7 Cara Membuat Kacang Bawang Menjadi Lebih Gurih




Cara Membuat Kacang Bawang Menjadi Lebih Gurih

Cara Membuat Kacang Bawang Menjadi Lebih Gurih - Kacang bawang menjadi salah satu camilan kacang favorit bagi sebagian masyarakat. Untuk membuat kacang bawang ini sebenarnya sangat mudah, dan bisa dilakukan saat di rumah. Namun, sebagian orang masih banyak yang bingung dan mempertanyakan tentang cara membuat kacang bawang menjadi lebih gurih.

Banyak orang  lebih memilih untuk membeli dari pada harus membuat sendiri. Hal ini karena, sebagian orang menganggap bahwa cara membuat kacang sulit dan merepotkan. Padahal cara membuat kacang bawang cukup sederhana. Berikut akan disajikan informasi seputar cara membuat kacang bawang menjadi lebih gurih:

1. Membeli Dan Menyiapkan Bahan Juga Alat

Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk membuat kacang bawang ini adalah membeli dan menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Ada beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kacang bawang ini.

Adapun bahan yang dibutuhkan berupa kacang tanah, garam, bawang putih, kelapa untuk dijadikan santan, minyak goreng, dan merica. Sedangkan alat yang dibutuhkan berupa panci, sendok, blender, kuali, saringan dan lain-lain. Semua persiapan bahan dipastikan lengkap dan tidak ada yang tertinggal.

2. Menggunakan Kacang Tanah Yang Sudah Di Kupas

Untuk membuat kacang bawang, bahan pokok yang dibutuhkan adalah kacang tanah. Pilihlah kacang tanah yang sudah di kupas agar pembuatan kacang tanah lebih cepat dan praktis. Kacang tanah ini bisa didapatkan di pasar terdekat, karena sudah banyak penjual yang menyediakannya.

Jika kacang tanah sudah tersedia, cucilah kacang sebanyak 2 sampai 3 kali hingga bersih. Kacang bisa di cuci di air yang mengalir agar tidak ada lagi tanah yang menempel di kulit kacang.

3. Menyiapkan Bawang Putih

Kupaslah bawang putih untuk dihaluskan dan diiris. Cucilah bawang putih ini secara perlahan-lahan hingga bersih. Gorenglah bawang putih hingga kering, lalu tiriskan. Bawang ini nanti akan dicampurkan dengan kacang yang telah digoreng. Sedangkan bawang putih yang dihaluskan nantinya akan digunakan untuk bumbu rendaman kacang tanah. Tambahkanlah garam dan merica bubuk ke dalam bawang yang dihaluskan.

4. Memeras Dan Merebus Santan

Peraslah kelapa yang sudah disediakan sebanyak yang di butuhkan. Usahakan hasil perasannya tidak terlalu encer, buat sedikit kental. Setelah itu, tuangkanlah hasil perasan atau santan tersebut ke dalam panci kosong yang akan digunakan untuk merebus.

Hidupkanlah api kompor, lalu tambahkanlah garam, gula, dan bawang putih yang telah dihaluskan tadi. Aduklah secara merata santan dan bumbu-bumbu yang dimasukkan tadi. Rebuslah santan dan bumbu hingga mendidih.

5. Memasukkan Kacang Tanah Ke Dalam Bumbu Santan

Masukkanlah kacang tanah yang telah dibersihkan tadi ke dalam rebusan santan dan bumbu yang telah didinginkan. Aduklah secara merata kacang tanah dan rebusan tersebut perlahan-lahan.

Diamkanlah kacang tanah tersebut selama 5 sampai 10 menit. Bumbu santan ini merupakan cara membuat kacang bawang menjadi lebih gurih. Setelah selesai, tiriskanlah kacang tanah hingga kering.

6. Menggoreng Kacang Tanah

Gorenglah kacang tanah ke dalam minyak bekas penggorengan bawang putih. Saat penggorengan, rajin-rajinlah untuk mengaduk supaya tidak gosong kacang tanah. Tunggulah beberapa menit hingga warna kacang tanah berubah menjadi kekuningan atau keemasan dan matang, jangan sampai berwarna cokelat. Jika kacang berwarna cokelat maka akan menghasilkan rasa yang pahit akibat kematangan alias gosong.

7. Mencampur Bawang Goreng Putih Dan Kacang Goreng

Cara membuat kacang bawang yang terakhir adalah mencampur bawang putih yang telah digoreng tipis dengan kacang yang telah digoreng tadi. Aduklah bawang dan kacang yang telah digoreng secara merata. Setelah suhu kacang sudah tidak panas lagi atau dingin, masukkanlah kacang bawang ke dalam stoples ataupun tupperwere. Jika menggunakan stoples, pilihlah yang tutupnya ketat agar kacang tidak melempem.

Itulah 7 cara membuat kacang bawang menjadi lebih gurih. Cukup mudah bukan? Cara ini bisa dicoba dan dilakukan di rumah. Ikutilah setiap langkahnya dengan teliti dan teratur. Jika sudah mengikuti setiap langkahnya, maka kacang bawang yang dihasilkan akan terasa lebih gurih dengan tekstur yang renyah. Untuk ukuran bahannya bisa diukur sendiri berdasarkan berapa banyak kacang tanah yang akan diolah menjadi kacang bawang.


1:35:00 AM