5 Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani




cara meningkatkan kebugaran jasmani

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani - Aktivitas atau kegiatan yang dijalani sehari-hari sering membuat tubuh kekurangan tenaga hingga menjadi lelah dan lemas. Agar tubuh tidak mudah lelah, kebugaran jasmani harus tetap terjaga. Kebugaran adalah daya tahan atau kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Berikut ini adalah cara meningkatkan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sumber energi pada tubuh berasal dari makanan yang bergizi contohnya makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein, lemak, dan juga mineral. Karbohidrat adalah sumber utama yang diperlukan oleh tubuh dalam melakukan sebuah kegiatan yang memerlukan tenaga atau energi. Di dalam karbohidrat juga tersimpan 4 kkal (kilo kalori) untuk 1 gram karbohidrat.

Makanan yang mengandung karbohidrat contohnya adalah nasi, gandum, jagung, kentang, roti, oatmeal, kacang mete, pisang, umbi-umbian, tepung dan lain-lain. Selain karbohidrat, protein tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan kebugaran jasmani.  Molekul protein tersusun dari rantai asam amino yang menjadi sumber cadangan energi bagi tubuh.

Untuk menjaga kebugaran jasmani, makanlah 3 sampai 5 kali sehari dalam porsi yang sedikit namun terpenuhi gizinya. Melalui cara ini, stamina tubuh akan lebih meningkat sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas.

2. Melatih Kekuatan (streght)

Kekuatan adalah unsur kebugaran jasmani yang harus dilatih untuk meningkatkan kemampuan seseorang ketika menggunakan otot selama bekerja atau melakukan aktivitas. Melatih kekuatan dapat membuat seseorang tau sampai mana beban yang bisa ia tahan dari otot tubuh mereka. Ada banyak bentuk latihan kekuatan yang bisa dilakukan seperti push up, sit up, beck up, squat jump, dan lain-lain.

Bentuk latihan tersebut memiliki tujuannya masing-masing. Olahraga push up bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot dada sedangkan olahraga sit up bertujuan untuk melatih otot perut. Lain lagi dengan olahraga back up yang bertujuan untuk melatih otot pinggang  dan juga squat jump yang bertujuan melatih otot kaki.

3. Melatih Kecepatan (speed)

Cara meningkatkan kebugaran jasmani selanjutnya adalah dengan melatih kecepatan yaitu kemampuan seseorang dalam berpindah tempat dengan jangka waktu yang relatif singkat. Bentuk latihan kecepatan bermacam-macam salah satunya adalah dengan lari cepat. Jarak yang ditempuh saat lari cepat berkisar antara 30-60 meter. Anda dapat melakukan latihan ini dengan berlari sekeliling komplek atau melakukannya di lapangan yang luas.

Adapun hal-hal yang harus diketahui sebelum memulai latihan ini yaitu postur tubuh ketika di garis start, aba-aba, dan teknik saat melakukan lari sprint. Nah, ketika berada di garis start hendaklah lutut kaki pelari sejajar dengan ujung kaki di depan dan jari tangan berada di belakang garis start. Dengarkanlah aba-aba yang diperintahkan saat berlari seperti Bersedia, Siap, dan Ya.

4. Melatih Kelincahan (agility)

Seseorang yang memiliki kelincahan yang bagus pasti kebugaran jasmaninya juga baik. Kelincahan adalah salah satu unsur dari kebugaran yang artinya kemampuan seseorang ketika mengubah arah dengan tepat tanpa kehilangan keseimbangan tubuh. Ada beberapa bentuk latihan kelincahan yang dapat dilakukan seperti shuttle run. lari zig zag, squat thrust, dan lain-lain.

Lari zig zag adalah latihan yang difavoritkan banyak orang karena memiliki efek yang besar untuk meningkatkan kelincahan. Cara lari zig zag adalah dengan gerakan lari melewati kelok-kelokan seperti huruf "Z". Lakukanlah latihan ini dengan memperhatikan fokus mata dan juga ketepatan dalam berlari.

5. Pola Tidur Yang Teratur

Setelah melakukan semua latihan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani, cara berikutnya adala dengan memperhatikan pola tidur. Istirahat yang cukup dan teratur akan mengembalikan stamina di pagi hari serta juga menjaga kebugaran jasmani. Perubahan jam biologis akan mengakibatkan tubuh mudah merasakan capek dan lelah.

Oleh karena itu untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, iringilah dengan pola tidur yang teratur. Orang yang memiliki waktu tidur yang cukup cadangan tenaganya lebih banyak daripada orang yang kurang istirahat. Menurut data survey, orang yang memiliki badan yang bugar selalu memberikan istirahat atau jeda saat bekerja. Hal ini berfungsi untuk mengisi kembali stamina sehingga saat bekerja hasilnya akan lebih optimal.

Itulah 5 cara meningkatkan kebugaran jasmani. Saat melakukan latihan kebugaran jasmani jangan lakukan dengan terpaksa atau memaksakan diri sendiri. Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan latihan atau olahraga sebaiknya diundur untuk hari berikutnya.


6:13:00 AM