5 Cara Mengetahui Golongan Darah Pada Manusia




cara mengetahui golongan darah

Cara Mengetahui Golongan Darah Pada Manusia - Setiap orang pasti memiliki golongan darah. Golongan darah pada setiap manusia ada yang sama dan ada juga yang berbeda. Golongan darah biasanya ditentukan oleh tipe antigen dalam sel darah merah. Antigen adalah suatu zat yang membantu tubuh mengidentifikasi zat asing yang memiliki potensi bahaya bagi tubuh. Zat inilah yang diwariskan oleh orang tua. Setiap orang wajib mengetahui golongan darahnya. Namun, banyak orang yang tidak tahu dan bertanya bagaimana cara mengetahui golongan darah.

Sistem penggolongan darah yang sering digunakan biasanya adalah sistem ABO dan sistem Rhesus (Rh). Ada empat macam golongan darah pada manusia yaitu, golongan darah A, B, AB, dan O. Keempat golongan darah ini ditentukan oleh sepasang gen dan memiliki antigen yang berbeda-beda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui golongan darah pada manusia. Berikut akan disajikan seputar informasi tentang cara mengetahui golongan darah pada manusia.

1. Melakukan Tes Golongan Darah

Melakukan tes golongan darah ke rumah sakit ataupun puskesmas merupakan salah satu cara mengetahui golongan darah. Biasanya dokter akan mengambil sampel darah melalui jari dengan jarum suntik yang telah tersedia. Biasanya jumlah darah yang akan diambil tidak banyak, hanya beberapa tetes saja.

Sampel darah yang sudah diambil tadi nantinya akan diteteskan di atas serum anti a, anti b, dan anti ab. Dokter akan melihat di manakah penggumpalan darah akan terjadi. DEngan hasil tersebut, maka seseorang akan mengetahui golongan darah apa yang dimilikinya. Cara ini biasanya paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang karena hasilnya dapat dipercaya.

2. Membeli Alat Uji Golongan Darah

Jika tidak ingin ke rumah sakit ataupun ke puskesmas, maka belilah alat uji golongan darah. Alat Uji golongan darah ini bisa dibeli di apotek terdekat dengan harga kurang lebih sekitar 190.000 sampai dengan 350.000. Alat tersebut akan memberikan petunjuk penggunaan. Ikutilah petunjuk yang telah tercantum secara teliti.

Biasanya caranya dengan membasahi beberapa kertas berlabel pada sebuah kartu khusus. Kemudian tusuklah jari dan teteskanlah darah ke beberapa kertas berlabel yang telah disediakan. Perhatikan kertas mana yang menggumpal. Dari kertas yang menggumpal itulah bisa diketahui golongan darah apa yang dimiliki.

3. Tanyakan Golongan Darah Orang Tua

Cara mengetahui golongan darah selanjutnya yaitu dengan menanyakan golongan darah kedua orang tua. Cara ini bisa dicoba dan dilakukan bagi orang yang takut dengan jarum suntik. Dengan cara ini seseorang tidak perlu mengeluarkan darahnya untuk mengetahui golongan darah apa yang dimilikinya.

Namun, cara ini tidak begitu pasti, karena ada beberapa golongan darah yang tidak mungkin dipastikan jika golongan kedua orang tuanya berbeda. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan ilmu genetika yang telah berkembang. Ilmu genetika ini merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat.

4. Melakukan Donor Darah

Sebelum melakukan donor darah secara langsung, pastinya pendonor harus tahu terlebih dahulu golongan darah apa yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan golongan darah pendonor harus sama ataupun cocok dengan orang yang akan menerimanya. Melakukan donor darah merupakan cara mengetahui donor darah yang paling mudah untuk dilakukan.

Mendonorkan darah juga bisa dilakukan di pusat layanan donor darah seperti Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelum mendonorkan darah, biasanya ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh si pendonor agar bisa mendonorkan darah. Saat sudah mendonorkan darah, mintalah petugas untuk memberi tahu golongan darah apa yang dimiliki.

5. Tes Kepribadian

Ternyata tes kepribadian juga bisa dilakukan untuk mengetahui golongan darah. Namun, cara ini keakuratannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan cara ini. Ada beberapa penelitian yang percaya bahwa kepribadian seseorang biasanya juga ditentukan oleh faktor golongan darahnya.

Peneliti menganggap bahwa setiap golongan darah memiliki ciri tersendiri. Misalnya golongan darah A kepribadiannya biasanya konsisten, B easy going, O berjiwa besar, dan AB unik dan banyak akal. Selain ciri tersebut, masih banyak ciri lainnya yang ada dalam penelitian. Dengan melihat kepribadian tersebut, seseorang bisa mengetahui golongan darah apa yang dimilikinya.

Itulah 5 cara mengetahui golongan darah pada manusia. Cara ini bisa dicoba dan dilakukan, namun, hasil dari cara tersebut tidak dapat dipercaya 100 persen. Oleh sebab itu seseorang yang ingin mengetahui golongan darah apa yang dimilikinya harus melakukan cara ini berulang-ulang. Hal ini untuk mengantisipasi, karena terkadang terjadi kesalahan dalam pengecekan golongan darah.


8:04:00 AM