5 Cara Mengetahui Cincin Emas Asli Yang Wajib Baca




cara mengetahui cincin emas asli

Cara Mengetahui Cincin Emas Asli - Perhiasan menjadi kebutuhan wajib yang dimiliki kaum wanita. Namun kini marak beragam perhiasan palsu yang beredar, mulai dari cincin sampai gelang. Untuk itu sebagai masyarakat cerdas wajib jeli dan peka terhadap cara mengetahui cincin emas asli.

Cara mengetahui cincin emas asli sangat berguna untuk berbagai kalangan. Jangan sampai tergiur dan percaya tatkala ada penawaran emas berkualitas namun dengan harga lebih murah. Di bawah ini ada 5 cara mengetahui cincin emas asli yang wajib diketahui, di antaranya adalah :

1. Mengecek Emas Secara Langsung

Mengetahui cincin emas asli atau palsu bisa dengan melihat secara langsung wujud emas tersebut untuk mengamatinya. Konsumen wajib menggunakan kaca pembesar untuk mengamatinya, caranya dengan mengamati emas agar menemukan tanda resmi dan menampilkan stempel untuk mengidentifikasikan kebaikan. (1- 999 atau 1-. 999) atau karat (10 k, 14 k, 18 k, 22 k atau 24 karat).

Emas berusia tua lebih susah diamati tandanya, terlebih lagi cincin palsu bisa saja memiliki tanda yang otentik dan diperlukan pengujian yang sangat akurat. Membuktikan cincin emas asli atau palsu juga dapat dilihat dari perubahan warna yang akan nampak saat pengujian.

Untuk itu wajib mengamati perubahan warna di sekitar area yang mengalami gesekan. Tatkala warna cincin dan emas lainnya memudar dan menunjukkan logam berbeda di baliknya, maka perhiasan atau kepingan itu berlapis emas.

2. Tes Pelat Keramik

Cara mengetahui cincin emas asli dapat dilakukan menggunakan tes pelat keramik, namun wajib berhati-hati jangan sampai cincin tergores. Caranya cukup mudah, yaitu menyiapkan pelat keramik yang tidak berlapis glazur, kemudian goreskan cincin ke permukaan pelat keramik secara hati-hati. Jika tidak muncul garis-garis hitam di pelat, maka cincin tersebut palsu karena garis-garis hitam menandakan sebuah emas asli.

3. Tes Magnet

Untuk mengetahui cincin emas asli maka dapat menggunakan tes magnet. Jika belum memiliki magnet maka dapat membeli di toko alat bangunan dan toko lainnya. Cara mempraktekan uji coba cincin emas pun mudah, konsumen wajib memegang magnet di depan emas. Sejatinya emas bukan logam magnetik, sehingga tatkala cincin yang dimiliki tertarik atau menempel pada magnet maka cincin itu bukan emas asli.

Namun seiring perkembangan zaman beragam keahlian bermunculan untuk mengelabuhi orang lain. Bahkan terkadang ada emas palsu yang tidak bereaksi terhadap magnet karena ada logam non magnetik yang dapat digunakan untuk pemalsuan emas.

4. Tes Gigitan

Cara mengetahui cincin emas asli juga dapat dicoba dengan mengetes dengan gigitan. Namun menggunakan cara wajib dengan menggigit cincin dengan tekanan sedang untuk memeriksa cincin ada bekas gigitan atau tidak. sejatinya emas asli menunjukkan bekas gigitan dan makin dalam bekas gigitannya menunjukkan emas tersebut semakin murni.

5. Tes Dengan Massa Jenis

Masa jenis emas murni memiliki 24 karat atau sekitar 19,3 gram/ml dan jauh lebih besar dibanding logam lainnya. Tentunya mengukur massa jenis perhiasan atau cincin anda dapat menentukan emas tersebut asli atau palsu.

Namun pengujian seperti ini harus dilakukan pada cincin yang tidak mengandung batu-batuan apapun. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menimbang cincin maupun perhiasan, pengukuran ini dilakukan dalam gram. Lalu isi sebuah gelas atau tabung ukur dengan air, lengkap dengan penanda takaran milimeter disisi luar gelas agar memudahkan dalam membaca ukuran yang nantinya ditemukan.

Kapasitas air yang diisi dalam gelas tidak ada batasan, namun jangan sampai airnya diisi sampai penuh dan menjadi tumpah karena permukaan air akan naik saat cincin dimasukkan ke dalam gelas. Setelah air diisi dengan cukup maka masukkan cincin ke dalam gelas dan catat permukaan air yang baru untuk menghitung perbedaan antara yang baru itu dengan sebelumnya dalam milimeter.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui apakah cincin emas asli atau palsu. Cara mengetahui cincin emas asli memang berguna untuk membantu kaum wanita dalam mengoleksi cincin dan beragam perhiasan. Jangan sampai hobi sejumlah wanita pengoleksi emas membuat ladang sejumlah orang tak bertanggung jawab untuk memasarkan emas palsu. Untuk itu wajib teliti dan membeli emas di toko-toko emas yang sudah menjamin keaslian emas.


4:37:00 AM