5 Cara Mengatasi Digigit Tawon Secara Alami




cara mengatasi digigit tawon

Cara Mengatasi Digigit Tawon Secara Alami - Gigitan tawon tersebut akan membuat kulit menjadi sakit, gatal serta nyeri. Sehingga akan membuat kulit menjadi bengkak dan berwarna merah. Hal ini akan membuat panik dan khawatir terdapat kulit yang digigit tawon. Jangan pernah panik apabila digigit tawon secara tiba-tiba. Ada beberapa cara mengatasi digigit tawon.

Cara ini bisa dilakukan di rumah serta bahan-bahan pun mudah untuk ditemukan. Selain itu bahan-bahan ini juga dijual dengan harga yang murah di pasaran. Apabila mengalami hal ini, maka segerakan untuk pulang & mencari bahan-bahan yang dapat mengatasi gigitan tawon. Berikut cara mengatasi digigit tawon secara alami:

1. Mengompres Dengan Batu es

Ketika mendapat sengatan dari tawon, maka segerakan untuk membersihkan & mencuci kulit yang digigit tawon di bawah air yang mengalir. Mengapa? Hal ini dilakukan agar menghilangkan racun tawon yang berada di kulit.

Setelah itu kompres kulit yang digigit tawon dengan batu es atau air es. Caranya dengan mengambil handuk tipis dan bersih. Letakkan beberapa batu es di dalam handuk atau celupkan handuk di dalam wadah yang berisi air es. Setelah itu kompres ke kulit dan tunggu selama 10-15 menit.

Ulangi cara ini beberapa kali sampai merasa lebih baik dari sebelumnya. Kompres menggunakan batu es/air es dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

2. Oleskan Baking Soda

Baking soda atau bahan pengembang kue ini, ternyata dapat mengatasi gigitan tawon. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih kulit yang digigit tawon di bawah air mengalir. Setelah gunakan baking soda sebagai salep untuk mengatasi gigitan tawon. Fungsi penggunaan baking soda adalah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.

Caranya adalah mencampurkan baking soda dengan sedikit air , aduk rata hingga menjadi cair. Setelah itu oleskan campuran baking soda di atas kulit yang disengat oleh tawon. Untuk memaksimalkan penyembuhan ini & menjaga kehigienisan, kita bisa menutupi kulit yang dioles dengan baking soda menggunakan perban.

3. Oleskan Madu

Madu selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi digigit tawon. Hal pertama yang dilakukan adalah mencuci bersih kulit yang digigit tawon dengan air yang mengalir. Setelah itu oleskan madu di atas kulit tersebut.

Madu berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit yang mengalami pembengkakan. Selain itu madu juga berguna sebagai antibakteri, mencegah infeksi pada kulit serta mempercepat penyembuhan kulit. Apabila mengoleskan madu secara rutin pada gigitan tersebut maka akan mempercepat penyembuhan.

Oleskan madu di kulit yang tersengat tawon. Lakukan di dalam rumah dan jauh dari jangkauan tawon dan binatang lainnya. Tunggu dan diamkan sampai kulit menjadi lebih baik dan madu menjadi kering.

4. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya selain berguna untuk kecantikan wajah, ternyata dapat digunakan sebagai cara mengatasi digigit tawon. Cara menggunakan lidah buaya sama seperti madu. Kita dapat mengoleskan lidah buaya diatas kulit yang digigit oleh tawon.

Lidah buaya berfungsi sebagai antibakteri yang dapat mencegah infeksi dan membantu menghilangkan bekas saat digigit tawon. Selain itu lidah buaya sangat berguna untuk melembabkan kulit yang digigit tawon serta dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Oleskan lidah buaya pada kulit yang digigit tawon sampai kulit menjadi lebih baik dari sebelumnya dan sampai mengering. Gunakan cara ini di ruang tertutup untuk mencegah infeksi menjadi parah.

5. Balur Kulit Yang Disengat Dengan Bawang

Bawang selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang juga dapat mengatasi gigitan tawon. Kita bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih dalam hal ini.  Caranya adalah pastikan kulit yang digigit tawon sudah dibersihkan.

Untuk penggunaan bawang putih kita bisa menghaluskan bawang putih terlebih dahulu dengan blender. Setelah itu oleskan pada kulit yang disengat tawon. Sedangkan untuk bawang merah, kita bisa langsung menggunakan bawang merah yang sudah dipotong. Setelah itu gosok pada kulit yang disengat oleh tawon.

Kedua cara ini dapat meredakan pembengkakan dan nyeri pada kulit. Gunakan cara ini sampai kondisi kulit menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Nah itulah 5 cara mengatasi digigit tawon secara alami. Selain bahan-bahan tersebut mudah ditemukan, dipastikan bahan tersebut terdapat di dalam rumah. Oleh karena itu, apabila mengalami hal seperti ini, jangan khawatir. Gunakanlah salah satu dari 5 cara ini untuk mengurangi nyeri, bengkak dan infeksi yang ditimbulkan dari gigitan tawon.


6:37:00 AM