7 Cara Cepat Sembuhkan Batuk Yang Cukup Ampuh Tanpa Obat




Cara Cepat Sembuhkan Batuk

Cara Cepat Sembuhkan Batuk Yang Cukup Ampuh Tanpa Obat - Sakit batuk merupakan sakit yang umum dialami siapa saja tanpa mengenal musim. Batuk biasanya disebabkan oleh virus yang menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun. Meskipun dianggap sebagai sakit yang ringan namun batuk bisa menyebabkan aktivitas sehari hari menjadi terganggu, oleh karena itu harus di cari cara cepat sembuhkan batuk agar tidak merusak aktivitas. Apa saja cara cepat agar batuk sembuh itu? Berikut beberapa diantaranya:

1. Minum Teh Herbal

Ingin sembuhkan batuk dengan cepat? Salah satu cara cepat sembuhkan batuk adalah dengan meminum teh herbal yang dicampur dengan bahan alami madu. Bahan ini dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi iritasi serta mengencerkan lendir yang terdapat di saluran pernapasan.

Selain teh herbal, teh lainnya juga bisa digunakan. Namun harus ingat untuk memilih teh yang tidak mengandung kafein didalamnya, hal ini berguna agar tidak mengganggu waktu istirahat ketika sakit. Selain itu sediakan termos berisi air panas di dekat tempat tidur untuk memudahkan ketika tiba-tiba batuk menyerang saat malam hari.

2. Berendam Dengan Air Hangat

Biasanya, batuk sakit batuk akan semakin parah ketika udara di luar sedang kering. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk berendam menggunakan air hangat, jika tidak suka berendam karena tidak memiliki cukup waktu cobalah untuk mandi dengan air hangat. Hal ini bisa mengurangi batuk yang sedang diderita.

Alternatif lainnya jika tidak ingin berendam dengan air hangat, gunakan lah humidifier atau yang berguna sebagai pelembap ruangan. Dengan cara ini ruangan akan menjadi lebih lembab dan batuk akan segera reda.

3. Istirahat Yang Cukup

Ketika batuk melanda maka sistem imunitas tubuh cenderung melemah. Untuk kembali menguatkan sistem imunitas tubuh maka sabaliknya perbanyak istirahat atau tidur. Hindari bergadang ketika malam hari untuk melakukan pekerjaan apapun, lebih banyak tidur tidak masalah asal kondisi kesehatan bisa segera membaik bukan?

4. Makan Permen Pereda Tenggorokan

Cara cepat sembuhkan batuk yang paling mudah adalah dengan makan permen. Namun perlu diingat bukan sembarangan permen yang dimakan ya melainkan permen untuk melegakan tenggorokan yang biasanya mengandung mentol.  Jenis permen ini bisa didapatkan di toko-toko karena sudah banyak yang menyediakannya.

Jika salah membeli permen maka batuk tidak sembuh melainkan tambah parah, oleh karena itu harus lebih hati-hati. Permen pereda tenggorokan tidak hanya berguna meredakan batuk namun juga dapat mengatasi hidung tersumbat dan nyeri tenggorokan.

5. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Batuk yang tidak segera diatasi akan menyebabkan munculnya sakit flu. Begitu sakit batuk melanda cobalah untuk memperbanyak minum air putih terutama air pulih hangat. Karena dengan minum air putih maka kebutuhan air akan tercukupi dan tidak dehidrasi.

Selain itu air mampu membantu mengurangi lendir yang berlebihan di tenggorokan. Untuk lebih memaksimalkan pengobatan batuk gunakanlah madu atau jeruk nipis sebagai campurannya.

6. Kumur Dengan Air Garam

Tidak banyak yang tahu bahwa bahan di dapur dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk yang melanda. Garam merupakan bahan dapur yang dapat meredakan tenggorokan yang gatal sebagai penyebab timbulnya batuk.

Cukup dengan mencampurkan seperempat sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Cara ini cukup efektif untuk mengobati batuk namun ingat jangan lakukan cara ini pada anak-anak yang masih balita. Karena kemungkinan besar balita belum mengetahui caranya berkumur.

7. Minum Madu

Selain teh herbal yang di campur dengan madu, ternyata cara cepat sembuhkan batuk bisa juga hanya menggunakan madu. Selama ini madu dikenal sebagai obat berbagai penyakit yang sudah di buktikan sejak lama. Madu memilih kandungan dextromethorphan yang merupakan zat untuk menekan batuk.

Untuk membuat bahan minuman madu sembuhkan batuk cukup mudah. Yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau air perasan buah lemon. Kemudian makan secara langsung atau dapat juga digunakan sebagai selai roti tawar.

Beberapa cara cepat sembuhkan batuk yang dapat dipilih untuk dilakukan. Namun yang paling penting adalah mencegah timbulnya batuk datang yaitu dengan menjaga kesehatan, banyak minum air putih dan makan makanan yang bergizi.


10:37:00 AM