5 Cara Mengetahui Daya Listrik Yang Mudah




cara mengetahui daya listrik

Cara Mengetahui Daya Listrik - Memiliki listrik di setiap rumah adalah hal yang wajib ada di zaman ini. Namun pemilik rumah tidak semua mengetahui berapa daya listrik yang dimilikinya, tak ayal mereka hanya bingung tatkala listriknya sering mati akibat pemakaian listrik yang sangat besar. Maka itu cara mengetahui daya listrik wajib diketahui setiap pemilik rumah agar menjadi wawasan saat listriknya ada kendala.

Orang awam yang tidak mengetahui berapa jumlah daya listrik di rumah akan menimbulkan penyesalan. Misalnya saat membeli beragam barang elektronik namun ternyata listriknya tidak cukup, walaupun barang elektronik tersebut dapat dinyalakan namun sering anjlog. Untuk itu dibawah ini ada 5 cara mengetahui daya listrik yang dapat dicoba dengan mudah, diantaranya adalah:

1. Melihat Pada MCB Yang Terpasang

MCB yang terpasang memiliki fungsi sebagai pelindung bilamana ada lonjakan arus listrik agar tidak menimbulkan bahaya. Namun setiap rumah memiliki batasan daya yang diatur dengan peralatan MCB. Untuk itu tatkala pemilik rumah menggunakan daya lebih dari yang seharusnya maka MCB akan turun atau listrik anjlog. Sejatinya MCB juga sebagai cara mengetahui daya listrik yang dapat dicoba.

Yaitu, khusus untuk MCB, satuan yang ditulis adalah dalam ukuran Amper, maka untuk menghitung listrik yang terpasang di suatu rumah dari MCB wajib dikalikan dengan tegangan listrik di rumah yang umumnya 220 volt. Contohnya, sebuah rumah memiliki MCB 4 Amper, maka listrik yang terpasang adalah 4 x 220 volt, itu artinya rumah itu memiliki daya listrik sebesar 880 watt.

2. Melihat Slip Bukti Pembayaran

Tagihan atau slip bukti pembayaran juga dapat digunakan melihat daya listrik yang terpasang karena dalam bukti pembayaran akan dicantumkan besaran daya yang terpasang. Namun setiap tingkat daya memiliki cara perhitungan yang berbeda-beda, hal itu karena adanya sistem subsidi dari pemerintah. Sejatinya cara ini sangat mudah dicoba karena saat membeli peralatan listrik, seseorang dengan mudah menentukan tipe yang hendak dibeli.

3. Mengukur Daya Maksimum Dengan Tang Amper

Cara ini biasanya dilakukan oleh petugas PLN untuk mengecek pencurian listrik. Tatkala tang amper menunjukkan angka lebih tinggi dari daya yang terpasang maka dipastikan penggunaan listrik dan daya listrik terpasang melebihi batas kapasitas. Untuk itu petugas PLN akan segera melakukan pemeriksaan agar semuanya kembali berjalan terarah.

4. Mengecek Daya Listrik Secara Online

Kemajuan teknologi memang memberikan beragam manfaat dan kesederhanaan. Bahkan berdampak positif bagi listrik karena cara mengetahui daya listrik yang terpasang dalam rumah dapat dicek secara online. Langkah pertama yang diperlukan untuk mengecek daya listrik secara online adalah mengunjungi situs layanan PLN, kemudian memilih identitas pelanggan. dalam memilih identitas dapat berupa nomor meteran atau ID pelanggan karena tergantung listrik yang dipakai termasuk listrik meteran atau token.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan, lalu klik cari, maka akan muncul informasi nama, tarif, daya, dan histori transaksi pembelian token dari awal hingga sekarang. Sejatinya cara online ini lebih disukai semua orang untuk mengecek daya listrik rumah karena sangat mudah dan dapat dilakukan darimana saja.

5. Mengecek Daya Pada Kode Rahasia Meteran Listrik Prabayar

Saat ini marak penggunaan listrik meteran prabayar yang memudahkan pemilik rumah dalam melakukan pembayaran yang relatif terjangkau. Sistem listrik prabayar sendiri dikenal dengan sistem listrik token atau listrik isi ulang menggunakan pulsa. Cara mengetahui daya listrik juga dapat dilakukan untuk pengguna listrik prabayar.

Langkah untuk menecek daya listrik prabayar adalah melihat kode-kode rahasia yang terpasang di MCB meteran. Sejatinya di MCB meteran ada kode 00 Enter yang berguna untuk merestart atau memulai ulang meteran. cara ini dapat digunakan tatkala ada kesalahan atau eror, sementara kode rahasia 03 Enter berfungsi untuk mengetahui total KWH listrik yang telah terpakai.

Lalu untuk kode rahasia 07 Enter berfungsi mengetahui batas KWH, kode rahasia 09 Enter berfungsi untuk mengetahui daya listrik yang telah digunakan. Sementara kode 41 Enter berfungsi untuk mengetahui voltase listrik, dan masih banyak lagi kode rahasia yang berfungsi mengetahui segala jenis yang berhubungan dengan kelangsungan listrik.

Sejatinya cara mengetahui daya listrik ini dapat dilakukan oleh semua orang karena cukup mudah. Maka 5 cara diatas dapat dijadikan acuan agar pemilik rumah mengetahui daya listrik yang terpasang di rumah. Sering kali pemilik rumah tidak mengetahui berapa daya listrik yang terpasang di rumah. Misalnya untuk orang yang baru membeli rumah atau mengontrak  dan hal lainnya dengan rumah yang baru ditempati.


7:31:00 AM