5 Cara Mengatasi Migraine Yang Ampuh Tanpa Harus ke Dokter




cara mengatasi migraine

Cara Mengatasi Migraine cepat - Migraine merupakan bentuk sakit kepala yang berbeda dari biasanya, gangguan ini terjadi karena adanya perubahan aktivitas pada otak yang menimbulkan rasa sakit yang teramat. Bagian kepala akan terasa berdenyut-denyut dan yang paling ekstrem terasa seperti dipukul oleh benda kasar. Penyakit ini harus cepat ditangani agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah cara mengatasi migraine yang ampuh.

1. Minum Teh Jahe

Migraine bisa terjadi berjam-jam bahkan dalam hitungan hari. Jika penyakit ini tidak cepat diatasi, maka dapat mengganggu kemampuan dasar seperti membaca dan menulis. Bagi yang menderita migraine tidak usah terlalu terburu-buru pergi ke dokter. Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti meminum teh jahe.

Jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah mengatasi migraine yang terjadi. Cara membuat teh jahe bisa dibilang mudah, cukup dengan merebus teh bersama jahe lalu disaring ketika selesai direbus. Tanaman ini akan bekerja dengan baik untuk mengatasi gejala migraine seperti mual dan lain-lain.

2. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga sebenarnya juga dapat memicu migraine jika aktivitas yang dilakukan itu berat dan tidak sesuai untuk gangguan kepala seperti migraine. Namun, bukan berarti olahraga tidak dapat menjadi cara mengatasi migraine yang diderita. Cobalah untuk melakukan olahraga yang lebih ringan seperti yoga, treadmill, zumba, jogging, berjalan santai di keliling kompleks dan olahraga kardio lainnya.

Olahraga seperti Yoga akan membuat tubuh lebih rileks dan pikirannya menjadi tenang. Cobalah untuk melakukan olahraga jenis ini dengan rutin untuk mengatasi migraine yang terjadi pada kepala. Penyebab seseorang menderita migraine atau sakit kepala ada banyak, salah satunya adalah akibat dari stress yang dialami. Ketika berolahraga, keringat yang keluar akan mengurangi rasa stress sekaligus merangsang keluarnya hormon endorfin.

3. Melakukan Pijatan Pada Leher dan Pelipis

Gejala migraine seperti rasa nyeri pada kepala dapat diatasi dengan memijat bagian leher ataupun pelipis guna mengurangi rasa sakit tersebut. Ketika memijat cobalah menggunakan minyak essensial dengan aroma yang menenangkan. Aroma dan rasa hangat yang ditimbulkan oleh minyak akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan juga nyaman.

Pijatan sangat berguna untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan otak. Berikanlah pijatan dengan gerakan memutar pada bagian pelipis, tengkuk, dan leher. Lakukan cara ini dengan lembut namun memberikan tekanan yang pas. Selain itu, migraine juga dapat diatasi dengan menghirup aroma minyak essensial seperti aroma lavender, peppermint, geranium, dan lain-lain. Aroma ini akan membantu mengurangi stress dan gejala depresi.

4. Menjaga Pola Makan

Hal yang paling penting untuk mengatasi migraine adalah dengan menjaga pola makan yang sehat bagi penderita migraine. Perhatikan makanan apa saja yang masuk ke lambung, ada jenis makanan yang ternyata dapat mengurangi rasa sakit pada kepala. Salah satunya adalah makanan yang mengandung zat magnesium.

Magnesium adalah jenis mineral yang sangat diperlukan bagi jaringan pada tubuh manusia. Lalu apa saja sumber makanan yang didalamnya zat magnesium yang tinggi? ternyata ada banyak makanan yang berisikan zat magnesium seperti sayuran hijau, ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan, susu, biji gandum, pisang, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.

5. Mengompres Kepala dengan Es atau Air Dingin

Cara mengatasi migraine selanjutnya adalah dengan mengompres kepala menggunaka kain atau waslap yang berisi es atau sudah dibasahi dengan air dingin. Rasa dingin yang ditimbulkan dapat mengatasi daerah penyempitan pada pembuluh darah di kepala. Penderita migraine dapat melakukan cara ini dengan membasahi waslap dengan air dingin lalu ditempelkan pada dahi, pelipis, dan belakang leher.

Jika saat mengompres rasa sakit pada kepala meningkat, maka hentikanlah aktivitas tersebut dan beri jeda setiap mengompres menggunakan es. Selain cara ini, bagi orang yang menderita migraine juga disarankan mandi menggunakan air dingin untuk mengurangi ketegangan pada kepala.

Ketika migraine melanda, usahakanlah menghindar dari tempat keramaian lalu carilah tempat yang nyaman dan jauh dari suara-suara keras. Migraine juga dapat terjadi karena pola istirahat yang buruk, oleh karena itu sediakanlah waktu yang cukup untuk beristirahat. Selain itu, beberapa cara mengatasi migraine seperti di atas juga bisa dilakukan.


6:05:00 AM