5 Teknik Jitu Cara Budidaya Ikan Bawal




cara budidaya ikan bawal

Cara Budidaya Ikan Bawal - Budidaya ikan bawal dari sejak dulu hingga sekarang memang sangat cukup menjanjikan karena rasanya yang sangat enak sehingga banyaknya permintaan warga di banyak daerah. Hal itu membuat para peternak ikan bawal semakin banyak jumlahnya. Untuk pembudidayaan ikan bawal ini bisa dilakukan di kolam maupun non kolam, dan berikut ini adalah cara budidaya ikan bawal :

1. Persiapan Kolam, Pengapuran, dan Pemupukan

Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah cukup. Perhatikan untuk membuat saluran air masuk dan saluran pembuangan air dan pemberian fasilitas kolam.

Setelah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam perlu dikapur terlebih dahulu menggunakan kapur tohor atau dolomit dengan dosis 25kg untuk 100 meter persegi. Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat keasaman tanah dan membunuh hama yang masih tahan dalam proses pengeringan yang sangat baik untuk pertukaran oksigen pada celah-celah tanah.

Pengapuran ini biasa dilakukan 2 minggu sebelum penaburan benih ikan. Langkah selanjutnya adalah pemupukan. Gunakan pupuk kandang 20-50kg yang benar-benar sudah matang agar tidak menjadi racun bagi ikan, setelah pemupukan selesai, kolam diisi air 2-3 cm dan dibiarkan sampai 3 hari lalu tambah air diatur pada kedalaman 80-120 cm tergantung kepadatan ikan.

Persiapkan lahan dan kolam dengan baik, jangan sampai terjadi kebocoran sebaiknya penyusunan untuk terpal dan kerangka kolam dibuat serapih mungkin supaya menghindari kebocoran. Biasanya bibit ikan akan bisa ditebar jika warna air hijau terang.

2. Pemilihan Dan Penebaran Benih Ikan Bawal

Tentu saja untuk kualitas yang baik, kita perlu mempersiapkan bibit unggul untuk ikan bawal yang biasanya berukuran 5-8 cm. Sebelum benih ditebar, benih perlu diadaptasikan supaya benih tidak mengalami stress saat dipindahkan ke dalam kolam.

Cara pertama ialah mengkarantinakan ikan dengan cara ikan yang masih didalam plastik yang tertutup rapat dimasukkan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun yang artinya suhu air dalam plastik dan dalam kolam sudah sama.

Setelah itu buka plastik, dan masukan sedikit demi sedikit air dalam kolam ke plastik, lalu tempatkan benih di plastik sampai kondisi benih terlihat baik (selama 2-3 hari). Lalu setelah selesai, terbarkan benih ke kolam secara perlahan.

3. Memperhatikan Kualitas Pakan Dan Pemberian Pakan

Cara budidaya ikan bawal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitas pakan ikan bawal. Kualitas pakan ikan yang bagus ialah harus memiliki gizi seimbang seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. Karena ikan bawal adalah omnivora, maka kita bisa mempersiapkan daun-daun organik atau pelet yang bisa dibeli di toko ikan.

Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung, untuk rutinnya, berikan secara konsisten 1-2x sehari dengan jumlah yang sedikit untuk di awal. Jika ikan ini sudah ada tanda-tanda kelaparan, segeralah untuk memberinya makan karena semakin besar akan semakin rakus.

4. Melakukan Perawatan Ikan Bawal

Untuk cara budidaya ikan bawal pada tahap ini, haruslah pembudidaya jeli dan peka terhadap keadaan dan kualitas air juga kondisi ikan. Jika sudah ada tanda-tanda air terkontaminasi dan menimbulkan penyakit pada ikan, segeralah untuk memisahkan ikan yang terkena penyakit dengan ikan sehat lalu pindahkan pada kolam dengan air kualitas baik di dalamnya.

Maka dari itu, diperlukannya pemberian vitamin pada ikan bawal. Vitamin ikan bawal dapat diperoleh pada toko yang sama saat membeli pelet atau makanan ikan yang disukai oleh ikan.

5. Panen Hasil Ikan Bawal

Panen hasil usaha pembesaran ikan bawal dapat dilakukan setelah ikan bawal dipelihara 4-6 bulan. Dalam jangka waktu ini berat ikan sudah mencapai berat 500 gram per ekor. Ikan hasil panen sebaiknya penampungannya dilakukan ditempat yang luas, tidak sempit, dan keadaan airnya selalu mengalir.

Untuk tahap terakhir ini, dianjurkan untuk memanen secara keseluruhan ataupun sebagian dengan menyortir ukuran dari ikan bawal. Ukuran yang dimaksud adalah ukuran yang digemari oleh konsumen. Pembesaran ikan ini bisa dilakukan pada kolam tanah maupun kolam permanen

Itulah 5 Teknik jitu cara budidaya ikan bawal yang sangat mudah dilakukan untuk hasil panen yang sangat besar dan kualitas yang baik. Karena ikan ini terkenal dengan khasiatnya yang membantu pertumbuhan otak anak dan mencegah penyakit stroke, maka dalam pembudidayaan ikannya diperlukan usaha untuk menghasilkan kualitas yang baik.


3:43:00 AM