6 Cara Mengatasi Diabetes Yang Simpel




cara mengatasi diabetes

Cara Mengatasi Diabetes Yang Simpel - Diabetes merupakan penyakit yang muncul karena banyak faktor, mulai dari faktor keturunan, faktor gula yang berlebih dalam tubuh, dan faktor-faktor lainnya. Namun jangan khawatir karena diabetes bisa dicegah dan juga diatasi. Cara mengatasi diabetes di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Berhenti Merokok

Banyak orang yang masih saja merokok meskipun sudah tahu mengenai dampak merokok. Untuk penderita diabetes sebaiknya berhenti untuk merokok karena rokok juga merupakan penyebab diabetes. Perokok aktif akan beresiko menderita penyakit diabetes sebesar 50% dibandingkan dengan perokok pasif.

Dan perokok berat akan memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit diabetes. Maka berhentilah merokok sebelum diabetes akan menggerogoti tubuh secara perlahan. Dengan berhenti merokok akan mengatasi sedikit demi sedikit diabetes yang bersarang di tubuh.

2. Batasi Daging Merah Dan Jangan Konsumsi Daging Olahan

Daging olahan memang sangat tidak baik untuk penderita penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Daging olahan mengandung natrium dan nitrium yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes.

Kandungan zat besi yang tinggi pada daging merah akan merusak sel-sel tubuh yang memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula. Cara mengatasi diabetes yang tepat adalah mengganti daging dengan sumber protein yang lain seperti kacang, susu rendah lemak, ayam, ataupun lainnya yang lebih sehat.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Baik Dari Pada Lemak Jahat

Cara mengatasi diabetes yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik bukan lemak jahat atau lemak trans. Lemak baik banyak ditemukan pada kacang, nabati cair, biji-bijian, dan lain sebagainya yang dapat mencegah diabetes.

Sementara, lemak jahat atau memiliki nama lain lemak trans merupakan lemak yang akan memberi resiko tinggi seseorang menderita diabetes. Lemak jahat banyak ditemukan di margarin dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang diolah menggunakan margarin serta menghindari margarin itu sendiri.

4. Hindari Minuman Manis

Minuman manis mengandung glikemik tinggi yang dapat menyebabkan meningkatnya resiko seseorang terkena penyakit diabetes. Minuman manis akan menyebabkan peradangan kronis, menurunkan kolesterol baik, meningkatkan resistensi insulin, dimana semua itu merupakan faktor resiko diabetes.

Cara mengatasi diabetes yang satu ini mungkin agak sulit dilakukan para penderita diabetes, karena manis merupakan rasa yang sangat digemari. Maka dari itu muncullah produk yang mencantumkan keterangan rendah gula yang dimaksudkan untuk mengatasi diabetes.

5. Perbanyak Bergerak Daripada Duduk Diam Menonton Televisi

Sering bergerak akan meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan insulin secara baik dan menyerap glukosa secara baik. Semakin kurang bergerak akan meningkatkan resiko obesitas yang menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

Setiap 2 jam menonton televisi akan meningkatkan resiko terkena diabetes sebesar 20%. Maka perbanyak bergerak untuk mengatasi diabetes. Cara mengatasi diabetes satu ini sangat mudah dilakukan, karena dalam kehidupan sehari-hari bergerak bisa bermacam-macam seperti memasak, berjalan kaki, dan lain-lain.

6. Menjaga Berat Badan

Semakin besar berat badan, maka akan mengalami obesitas yang menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya resiko terkena diabetes. Cara mengatasi diabetes bisa dimulai dengan menjaga berat badan. Menjaga berat badan maka harus mengatur pola makan, dengan mengatur pola makan maka akan mengatasi masalah diabetes secara perlahan.

Banyak makanan yang harus dihindari untuk menjaga supaya diabetes yang diderita tidak semakin parah. Mengurangi gula juga akan sangat membantu dalam menjaga berat badan. Gula sangat beresiko meningkatkan diabetes semakin parah. Menjaga berat badan tidak hanya bisa mengatasi diabetes, namun dengan berat badan yang ideal, juga bisa membuat nyaman melakukan segala aktivitas. Selain itu menjaga berat badan juga menghindarkan  dari segala penyakit seperti asma, kelelahan, obesitas, dan penyakit lainnya yang bisa menyebabkan kematian juga.

Itulah cara mengatasi diabetes dengan mudah, yaitu dengan merubah kebiasaan buruk yang akan meningkatkan resiko diabetes. Dengan merubah kebiasaan buruk maka akan mengatasi diabetes. Masih banyak cara mengatasi diabetes yang bisa dilakukan selain cara di atas. Yang terpenting adalah harus kurangi konsumsi gula sebagai penyebab utama penyakit diabetes.


6:21:00 AM