6 Cara Menghilangkan Kutil Yang Efektif dan Fakta Penularan Kutil




cara menghilangkan kutil

Cara Menghilangkan Kutil Yang Efektif  - Kutil mungkin sudah sering didengar, tergolong sebagai tumor jinak dan disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus tersebut diketahui juga sebagai penyebab kanker servik pada wanita. Kutil tidak berbahaya, namun menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya, sehingga harus dihilangkan. Ketahui lebih dalam cara menghilangkan kutil agar tidak mengganggu kenyamanan lagi.

Fakta Tentang Penularan Kutil

Penderita kutil harus hati-hati menjaga kebersihan tubuh dan barang-barang yang digunakan agar tidak digunakan orang lain. Hal ini karena virus penyebab kutil bisa ditularkan melalui kontak langsung dan barang-barang yang digunakan oleh penderita kutil. Untuk itu jangan sekali-kali menggunakan alat pribadi bersama penderita agar tidak tertular kutil. Lalu bagaimana cara cara menghilangkan kutil?

Cara Menghilangkan Kutil Dengan Cepat

Banyak sekali cara menghilangkan kutil yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kutil yang sering terjadi pada kaki. Kutil pada kaki akan sangat tidak nyaman terasa, karena akan sakit jika digunakan melakukan segala aktivitas. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa dilakukan:

1. Oleskan Asam Salisilat

Asam salisilat adalah zat asam kuat yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit termasuk kutil. Zat ini tersedia di pasaran dalam bentuk cair, salep dan krim yang semuanya efektif digunakan. Menggunakan zat asam ini bisa membuat kutil hilang dalam beberapa minggu dengan penggunaan yang benar.

Caranya adalah dengan cuci bersih kutil, keringkan, oleskan asam salisilat langsung pada kutil agar mudah terserap. Biarkan asam salisilat bekerja 24-48 jam, ganti secara teratur perbannya agar kutil cepat lepas.

2. Dengan Cara Cryptotherapy

Cara kedua adalah dengan membekukan kutil, cara ini sangat efektif untuk menghilangkan yang ada pada kaki dan tangan. Terapi jenis ini bisa dilakukan jika pengobatan dengan asam salisilat tidak berhasil, namun metode ini hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Cryptotherapy dilakukan dengan pemberian bius lokal untuk mencegah rasa nyeri yang hebat selama prosedur. Penderita tidak membutuhkan waktu lama yang terlalu lama untuk menyelesaikan pengobatan ini.

3. Gunakan Lakban

Lakban terlihat remeh, tetapi ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil di kaku dan tangan. Cara ini cukup ampuh untuk mengangkat kutil, penderita cukup menempel lakban pada kutil selama kurang lebih 6 hari tanpa disentuh. Setelah 6 hari berlalu penderita boleh melepaskan lakbannya, kemudian rendam area kutil dengan air hangat dan gosok-gosok kutilnya.

Setelah 12 jam tanpa lakban, tempel kembali lakban pada area kutil untuk menghilangkan sisanya. Lakukan dengan cara yang sama seperti langkah awal, lanjutkan terus hingga kutil hilang dan tidak muncul lagi.

4. Oleskan Vitamin C

Vitamin C diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan bersifat asam, karena merupakan senyawa asam askorbat. Caranya adalah dengan menghancurkan tablet vitamin C kemudian dicampurkan sedikit air hingga terbentuk pasta.

Setelah itu oleskan pasta pada area kutil, kemudian bisa ditutup menggunakan plester. Lepaskan plester pada malam harinya agar area kutil terkena udara, lakukan langkah tersebut selama beberapa hari. Dijamin kutil akan berhasil terlepas dari area kulit penderita jika dilakukan dengan benar dan teratur.

5. Gunakan Minyak Kastor Dan Baking Powder

Ada bahan lain yang terdapat di rumah dan bisa digunakan untuk mengatasi kutil yang mengganggu, yaitu minyak kastor dan baking powder. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran minyak kastor dan baking powder dengan kapas dan cotton bud pada area kutil. Bahan-bahan tersebut akan menyebabkan iritasi pada kutil sehingga membuatnya terkelupas sehingga kutil akan terangkat dan hilang.

6. Operasi Kutil

Jika berbagai cara di atas tidak bisa mengatasi kutil, maka cara terakhir adalah operasi. Penderita bisa pergi ke dokter dan mengutarakan keluhan kutil yang dialaminya. Maka dokter spesialis kulit akan memberikan solusi sesuai kompetensinya, biasanya akan dilakukan operasi jika kutil sudah sangat mengganggu.

Demikianlah cara menghilangkan kutil yang cukup efektif agar kutil hilang dan tidak kembali. Jika setelah dihilangkan namun kutil kembali lagi maka bisa menghubungi dokter kulit untuk melakukan konsultasi. Dokter kulit adalah dokter yang tepat dan akan menangani masalah kutil dengan kompetensi yang dimilikinya.


3:32:00 AM