8 Cara Budidaya Lebah Madu Bagi Pemula




cara budidaya lebah madu

Cara Budidaya Lebah Madu Bagi Pemula - Lebah madu adalah hewan yang membawa banyak manfaat. Manfaat yang paling utama adalah bisa mengobati berbagai penyakit. Selain itu lebah madu juga sangat berperan banyak penyerbukan bunga yang dihinggapinya. Lalu bagaimana cara budidaya lebah madu bagi pemula? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Buatlah Rumah Lebah Madu Terlebih Dahulu

Salah satu cara budidaya lebah madu yang paling penting adalah dengan membuat kandang atau rumah lebah terlebih dahulu. Dalam penangkaran, rumah lebah madu memiliki beberapa jenis. Namun untuk permulaan bisa membuat rumah yang sederhana terlebih dahulu. Setelah perkembangan koloni lebah semakin banyak dan muncul lebah ratu yang baru bisa membuat rumah dengan bentuk yang lebih baik lagi. Untuk pembuatan rumah lebah bisa menggunakan bambu atau papan kayu.

2. Siapkan Sarang Lebah Madu

Setelah rumah yang dibuat sebelumnya siap, menyiapkan sarang lebah menjadi salah satu cara budidaya lebah madu yang sangat penting juga. Masukkan 2-3 baris sisir kayu (bingkai) yang terdapat jaring kawatnya ke dalam rumah lebah madu tersebut. Jangan lupa untuk melapisi royal jelly pada akar sarang lebah ratu dan lebah lainnya agar merasa nyaman ketika tinggal di dalam kandang atau rumah yang telah disiapkan.

3. Pilihlah Bibit Lebah Madu Yang Unggul

Lebah madu yang menghasilkan cukup banyak madu adalah jenis mellifera atau cerana. Ratu lebah beserta koloninya bisa diperoleh dari petani yang menjual atau bisa juga mencari sendiri di hutan. Namun untuk mendapatkan lebah madu kualitas unggulan dan tidak terlalu agresif sebaiknya beli di petani saja. Dengan begitu tentu akan menghasilkan produk hasil panen yang unggulan juga.

4. Berikan Cairan Madu

Ratu lebah dan koloninya yang sebelumnya telah diperoleh dari petani diletakkan pada bingkai yang ada di dalam rumah lebah. Secara otomatis lebah pekerja dan lebah lebah jantan akan mengikuti dan mengerubungi bingkai yang berisi lebah ratu. Setelah 2 hari sarang lebah mulai mengalami pembentukan sel-sel, lepaskan lebah ratu dari bingkai agar sarang menjadi lebih besar. Agar cara budidaya lebah madu ini semakin berhasil jangan lupa berikan tambahan makanan seperti cairan madu dan royal jelly.

5. Siapkan Taman Berbunga

Seperti halnya hewan lainnya, lebah madu pun perlu melakukan penggembalaan. Cara budidaya lebah madu yang satu ini dengan menyiapkan taman berbunga di sekitar penangkaran lebah. Tanaman yang ditanam diantaranya bunga mawar, bunga matahari, bunga anggrek dan bunga sepatu. Semakin banyak tanaman bunga di sekitar penangkaran maka hasil madu yang diperoleh juga akan semakin banyak.

6. Memanen Lebah Madu

Masa panen sarang lebah bisa dilakukan setelah 40 hari sejak pertama kali ratu lebah diletakkan di dalam rumah. Sebelum melakukan pemanenan harus mempersiapkan beberapa hal. Diantaranya menggunakan pakaian berani lebah yang tebal yang dilengkapi dengan masker pelindung wajah dan kepala. Selain itu jangan lupa memakai sarung tangan pada saat mengambil bingkai sarang lebah. Seseorang juga bisa menggunakan alat pengasapan untuk mengusir lebah untuk sementara sehingga akan lebih mudah ketika mengambil bingkai yang sudah penuh dengan sarang lebah.

7. Ekstrak Sarang Lebah

Cara budidaya lebah madu selanjutnya adalah ekstrak sarang lebah yang telah diambil menggunakan alat ektraksi agar cairan madu yang dihasilkan lebih bersih dan maksimal. Sebelumnya kupas sarang lebah madu tersebut dengan alat penyongkel sarang lebah. Lakukan dengan baik agar madu yang terbuang tidak banyak selama proses pengelupasan.

8. Amankan Ratu Lebah

Setelah proses panen selesai, jangan lupa untuk mengamankan ratu lebah ke bingkai yang baru. Hal ini bertujuan agar bisa langsung melakukan budidaya lebah madu kembali setelah masa panen. Dengan begitu hasil panen sudah akan diperoleh setelah 40 hari selanjutnya sejak ratu lebah dimasukkan ke dalam bingkai yang baru.

Nah itulah 8 cara budidaya lebah madu bagi pemula. Produk dari budidaya lebah madu sendiri adalah cairan madu, ampas sarang lebah dan larva yang berkhasiat untuk menambah stamina. Selain madu, hasil panen dari budidaya lebah madu adalah royal jelly dan polen yang merupakan sumber protein yang sangat tinggi yang diperoleh pada sarang lebah madu.


4:56:00 AM