5 Cara Memasang Anti Gores Untuk Smartphone Yang Tepat dan Benar




cara memasang anti gores

Cara Memasang Anti Gores Untuk Smartphone - di jaman yang semakin canggih smartphone hadir dengan inovasi yang memudahkan pengguna. Salah satu contohnya adalah smartphone full screen yang dikeluarkan hampir oleh semua brand smartphone baik Indonesia maupun mancanegara. Full screen memiliki resiko kerusakan yang lebih rentan jika dibanding handphone jadul atau non full screen. Untuk itulah jika tidak dilindungi oleh anti gores akan rentan mengalami kerusakan. Berikut ini cara memasang anti gores yang tepat dan benar. Mari kita simak ulasannya.

1. Siapkan Bahan Terlebih Dahulu

Salah satu cara memasang anti gores terlebih dahulu harus menyiapkan bahan- bahan yang diperlukan. Diantaranya anti gores yang sesuai dengan ukuran smartphone yang dimiliki, cairan pembersih layar atau kamera, dan kain. Kain yang digunakan adalah kain tanpa serat yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata maupun kamera. Jangan lupa siapkan juga kartu plastik seperti kartu ATM, KTP, SIM, maupun kartu kredit.

Sebelumnya pengguna smartphone bisa membeli anti gores ke counter handphone. Harganya pun bervariasi tergantung dari jenis anti gores dan tipe smartphone yang dimiliki. Namun terlepas dari itu semua, pada umumnya cara memasang anti gores ini sama saja caranya. Jadi yang pertama kali dilakukan adalah memastikan bahwa semua bahan sudah tersedia dengan lengkap sehingga proses pemasangan anti gores bisa segera dilakukan tanpa harus bolak-balik atau mencari barang pendukung lainnya lagi.

2. Bersihkan Layar Smartphone

Setelah semua bahan siap, smartphone selanjutnya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih layar atau kamera. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang sebelumnya menempel di layar bisa dihilangkan sehingga tidak akan meninggalkan noda ketika anti gores telah dipasang. Selain menggunakan cairan pembersih lensa, pengguna smartphone juga bisa menggunakan solatip bening atau dust absorber. Dust absorber sendiri adalah stiker yang berguna untuk mengambil atau menempelkan debu dan kotoran yang ada di layar smartphone.

Selain cairan pembersih lensa, solatip bening, bisa juga menggunakan tisu basah. Hal ini karena tisu basah juga dianggap efektif untuk mengangkat kotoran. Setelah dibersihkan dengan tisu basah bisa dikeringkan menggunakan tisu kering. Penggunaan tisu paling sering dilakukan karena setelahnya tisu tersebut bisa langsung di buang.

3. Carilah Tempat Yang Bersih

Cara memasang anti gores untuk smartphone yang tepat juga harus dilakukan di tempat yang bersih dan bebas dari debu. Jika ingin memasang di atas meja, sebelumnya meja harus dibersihkan terlebih dahulu. Bahkan bila perlu bisa menggunakan kain basah agar debu bisa langsung terangkat dari atas meja. Usahakan memasang di tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi agar tidak ada debu yang beterbangan ketika anti gores sedang dipasang. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pemasangan anti gores dimana semakin bersih tempat maka semakin bagus juga hasil anti gores yang dipasang.

4. Pemasangan Anti Gores

Smartphone yang sudah dibersihkan kemudian bisa dipasang anti gores. Cara memasang anti gores yaitu dengan membuka sedikit lapisan plastik yang menutupi anti gores. Buka sedikit saja dan tempelkan ke sudut-sudut smartphone secara perlahan. Lepaskan plastik yang menutupi anti gores bersamaan saat menempelkan pelindung ke smartphone. Pastikan tidak menyentuh bagian dalamnya dengan cara memegang pada bagian pinggirnya saja. Dan jangan lupa pastikan juga bahwa lubang pelindung terletak pada posisi yang benar.

5. Ratakan Layar Smartphone

Meratakan layar smartphone bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi gelembung yang masih ada di layar. Jika masih ada bisa diratakan menggunakan kartu plastik seperti yang sudah disebutkan tadi. Selain kartu plastik bisa juga menggunakan penggaris untuk meratakan. Caranya cukup tekan gelembung secara perlahan menggunakan kartu plastik ke pinggir layar hingga gelembung perlahan menghilang. Jangan tekan terlalu keras karena akan berisiko merusak layar smartphone.

Nah itulah 5 cara memasang anti gores untuk smartphone yang benar dan tepat. Jika belum yakin bisa melakukan dalam sekali waktu, pengguna smartphone bisa berlatih terlebih dahulu. Sehingga ketika pergi ke toko accesoris handphone atau counter bisa membeli lebih dari 1 pcs. Harganya cukup terjangkau yaitu berkisar sekitar Rp 20.000,00 rupiah jadi tidak akan membuat kantong menjadi kering.


8:11:00 AM