8 Cara Memasang Keramik Yang Bisa Dilakukan Sendiri




cara memasang keramik

Cara Memasang Keramik - Lantai keramik sangat cocok digunakan untuk rumah masa kini. Hal ini karena materialnya lebih tahan lama dan harga keramik jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan yang lain. Selain jenis dan kualitas keramik yang beragam banyak juga yang menawarkan jasa pemasangan keramik. Namun bagaimana jika ingin memasang keramik sendiri agar lebih hemat biaya? Berikut ini cara memasang keramik tanpa mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa tukang atau profesional dan tentunya bisa lebih sesuai dengan selera. Mari simak ulasannya.

1. Siapkan Subfloor Terlebih Dahulu

Salah satu cara memasang keramik adalah dengan menyiapkan subfloor terlebih dahulu. Subfloor adalah lantai dasar atau penopang ubin keramik. Subfloor bisa berupa rabat beton atau cor beton. Biarkan subfloor kering dengan sempurna dan sebaiknya di berikan lapisan pasir 2-3 cm untuk mencegah keramik terangkat atau popping up. Kemudian lakukan screeding apabila menggunakan mortar instant.

2. Lakukan Pengukuran

Setelah screed kering dan permukaan bebas debu serta kotoran, selanjutnya lakukanlah pengukuran untuk menentukan titik acuan dan pola pemasangan ubin keramik. Gunakan tali kenur dan juga paku sebagai alat bantu agar hasil lebih lurus dan sejajar. Sehingga posisi ubin keramik nantinya akan jauh lebih terstruktur dan rapi.

3. Siapkan Adukan Spesi

Setelah selesai melakukan pengukuran cara memasang keramik selanjutnya adalah menyiapkan adukan spesi yang terdiri dari semen dan pasir atau adonan mortar perekat yang siap pakai. Usahakan agar adonan jangan terlalu encer ataupun terlalu kental. Pastikan diperoleh campuran homogen atau campuran yang tidak menggumpal. Jika ingin menggunakan adukan spesi baiknya keramik di rendam dalam air terlebih dahulu.

4. Pemasangan Ubin Keramik

Jika adukan spesi sudah siap bisa memulai pemasangan ubin keramik. Pasang keramik dari titip acuan yang telah ditentukan. Aplikasikan mortar atau spesi dengan ketebalan 2-4cm kemudian ratakan dengan trowel. Jika sudah letakkan ubin keramik di atas spesi atau mortar kemudian tekan dengan sepotong balok kayu daan pukul dengan palu karet untuk memadatkan. Lakukan hal tersebut pada ubin keramik satu per satu dan gunakan tile spacer agar jarak antar ubin atau nat menjadi lebih rapi dan teratur.

5. Potong Keramik Untuk Bagian Tepi

Pemasangan ubin dilakukan hingga seluruh lantai tertutup. Jika perlu potong keramik untuk bagian tepi atau bagian lain seperti area kloset. Selama proses pemasangan lakukan pengecekan kerataan atau kemiringan lantai dengan bantuan waterpass. Hal ini untuk menghindari ubin keramik yang terpasang miring atau tidak rata.

6. Diamkan Selama 24 Jam

Setelah proses pemasangan keramik selesai, diamkan selama 24 jam agar spesi maupun mortar menjadi kering dengan sempurna. Hindarkan pula dari pijakan. Setelah keesokan harinya periksalah kondisi lantai. Pastikan tidak ada keramik yang tergores, retak maupun pecah. Pastikan juga tidak ada spesi yang kosong dengan cara mengetuk- ngetukkan lantai menggunakan jari tangan. Jika ada maka segera lakukanlah perbaikan terlebih dahulu.

7. Lepaskan Tile Spacer dan Bersihkan Lantai

Lepaskan tile spacer dan bersihkan permukaan lantai. Kemudian lakukan grouting atau pengisian nat dengan adonan semen atau mortar nat instant. Sebagai tahap akhir dari cara memasang keramik segera bersihkan sisa- sisa spesi atau mortar nat sebelum mngering. Gunaksn spons atau kain bersih untuk membersihkannya. Bila lantai sudah terlanjur kering gunakan bahan pembersih berkadar asam <5%, lalu bersihkan dengan air.

8. Jangan Lupa Gunakan Perlengkapan K3

Meskipun bukan merupakan pekerjaan yang membahayakan, namun dalam cara memasang keramik harus tetap mengenakan perlengkapan K3. Contohnya kacamata pengaman dan sarung tangan ketika harus memotong keramik. Agar terhindar dari kecelakaan kerja yang mungkin akan menimpa jika kurang berhati- hati. Untuk kacamatanya sendiri bisa melindungi mata dari debu hasil potongan keramik yang bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Nah itulah 8 cara memasang keramik yang tepat . Cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membayar tukang karena bisa dilakukan sendiri. Yang pasti hasilnya akan jauh lebih pas dan sesuai dengan selera sendiri sehingga akan memberikan kepuasan yang tidak ternilai setelah berhasil melakukannya.


8:01:00 AM