6 Cara Cepat Tidur Siang Yang Mudah Dilakukan




Cara Cepat Tidur Siang

Cara Cepat Tidur Siang - Bekerja dan beraktivitas dari pagi hingga malam membuat tubuh kehilangan waktu istirahatnya yang cukup. Tidak heran bila banyak yang merasa mengantuk di siang hari dan lebih memilih menggunakan waktu istirahat kerja untuk tidur sebentar. Namun untuk melakukan aktivitas tidur siang bukanlah perkara yang mudah apa lagi bagi yang jarang melakukannya. Oleh karena itu cara cepat tidur siang bisa jadi solusinya. Berikut ini ada beberapa cara cepat agar bisa tidur siang untuk mengembalikan lagi tenaga dan semangat bekerja.

1. Gunakan Penutup Mata

Ketika benar-benar ingin tidur siang namun sulit untuk melakukannya, cobalah untuk menggunakan penutup mata sebagai salah satu cara cepat tidur siang yang sangat mudah dan praktis. Dengan menggunakan penutup mata akan membantu mencegah cahaya ruangan yang masuk ke mata, hal ini dapat membantu otak untuk membuat tubuh agar beristirahat.

2. Matikan Smartphone Sebelum Tidur

Penggunaan smartphone tidak hanya berpengaruh pada kehidupan sehari-hari semata, namun juga memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur seseorang. Orang yang sering bermain smartphone akan lebih sulit tidur dari pada orang yang tidak memainkan smartphone.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa gelombang radiasi optic yang dihasilkan oleh perangkat elektronik dapat menurunkan hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri merupakan hormon penghasil rasa kantuk. Jadi jangan heran ketika bermain smartphone seseorang tidak merasa kantuk. Oleh karena itu jika ingin tidur siang dengan cepat matikan smartphone setidaknya 30 menit sebelum tidur siang.

3. Matikan TV

Selain mematikan smartphone 30 menit sebelum tidur, cara cepat tidur siang lainnya adalah dengan mematikan tv. Bagi yang suka menonton tv sambil menunggu kantuk datang, maka cobalah mulai saat ini untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut, karena menonton tv tidak membuat mengantuk, sebaliknya akan membuat seseorang lebih sulit tidur.

Hal ini karena tv memiliki cahaya yang serupa dengan cahaya pada smartphone. Selain itu, acara-acara di tv cenderung membuat orang ingin menonton hingga larut malam hingga mata sulit untuk tidur.

4. Hilangkan Suara Yang Mengganggu Suasana Tidur Siang

Ketika akan tidur biasanya seseorang mencoba menyalakan radio, music atau lainnya untuk bersantai sambil menunggu waktu tidur. Padahal ketika mendengarkan music atau radio tidak akan membantu mengantuk tapi sebaliknya. Suara radio dan music membuat otak manusia terus bekerja dan fokus sehingga sulit untuk tidur.

Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan suara radio dan music sebelum tidur. Buatlah suara keheningan total agar tubuh segera mengantuk dan tidur siang lebih cepat. Jika terdapat suasana di luar suara yang bisa dikendalikan maka cobalah untuk menggunakan penutup telinga agar suara-suara bising tidak bisa didengar.

5. Pilih Tempat Tidur Yang Nyaman

Tempat tidur yang nyaman akan membuat lebih cepat tidur. Hal ini karena tempat tidur yang nyaman membuat tubuh lebih mudah rileks dan membuatnya lebih mudah tidur. Meskipun tidak menggunakan kasur atau bantal seperti di kamar, karena ketika tidur siang bisa saja dilakukan dimanapun. Tetapi tetap carilah tempat yang nyaman untuk merebahkan tubuh sebentar.

Usahakan carilah tempat tidur yang bisa digunakan untuk posisi tubuh rebahan secara maksimal. Jangan sampai tubuh tidur dalam posisi membungkuk atau kaki di lipat karena ini nantinya akan berpengaruh pada postur tubuh.

6. Melakukan Pelatihan Pernapasan

Masih banyak cara cepat tidur siang lainnya seperti melakukan pelatihan pernapasan. Jadi sebelum tidur siang cobalah untuk berbaring dengan posisi yang nyaman, kemudian atur nafas agar teratur. Pastikan ketika mengambil nafas dengan menggunakan hidung bukan dengan menggunakan mulut.

Ambillah nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai benar-benar tertidur. Cara ini cukup efektif untuk membuat relaksasi tubuh sehingga dapat tidur dengan nyaman dan mudah terlelap.

Cara cepat tidur siang di atas bisa juga diterapkan bagi yang merasa kesulitan tidur di malam hari. Mungkin cara satu orang dengan orang lainnya untuk cepat tidur dengan nyenyak berbeda. Namun yang terpenting adalah mencari suasana yang nyaman untuk beristirahat agar mudah terlelap.


1:46:00 AM