5 Cara Mengatasi Gusi Berdarah Dengan Mudah




cara mengatasi gusi berdarah

Cara Mengatasi Gusi Berdarah  - Gusi berdarah akan membuat kita menjadi tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Gusi berdarah akan menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi. Penyebab gusi berdarah adalah kebersihan mulut serta kebersihan gigi yang kurang terjaga. Ada beberapa cara mengatasi gusi berdarah dengan mudah.

Cara-cara ini tidak mengeluarkan banyak uang seperti pergi ke dokter. Cara ini juga dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan dan bisa dibeli di pasaran. Berikut cara mengatasi gusi berdarah dengan mudah:

1. Berkumur Dengan Air Dingin

Berkumur dengan air dingin dapat mengatasi gusi berdarah. Air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat memperlambat aliran darah ke dalam gusi.  Perlambatan aliran darah juga dapat mengurangi peradangan pada gusi seperti rasa nyeri dan juga pembengkakan menjadi berkurang.

Selain berkumur dengan air dingin, kita juga dapat mengompres gusi berdarah dan bengkak. Caranya dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan kedalam air dingin. Kemudian tempelkan handuk tersebut dibagian pipi yang terdapat gusi berdarah.

Lakukan cara pengompresan ini selama 15-20 menit. Kemudian ulangi lagi cara tersebut setelah jeda 10 menit. Dengan adanya kedua cara ini kita dapat mengatasi gusi berdarah seketika.

2. Berkumur Dengan Hidrogen Peroksida/ Air Garam

Apabila berkumur dengan air dingin kurang efektif pada gusi kita. Maka terdapat cara mengatasi gusi berdarah yang kedua yaitu berkumur dengan hydrogen peroksida/ air garam. Kita dapat membeli hydrogen perokssida di apotek terdekat dan harganya pun terjangkau.

Hydrogen Peroksida berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Selain itu dapat mengurangi plak pada gigi serta dapat mengatasi gusi berdarah.  Caranya adalah dengan mencampurkan hydrogen peroksida deengan air. Aduk hingga rata. Setelah itu berkumurlah selama ½ menit.

Buang air kumuran dan bersihkan mulut dari larutan tersebut. Sedangkan berkumur dengan air garam juga bisa mengatasi gusi berdarah. Caranya dengan berkumur sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

3. Sikat Gigi Secara Rutin & Rajin

Walaupun gusi dalam kondisi berdarah, bengkak dan nyeri, kita tidak boleh mengabaikan kebersihan gigi dengan tidak menyikat gigi. Dalam kondisi ini mengharuskan kita menyikat gigi secara rutin dan rajin. Mengapa? Hal ini bertujuan agar tidak memperparah gusi yang berdarah dan menghindari datangnya plak pada gigi.

Kita dapat menggunakan sikat gigi yang berbulu halus dan lembut. Sikat gigi secara perlahan dan jangan terlalu keras dan kasar. Hal ini akan membuat gusi menjadi lebih berdarah dari sebelumnya. Disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mempunyai kandungan fluoride. Sikatlah gigi seperti biasanya yaitu 2x sehari.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin C & K

Walaupun gigi dalam kondisi yang tidak baik serta sulit untuk mencerna makanan, sebaiknya jangan mengabaikan hal ini. Kita harus banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Mengapa? Vitamin C berfungsi untuk  membunuh bakteri yang menyebabkan gusi berdarah. Kita dapat mengkonsumsi jeruk, jambu, mangga dll yang banyak mengandung vitamin C.

Selain vitamin C, kita juga harus mengkonsumsi vitamin K. Vitamin K berfungsi untuk meningkatkan serta mempercepat pembekuan darah. Kita dapat mengkonsumsi brokoli, bayam serta sawi hijau yang kaya akan vitamin K.

Vitamin C dan vitamin K akan bekerjasama dalam mengatasi gigi berdarah. Vitamin C akan mengatasi bakteri penyebab gusi berdarah, sedangkan vitamin K akan mempercepat pembekuan darah pada gusi. Sehingga gusi menjadi lebih cepat sembuh.

5. Bersihkan Plak Gigi Dengan Benang

Cara mengatasi gusi berdarah yang terakhir adalah membersihkan plak gigi dengan benang. Gusi berdarah juga dapat diakibatkan adanya plak yang menumpuk pada gusi. Hal inilah yang menyebabkan gusi menjadi berdarah. Kita dapat membersihkan plak dengan menggunakan benang.

Gunakan cara ini 2x sehari untuk mencegah terjadinya penumpukan plak pada gigi. Semakin bersih gigi kita dari plak, maka akan meminimalisir terjadinya gusi berdarah.

Nah, itulah 5 cara mengatasi gusi berdarah dengan mudah. Kita dapat melakukan kelima cara tersebut apabila kita mengalami kondisi gusi berdarah. Lakukan cara tersebut secara rutin agar gusi menjadi lebih baik. Kelima cara ini efektif dalam menghilangkan nyeri, bengkak serta menghentikan pendarahan pada gusi. Selamat mencoba!


6:01:00 AM