebih dahulu jenis makanan tersebut hingga mual hilang dan sembuh.

6. Konsumsi Buah Yang Mengandung Vitamin C

Buah yang mengandung vitamin C tinggi bisa membantu mengatasi rasa mual. Untuk itulah sebaiknya konsumsi buah vitamin C seperti jeruk, mangga, pisang, dan tomat ketika mulai merasa mual. Namun bagi penderita maag atau ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi buah yang rasanya terlalu asam karena bisa memicu asam lambung naik dan mual menjadi lebih parah.

7. Atur Pernapasan Sembari Menghirup Aromaterapi

Menghirup aromaterapi disertai dengan pengaturan pernapasan dapat mengatasi mual secara efektif. Caranya hirup nafas dalam- dalam sembari diberikan aromaterapi di sekitarnya misalkan di area hidung atau dibelakang leher dari hitungan satu sampai tiga. Selanjutnya tahan nafas lagi sampai hitungan ketiga buang dan lakukan secara berulang.

8. Beristirahat Dengan Cara Berbaring

Menghentikan sementara aktivitas dan beristirahatlah dalam posisi duduk atau berbaring. Hal ini dikarenakan beraktivitas saat mual dapat memperparah mual dan memicu terjadinya muntah. Berbaringlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain sebagai cara menghilangkan mual.

9. Konsumsi Madu

Madu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan salah satunya untuk menghilangkan mual pada perut. Konsumsilah madu yang dicampur dengan air hangat secara rutin. Konsumsi madu 2 sdm 3x sehari yaitu tiap pagi, siang dan malam jika perut mual secara berkepanjangan.

10. Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil Namun Frekuensi Sering

Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar akan membuat mual menjadi lebih parah. Untuk itulah lebih baik konsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun dalam frekuensi yang sering. Hal ini bertujuan agar perut tidak merasa terlalu lapar maupun terlalu kenyang sepanjang hari.

Nah itulah 10 cara menghilangkan mual secara alami. Sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab mual bisa terjadi. Jika sudah melakukan cara-cara diatas namun mual masih belum juga reda segera konsultasikan kepada dokter karena dikhawatirkan mengidap penyakit tertentu yang serius.


3:23:00 AM