5 Cara Mengetahui Masa Subur Dengan Mudah




cara mengetahui masa subur

Cara Mengetahui Masa Subur - Mengetahui masa subur berguna saat merencanakan program kehamilan, bahkan perhitungan masa subur dapat dijadikan alternatif KB alami. Namun sejumlah wanita tidak tahu cara mengetahui masa subur sehingga terkadang muncul perasaan tidak tenang.

Sejatinya mengetahui masa subur sangat mudah dan dapat dilakukan semua wanita, tanpa aplikasi maupun predikat berpendidikan tinggi. Untuk itu, di bawah ini ada 5 cara mudah mengetahui perhitungan masa subur yang wajib diketahui, antara lain sebagai berikut :

1. Mengenal Ovulasi

Sebelum mengetahui masa subur wanita, wajib mengetahui apa itu ovulasi agar wawasan wanita lebih luas dan tidak mengalami kebingungan. Sejatinya di dalam organ kewanitaan terdapat ovarium yang bertugas memproduksi sel telur. Saat sel telur matang maka akan dilepaskan menuju saluran tuba falopi, hal inilah yang disebut sebagai ovulasi.

Pada saluran inilah sel telur akan bertemu sperma saat terjadi hubungan suami istri yang akan berproses pada kehamilan. Namun ovulasi terjadi maksimal 48 jam saja untuk satu sel telur. Sementara ovarium wanita dapat memproduksi 15-20 sel telur dalam satu siklus. Hanya saja proses pematangan sel telur berbeda-beda dan dapat mencapai enam hari atau lebih, tentunya itu berguna memperluas proses kehamilan asalkan dilakukan dengan rajin dan tepat.

2. Mencatat Siklus Haid Secara Rutin

Hal utama agar mengetahui perhitungan masa subur adalah mencatat siklus haid dengan rutin. Minimal 9 bulan terakhir jika kehamilan belum didapatkan. Namun setiap wanita mengalami fase haid berbeda-beda, ada yang teratur namun ada juga yang tidak teratur. Siklus haid dikatakan teratur tatkala selalu berada dalam rentang waktu 21-35 hari.

Misalnya bulan Maret seorang wanita selesai haid pada tanggal 15, maka siklus bulan depan pasti dimulai tanggal 5-20 April. Intinya selama jaraknya dalam kisaran 21-35 hari maka siklus haid dikatakan teratur.

3. Menghitung Siklus Terpendek Dan Siklus Terpanjang

Tatkala wanita secara rutin mencatat siklus haid, sudah dipastikan dapat menghitung siklus terpendek dan siklus terpanjangnya. Apalagi ada perhitungan rumus yang dapat dicoba dengan mudah. Yaitu, Siklus terpendeknya 18 hari atau dikenal dengan awal masa subur, dan Siklus terpanjangnya 11 hari atau akhir masa subur.

Misalnya Nina memiliki siklus terpendek 28 hari dan siklus terpanjangnya 31 hari. Maka awal masa subur Nina sekitar 28-18 hari atau saat 10 hari setelah haid terakhir. Sementara akhir masa suburnya 31-11 hari atau 20 hari setelah haid terakhir. Maka dari perhitungan di atas masa subur Nina ada di hari ke 10 sampai 20 setelah haid terakhir. Untuk itu dalam waktu 10 hari itu Nina memiliki peluang kuat untuk hamil dibanding hari lainnya.

4. Memperhatikan Gejala-Gejala Tubuh Dan Lendir Mulut Rahim

Cara mengetahui masa subur juga dapat diketahui setelah haid dengan memperhatikan gejala-gejala tubuh. Caranya pertama adalah memperhatikan suhu basal tubuh, suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat bangun di pagi hari dengan normal sekitar 35,5 - 36.6 derajat celcius. Namun jika suhu tubuh naik lebih tinggi dari angka tersebut maka tengah terjadi ovulasi pada rahim.

Cara kedua dapat dilakukan dengan memperhatikan lendir dari mulut rahim yang dapat menjadi pertanda seorang wanita mengalami ovulasi. Saat masa subur, lendir akan berwarna bening, licin dan elastis seperti putih telur mentah.

5. Menggunakan Alat Tes Ovulasi

Perkembangan teknologi memang sudah berkembang pesat. Tentunya cara mengetahui masa subur semakin mudah, yaitu menggunakan alat tes ovulasi. Hal itu karena saat ini alat tes ovulasi telah terjual bebas di apotek atau toko obat. Alat tes ovulasi ini berguna untuk menilai masa subur yaitu test prediksi masa subur atau ovulasi.

Alat ini bekerja sebagai  pengukur kadar hormone LH yang dihasilkan saat ovulasi. Walaupun harganya relatif mahal namun hasil yang didapat sangat akurat, cara ini juga sering digunakan untuk kalangan atas atau orang yang sibuk dan tidak sempat melakukan cara mengetahui masa subur lainnya.

Selain mempelajari 5 cara mengetahui masa subur di atas, suami istri juga wajib menjaga pola hidup sehat agar memperlancar proses ovulasi. Disarankan mengkonsumsi buah-buahan, dan beragam makanan yang mengandung vitamin dan asam folat. Dan jangan pernah melupakan berdoa agar keinginan mendapatkan kehamilan cepat terkabul.



4:10:00 AM