5 Cara Menanam Daun Seledri Sendiri Di Rumah




cara menanam daun seledri

Cara Menanam Daun Seledri Sendiri di Rumah - Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan untuk penyedap masakan. Selain itu, seledri juga banyak digunakan sebagai obat herbal. Banyak orang percaya bahwa seledri dapat menjadi anti hipertensi, anti rematik serta menambah nafsu makan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang ingin mengetahui cara menanam daun seledri. Tanaman yang dikenal dari bentuknya dan aroma khasnya ini relatif mudah ditanam. Berikut adalah cara untuk menanam daun seledri sendiri di rumah.

1. Memilih Dan Menyiapkan Bibit Tanaman

Langkah pertama saat menanam seledri adalah menyiapkan bibit tanaman seledri itu sendiri. Bibit tanaman ini banyak dijual di pasar tradisional terdekat. Belilah seledri yang masih ada akarnya dan nampak masih segar. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama pisahkan tunas anakan seledri dari tanaman induknya. Kemudian bersihkan bagian bonggol seledri yang kotor. Lalu potong batang tanaman yang tua dengan hati-hati hingga tersisa tunas muda. Tunas muda inilah yang akan dijadikan bibit tanaman.

2. Merendam Bonggol Ke Dalam Air

Isi air ke dalam gelas mineral untuk merendam bonggol yang telah ditusuk pada empat penjuru bagian. Lalu tambahkan pupuk ke dalam air di gelas. Apabila tunas muda sudah tumbuh dua hingga tiga buah, lalu pindahkan ke media tanam di dalam pot atau polybag.

Pot atau polybag yang digunakan pastikan sudah lubang di bagian dasarnya. Hal ini untuk menghindari penumpukan air di dasar pot atau polybag. Hal ini karena penumpukan air yang berlebihan di dasar pot atau polybag dapat menyebabkan tanaman mati.

3. Menyiapkan Media Tanam

Cara menanam daun seledri ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Hal ini karena tanaman seledri membutuhkan media yang subur dan gembur. Berikut adalah langkah menyiapkan media tanam seledri.

Langkah pertama yaitu menggunakan perbandingan 1:1:1  untuk media tanah, kompos dan pupuk kandang. Kemudian, ayak seluruh media tanam dan gunakan bagian halusnya saja. Setelah itu, masukkan bagian halus tersebut ke dalam pot atau polybag. Mengingatkan kembali, bagian bawah pot atau polybag harus berlubang agar air tidak menggenang di bagian dasar media.

4. Memperlakukan Media Tanam

Masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag dan padatkan hingga ke permukaan. Usahakan permukaan tertutup rata dengan tanah, kompos dan pupuk kandang. Kemudian diamkan media tanam selama satu minggu sebelum dipindahkan ke media tanam yang sesungguhnya.

Selagi menunggu, siapkanlah media tanam yang sesungguhnya. Media dapat berupa pot atau polybag dengan ukuran yang lebih besar. Cara menanam daun seledri sangat ditentukan dari tata cara memperlakukan media tanam sebelum masuk ke media tanam sesungguhnya. Perlakuan yang benar dapat membuat tanaman itu hidup dan tumbuh serta berkembang dengan benar.

5. Menanam Seledri

Tahap ini merupakan tahapan yang paling penting dari cara menanam daun seledri di atas. Setelah media serta bibit siap untuk ditanam, maka dapat dipindahkan ke media tanam sebenarnya. Disarankan untuk melakukan penanaman pada pagi hari dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Buatlah lubang tanam pada pot atau polybag yang sebenarnya. Lubang ini disesuaikan dengan tinggi tanaman serta panjang akar. Kemudian, masukkan bibit ke dalam lubang tanam dan pastikan tanaman tegak dan kokoh. Setelah itu, buatlah permukaan bonggol tidak tertutup semua media.

Usai melakukan langkah di atas, kemudian sirami tanaman seledri dalam media dengan hati-hati. Tak lupa untuk selalu memastikan bahwa air tidak keluar dari bagian bawah pot tanaman. Hal ini karena dapat mengganggu nutrisi pada tanah yang berpengaruh pada pertumbuhan tanaman yang bisa berakibat hingga tanaman mati.

Setelah itu, letakkan pot atau polybag di tempat yang teduh pada awal masa tanam. Pancaran sinar matahari diperlukan setelah awal masa tanam.

Demikian ulasan mengenai cara menanam daun seledri yang bisa dilakukan sendiri. Cara yang sangat mudah untuk dilakukan siapapun dan dimanapun. Ditambah lagi daun seledri ini mampu hidup di berbagai iklim. Dengan menanamnya di rumah, maka tidak perlu lagi membelinya di pasar. Selain itu, budidaya daun seledri ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis.


6:09:00 AM