7 Cara Budidaya Bebek Bagi Pemula




cara budidaya bebek

Cara Budidaya Bebek Bagi Pemula - Bebek atau itik adalah salah satu hewan yang cukup banyak dijadikan ternak. Ini dikarenakan daging bebek itu salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi serta digemari oleh banyak orang. Bahkan daging bebek dinilai mempunyai nilai jual yang cukup relatif tinggi. Sehingga daging bebek akan dapat dipanen dan dijual jika masa produktivitas bertelurnya sudah habis. Berikut ini adalah 7 cara budidaya bebek bagi pemula :

1. Perhatikan Kandang Yang Digunakan

Cara budidaya bebek yang pertama adalah dengan memperhatikan kandangnya. Kandang bebek bisa di sesuaikan dengan besar kecilnya anggaran yang di miliki. Akan lebih baik lagi apabila kandang bebek menggunakan sistem kandang panggung. Ini berarti kandang yang akan digunakan menghadap timur ke arah matahari terbit.

Sebenarnya ada tiga jenis kandang yang bisa dipilih dan pergunakan pada saat beternak bebek pada lahan yaitu sempit. Yang pertama adalah kandang boc khusus yang dipakai buat meletakkan anak bebek, Kedua adalah kandang brower yang spesialkan digunakan pada  perawatan bebek berumur remaja. Dan yang ketiga yaitu kandang layer yang digunakan khusus bagi bebek petelur yang berusia dewasa.

2. Persiapan Peralatan Pakan dan Pakan Ternak Bebek

Salah satu peran penting untuk memaksimalkan hasil telur dari ternak bebek petelur berasal dari makanan yang di berikan. Karena tanpa makanan yang diberikan pada bebek petelur juga tidak akan bertelur atau (sulit bertelur).

Sebelum memutuskan untuk memelihara bebek, mempersiapkan alat pakan seperti tempat minum dan makan untuk bebek merupakan poin penting agar setelah adanya bebek petelur tidak akan kesulitan dalam hal memberi makan dan minum.

3. Memilih Bibit

Cara budidaya bebek selanjutnya, adalah dengan memilih bibit yang tepat. Sebagian peternak menganggap itik petelur yang baik itu diperoleh dari pemeliharaan sejak day old duck (DOD). Sebagian lagi terpaksa membesarkan DOD karena di daerahnya tidak ada pedagang bibit itik yang akan siap telur. Umumnya itik bertelur pada umur 6 bulan.

Paling ideal memilih jenis itik yang sentra bibitnya mendekati dengan lokasi peternakan. Bila yang dipilih itu DOD, hendaknya peternak mempelajari kualitas DOD yang baik. Pertama, perhatikan postur pada tubuhnya. DOD yang baik adalah yang berbadan tegap, kaki dan paruhnya besar, serta tidak cacat. Hindarilah memilih DOD jantan yang bercirikan bulu cokelat kehitaman, paruh hitam kelam.

4. Proses Pengkawinan 

Jika sudah begitu, selanjutnya bisa mengkawinkan bebek jantan dengan betina. Pilihlah bebek betina yang unggul juga. Agar bisa menetaskan telur-telur berkualitas yang akan di jadikan bibit. Bibit DOD juga bisa di beli pada tempat-tempat yang menjadi rujuk Dinas Peternakan.

serta pihak-pihak terkait lainnya. Ini dikarenakan tempat-tempat seperti itu memiliki kualitas bibit yang tidak diragukan lagi. Pastikan bibit DOD tidak memiliki kecacatan atau sakit. Hal ini juga bisa di lihat dari bulu mengkilat serta warna bulunya yang kuning segar.

5. Memberikan Vitamin

Untuk bebek yang baru berumur 0-16 hari bisa memakai wadah  yang datar. Ini untuk mempermudah cara budidaya bebek, pada saat mereka mengkonsumsi pakan serta vitamin. Berbeda dengan bebek yang sudah berumur 16 – 21 hari, cukup dengan memberikan pakan yang sudah dicampur dengan vitamin.

Caranya dengan menyebarkan di lantai kandang serta pada yang wadah datar. Saat bebek berusia 21 – 18 minggu hanya perlu menyebarkan pakan yang sudah dicampur vitamin di lantai kandang.

6. Perhatikan Masa Anakan

Ketika anakan, bebek atau itik sudah beranjak besar serta mulai mempunyai bulu dewasa. Ini berarti saatnya kemudian mulai memindahkan bebek ke kandang untuk proses penggemukan. Kandang khusus yang digunakan ini sebaiknya memiliki ketinggian sekitar 20 cm.

Ini agar anakan yang masih kecil tidak akan diganggu oleh binatang seperti tikus maupun musang. Hal ini juga akan memudahkan pada saat proses membersihkan kandang serta menjaga kelembaban pada kandang.

7. Rutin Memberi Makan

Masalah pakan memegang peranan penting untuk peternak bebek yang ingin menjual daging bebek yang berkualitas. Peternak harus memastikan makanan serta asupan gizi haruslah tepat agar bisa dijual dengan harga yang tinggi. Untuk pakan bebek, bisa dengan menambahkan cacahan kencur kedalam pakan.

Karena campuran bahan ini dipercaya membuat selera makan bebek meningkat, walaupun masih belum terbukti secara klinis. Tetapi, bebek biasanya akan lebih doyan makan setelah mengkonsumsi ini. Cara budidaya bebek memang susah-susah gampang. Butuh ketekunan dan perhatian khusus jika beternak bebek.


3:59:00 AM