5 Cara Membuka File ISO Dengan Atau Tanpa Aplikasi Termudah




Cara Membuka File ISO

Cara Membuka File ISO - Bagi yang hobi berurusan dengan dunia komputer, pasti tak asing lagi dengan file ISO (berekstensi .ISO atau .IMG). Jenis file ini merupakan format file untuk virtual CD, baik dengan menggunakan CD maupun DVD drive untuk membukanya. Cara membuka file ISO pun berbeda dengan format file kebanyakan.

Untuk membuka file ISO, biasanya memerlukan aplikasi/software khusus, namun pada seri OS Windows telah dilengkapi dengan kemampuan tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka file ISO yang mudah untuk dilakukan:

1. Menggunakan PowerISO

PowerISO telah beredar sejak Tahun 2004 dan menjadi salah satu software terpecaya untuk memproses file pada CD dan DVD. Selain digunakan untuk membuka file ISO, proses lain yang berkaitan dengan format file ISO pun dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuka file ISO menggunakan PowerISO, perhatikan langkah-langkah berikut:
  • Download PowerISO kemudian instal pada perangkat komputer.
  • Buka lokasi file ISO berada, arahkan kursor pada file dan klik kanan pilih PowerISO lalu pilih Extract to… tunggu hingga program terbuka. Ketika program PowerISO terbuka, abaikan jendela pesan ucapan terima kasih.
  • Akan muncul kotak dialog, masukkan lokasi yang diinginkan untuk menyimpan file, setelah itu klik OK dan tunggu hingga proses selesai.

2. Tak Perlu Gunakan Aplikasi Khusus, Manfaatkan WinRAR

Jika sudah memiliki program WinRAR pada perangkat komputer, tak perlu lagi menginstal software khusus ISO. Dengan memanfaatkan WinRAR yang telah terpasang, file ISO pun dapat dibuka. Caranya pun sama seperti saat mengekstrak file dengan format .rar.

Klik kanan pada file ISO lalu pilih salah satu menu Extract berlabel logo WinRAR. Selanjutnya tinggal menunggu hingga proses selesai dan file ISO pun dapat dibuka. Sayangnya proses dengan menggunakan WinRAR tidak dapat membuka file gambar berformat Nero (.NRG). Diperlukan trik khusus yang akan dibahas pada cara membuka file ISO keempat.

3. Buka dengan 7-Zip Tak Perlu Instal Aplikasi Khusus ISO

Sama halnya dengan WinRAR, tanpa disadari 7-Zip adalah program yang sering ditemukan dalam komputer. Ketika ingin membuka file ISO dan tidak memiliki aplikasi khusus ISO, 7-Zip dapat menjadi solusi alternatif yang digunakan.

Langkah cara yang dilakukan pun sama halnya seperti saat menggunakan PowerISO maupun WinRAR. Klik kanan pada file ISO yang hendak dibuka, lalu pilih program 7-Zip. Selanjutnya tinggal memilih menu Extract yang diinginkan. Terakhir, tinggal tunggu hingga proses selesai dan file pun sudah dapat dibuka pada komputer.

4. Membuka File ISO Tanpa Aplikasi Melalui Windows 7

Syarat utama pada cara yang satu ini adalah komputer telah terpasangi dengan program WinRAR. Langkah dalam mengekstrak file ISO pun sama seperti pada cara yang kedua, yaitu dengan memanfaatkan WinRAR. Yang menjadi perbedaan yaitu di sini akan dijelaskan cara untuk mengakali file ISO dengan format gambar Nero (.NRG).

Sebelum mengekstrak layaknya file dengan format RAR, terlebih dahulu perlu untuk mengubah ekstensi file NRG menjadi RAR. Utuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:
  • Buka Windows Explorer pada starting menu Windows, pilih Organize lalu double klik pada Folder and search option.
  • Pada jendela yang kemudian terbuka, pilih menu View. Hilangkan tanda centang dari kolom Hide extension for known file types, kemudian klik OK. Dengan begitu semua file ekstensi yang tersimpan dalam komputer akan dapat terlihat.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka lokasi file NRG yang ingin dibuka berada. Ubah ekstensi dari file menjadi .rar lalu tekan enter pada keyboard. Akan muncul kotak dialog yang menampilkan peringatan, pilih Yes atau OK.
  • Setelah format ekstensi file berubah menjadi RAR, tinggal lakukan ekstraksi seperti biasanya.

5. Membuka File ISO Langsung Tanpa Aplikasi Via Windows 10

Cara membuka file ISO pada perangkat yang telah menggunakan OS Windows 10 jauh lebih sederhana. Sudah ada fitur khusus untuk membuka file ISO dalam sistem dan tidak membutuhkan program aplikasi tambahan. Sebenarnya fitur ini sudah ada pada OS Windows 8, namun belum begitu populer karena orang masih terbiasa menggunakan aplikasi pembantu.

Untuk membuka file ISO, cukup dengan membuka lokasi file tersebut berada. Setelah itu, klik kanan pada file yang dimaksud dan pilih menu mount. Dapat juga melakukannya melalui PowerShell (as Administrator). Dialog perintah yang diketikkan adalah ‘Mount-DiskImage –ImagePath (lokasi disk yang dikehendaki)’.

Demikian adalah lima cara membuka file ISO yang dapat dilakukan dengan mudah. Tak ada lagi kendala untuk bisa membuka dan menjalankan file dengan format ISO. Tak perlu menguasai kelima cara di atas, pilih saja salah satu cara yang termudah sesuai dengan kemampuan.


11:03:00 AM