5 Cara Mengetahui DNS Server Yang Optimal




cara mengetahui dns server

Cara Mengetahui DNS Server - Badan usaha memang menyediakan koneksi internet untuk pekerja. Hal itu untuk menunjang pekerjaan dengan mudah dan dapat selesai tepat waktu. Sayangnya yang sering terkendala adalah tidak tercantumnya DNS pada komputer. Untuk itu sebagai pekerja, cara mengetahui Dns server wajib diketahui agar tidak ketinggalan zaman.


Biasanya Dns memang selalu diberikan Admin kantor pada seluruh karyawan yang bertugas. Namun admin akan merahasiakan DNS tersebut sehingga karyawan kesulitan untuk menyelami dunia maya tatkala diluar pekerjaan. Untuk itu dibawah ini ada 5 cara mengetahui Dns server yang dapat diterapkan, diantaranya adalah:

1. Wajib Membuka Komputer

Untuk mengetahui dns server, maka pengguna komputer dapat mengoptimalkan komputer. Caranya adalah klik Start-Run, kemudian pada kotak dialog tersebut cukup mengetikkan CMD maka akan muncul Command Promt. Setelah itu pada C:/ Pompt tersebut pengguna wajib mengetikkan IPconfig/all. Untuk pemula yang belum pernah mencoba cara ini pasti akan terlihat susah, padahal kenyataannya mudah dan wajib dipelajari agar berguna untuk aktivitas berselancar di internet.

Dns server memang dipegang keamanannya pada Admin kantor. Hal itu karena antara 1 komputer karyawan dengan komputer karyawan lainnya saling berhubungan.  Maka dari itu ada 1 komputer pusat yang menghandle jaringan internet komputer karyawan, yaitu komputer yang dikelola Admin. Hal itulah yang membuat Admin menghandle Dns server agar tetap terjaga karena admin yang mengurus tatkala ada ada komputer karyawan yang eror atau mengalami kendala.

2. Wajib Mengetahui Alamat IP

Cara mengetahui dns server selanjutnya adalah wajib mengetahui alamat IP PC. Hal itu karena peran konversi alamat IP ke nama domain dan sebaliknya yang ada di DNS server sangat penting. Sejatinya pada windows untuk mengetahui apa setting DNS server dapat dilakukan pada Network Connections. Pengguna komputer cukup memasukkan alamat berikut ke Explorer. Yaitu Control Panel  atau Networks and Internet atau Networks Connections lalu tekan Enter.

Setelah itu pengguna wajib mengklik kanan pada Networks Adapter lalu pilih Properties. Kemudian klik pada Tab Networking, maka akan ada opsi Internet Protocoll Version 4 (TCP/IPv4) maka pengguna komputer wajib mengklik Properties.  Setelah itu akan muncul tampilan konfigurasi Preferred dan Alternate DNS server yang aktif di komputer tersebut.

3. Memilih Pada Menu Command Prompt

Cara yang ini lebih mudah tidak terlalu panjang. Tentunya dapat menghemat waktu dan dapat dilakukan disela-sela waktu berak pekerjaan. Caranya cukup menuju Command Promopt kemudian tekan windows + R, maka akan muncul jendela Run Command dan pengguna komputer wajib mengisikan CMD kemudian tekan Enter. Setelah itu ketikkan perintah Nslookup maka akan muncul balasan DNS server yang terpasang.

4. Menggunakan CMD Untuk Mengetahui DNS Server Pada Wifi

Sejatinya cara mengetahui Dns server juga dapat dilakukan pada Wifi. Untuk pengguna komputer wajib menyiapkan PC atau Notebook, kemudian setelah PC sudah menyala maka hubungkan ke wifi yang ingin diketahui Dns servernya. Setelah itu tekan windows + R lalu ketik CMD, tatkala sudah berada di CMD maka ketik IPconfig/ all lalu tekan enter.

Pada jendela itu akan terlihat informasi tentang laptop dan wifi yang terhubung. Maka langkah selanjutnya mencari tulisan Dns server, misalnya Dns servernya 192.168.21.254. Saat contoh seperti itu sudah nampak, maka itulah Dns servernya.

5. Menggunakan Software

Dunia informasi memang semakin canggih. Bahkan cara mengetahui Dns server dapat dilakukan menggunakan software, software ini tujuannya sangat baik karena dapat mengetahui Dns server secara mudah dan cepat. Software itu sendiri bernama Tool Open Source DNS Benchmark Utility Namabench. Untuk pengguna yang ingin mendownload dapat melalui http://code.google.com/p/namabench/ atau direct ke linknya di software Namebench - 1.3.1 - Windows.exe.

Bagi pengguna yang sudah mendownload software tersebut, cukup jalankan dengan internet yang terhubung. Kemudian klik Start untuk memulai pencarian dan test DNS yang paling cocok dengan provider internet. Sementara waktu yang bagus untuk seek DNS sekaligus mencari DNS server yang paling bagus untuk koneksi internet membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Saat test selesai maka akan keluar hasil result daftar DNS yang paling bagus dan lokasi, serta provider yang tengah digunakan.

Sejatinya cara mengetahui Dns server memang diperlukan bagi karyawan agar tidak mengganggu aktivitas pekerjaan. Terutama saat admin tidak ada di kantor dan akan berdampak pada pekerjaan yang tertunda. Maka itu sah-sah saja cara mengetahui Dns server diatas digunakan, yang terpenting tidak menyalahgunakannya.


4:20:00 AM