5 Cara Mengetahui Bunga Pinjaman Yang Wajib Diketahui




cara mengetahui bunga pinjaman

Cara Mengetahui Bunga Pinjaman - Terkadang badan kredit tidak menjelaskan secara rinci suku bunga yang wajib dibayar setiap bulannya. Untuk itu sebagai nasabah harus jeli dan tahu cara mengetahui bunga pinjaman agar tidak menyesal di kemudian hari.

Nasabah beranggapan mengetahui bunga pinjaman tidak penting karena bunga akan terlihat pada total pembayaran dikurangi dengan jumlah pinjaman. Padahal itu saling berkaitan termasuk suku bunga. Untuk itu sebagai calon nasabah wajib mengetahui 5 cara mengetahui bunga pinjaman yang dijabarkan di bawah ini, di antaranya adalah:

1. Menanyakan Pada Bank Yang Bersangkutan

Bertanya secara rinci pada bank yang bersangkutan adalah cara mengetahui bunga pinjaman secara tepat. Untuk itu sebelum memilih kredit atau meminjam di Bank wajib menanyakan berapa kisaran bunga setiap bulannya, dan berapa denda yang harus dibayar tatkala telat melunasi angsuran. Dengan begitu sebagai calon nasabah tidak kecewa saat melakukan pinjaman dan dipatok dengan suku bunga yang tinggi

Menanyakan pada Bank bersangkutan memang sangat efisien. Hal itu karena dengan mendatangi Bank maka calon nasabah akan mendapatkan informasi secara detail dari pihak bank. Bahkan calon nasabah dapat menanyakan segala hal yang belum jelas pada pihak Bank, tentunya pihak Bank akan bersikap ramah dan telaten menanggapi pertanyaan karena sudah tugas mereka melayani calon nasabah agar puas.

2. Melihat Pada Brosur

Saat ini lembaga keuangan atau Bank telah menyuguhkan brosur untuk memudahkan calon nasabah yang melakukan kredit. Brosur itu berisi secara lengkap mengenai DP yang harus dibayar, angsuran yang harus dibayar setiap bulan dan jangka waktu tenor.

Tentunya hal ini berguna bagi nasabah agar lebih faham dan memberitahu pada keluarga mengenai rencana kredit, terutama bagi calon nasabah yang masih meminta persetujuan keluarga dalam melakukan kredit. Calon nasabah dapat menghitung perkiraan bunga kredit dari brosur tersebut, namun untuk calon nasabah yang tidak mengetahui kisaran jumlah bunga pada brosur dapat bertanya pada keluarga yang lebih tahu.

3. Menggunakan Kalkulator Simulasi Kredit

Cara mengetahui bunga pinjaman dapat dilakukan dengan kalkulator simulasi kredit. Kalkulator ini berguna dalam menggambarkan secara umum berbagai macam pinjaman seperti kredit perumahan, kredit mobil dan kredit individu. Saat itu juga calon nasabah akan mengetahui informasi detail kredit mulai dari jumlah angsuran sampai tabel kredit.

Keberadaan kalkulator simulasi kredit ini memang berguna bagi calon nasabah yang super sibuk. Calon nasabah tidak harus mendatangi kantor Bank dan menunda aktivitas atau pekerjaan, tentunya lebih menghemat waktu dan tidak memerlukan ongkos kendaraan.

4. Mencari Referensi Kepada Rekan Yang Melakukan Kredit

Saat akan mengajukan kredit, setiap orang pasti akan mencari referensi pada teman atau keluarga yang lebih dahulu melakukan kredit. Dengan begitu calon nasabah akan mengetahui mana lembaga kredit yang mematok suku bunga rendah dan dapat dijadikan pemilihan kredit.

Selain itu saat ini terdapat 2 jenis suku bunga tetap dan suku bunga mengambang. Hal itu karena dipengaruhi oleh kondisi pasar dan persaingan bisnis kredit, maka calon nasabah dapat mengetahui suku bunga apa yang akan dijalani nanti. Bunga tetap termasuk bunga yang diberikan tidak berubah-ubah dan bunga tetap sama sampai pelunasan. Sedangkan bunga mengambang dipengaruhi kondisi pasar dan bunga akan ikut turun tatkala pasaran turun.

5. Menghitung Persen Bunga Tunggal

Cara mengetahui bunga pinjaman dapat dilakukan dengan menghitung persen bunga tunggal. Bunga tunggal adalah bunga yang diperoleh pada setiap akhir jangka waktu tertentu dan tidak mempengaruhi besarnya modal yang dipinjam. Dalam penyajian besar bunga berupa bunga nominal dan bunga persen atau suku bunga. Namun jika besar bunga persen atau suku bunga dalam bentuk persen. Sementara rumusnya adalah Bunga = b % x M x t.

B adalah persen bunga per tahun, M adalah modal simpanan atau tabungan. Sementara T adalah jangka waktu pinjaman atau simpanan.

Dengan pengetahuan cara mengetahui bunga pinjaman maka nasabah akan jeli dan tepat memilih pinjaman dan menentukan jenis bunga menurut kemampuan finansial. Selain itu sebagai nasabah wajib percaya diri dan tidak ragu untuk berkonsultasi dengan pihak pemberi pinjaman agar proses pinjaman lancar hingga lunas.


4:48:00 AM