8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Mudah dan Alami




cara menghilangkan bau kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki - Segala yang berkaitan dengan bau terutama bau yang tidak mengenakkan pasti akan sangat mengganggu. Terutama jika bau tersebut berasal dari salah satu bagian tubuh misalnya bau pada kaki. Seringnya penggunaan kaos kaki, sepatu, dan alas kaki lainnya dapat menimbulkan bau kaki. Oleh karena itu diperlukan perawatan agar tidak menimbulkan bau pada kaki. Berikut cara menghilangkan bau kaki secara dengan mudah dan alami :

1. Menjaga Kebersihan Kaki Dan Alas Kaki

Penyebab utama bau kaki biasanya adalah kurangnya menjaga kebersihan pada kaki dan juga alas kaki. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan kaki beserta alas kaki terutama yang sering dipakai. Menjaga kebersihan kaki bisa dengan cara selalu mencuci kaki dengan bersih setiap selesai beraktivitas. Selain itu, selalu bersihkan alas kaki dengan benar juga dapat mengurangi bau pada kaki.

2. Mengganti Kaos Kaki Setiap Hari

Kaos kaki kerap kali menjadi penyebab bau kaki. Oleh karena itu menjaga kebersihan kaos kaki sangatlah penting karena akan berpengaruh pada bau kaki. Sebaiknya selalu cuci kaos kaki dan pastikan saat akan dipakai lagi benar-benar kering. Jika dirasa sudah tidak nyaman, ganti kaos kaki dengan yang baru. Pilih kaos kaki degan bahan yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menjaga kelembaban kaki.

3. Rendam Kaki Menggunakan Air Garam

Bau kaki biasanya disebabkan oleh faktor kelembaban pada kaki. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan garam yang dicampur dengan air hangat lalu rendam kaki kurang lebih selama 20 menit. Fungsi dari garam tersebut adalah dapat menurunkan tingkat kelembaban pada kaki. Selain itu garam juga dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau pada kaki.

4. Rendam Kaki Menggunakan Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan perasan lemon. Buah yang satu ini selain dikenal sangat baik untuk merawat kecantikan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Bau kaki yang kebanyakan disebabkan oleh bakteri dapat dihilangkan dengan perasan lemon karena memiliki kandungan anti-bakteri. Caranya dengan membuat perasan dari 6 buah lemon dan campurkan dengan air hangat lalu rendam kaki. Lakukan secara rutin selama 15 menit setiap hari.

5. Olesi Dengan Bubuk Kopi

Bubuk kopi memang biasanya diseduh untuk diminum. Namun, kali ini bubuk kopi memiliki manfaat lainnya yaitu untuk menghilangkan bau kaki. Kopi memiliki aroma khas yang dapat mengalahkan aroma lain yang ada di sekitarnya bahkan terkadang digunakan untuk menghilangkan bau durian. Oleh karena itu tidak ada salahnya dicoba untuk menghilangkan bau kaki dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oelskan pada kaki dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan rasakan manfaatnya.

6. Kaki Direndam Dengan Cuka Dapur

Cuka dapur juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Bumbu dapur yang mudah didapatkan ini dapat membantu membunuh kuman pada kaki yang dapat menyebabkan bau. Caranya dengan mencampurkan segelas cuka dengan satu baskom air dan gunakan untuk meremdam kaki selama 15 menit. Selain dapat membantu membunuh kuman, kandungan pada cuka juga mampu membunuh jamur pada kaki.

7. Basuh Kaki Dengan Teh

Teh dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang kaya manfaat. Kandungan dalam teh barmanfaat sebagai antioksidan alami. Selain itu, teh juga mengandung anti-bakteri yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Cara menghilangkan bau kaki menggunakan teh adalah dengan menyeduh daun teh kemudian basuh pada kaki 2 kali sehari. Bau khas dan kandungan anti-bakteri pada teh efektif menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.

8. Taburkan Tepung Maizena

Selain sebagai bahan kue, ternyata tepung maizena juga dapat membantu mengatasi bau kaki. Bahan kue yang satu ini dapat difungsikan layaknya bedak tabur yang dapat menghilangkan bakteri jamur penyebab bau pada kaki. Selain itu, tepung maizena juga dapat mengurangi bau pada sepatu dengan cara yang sama yaitu cukup ditabur. Diamkan selama semalaman, kemudian hilangkan tepung maizena pada sepatu tadi.

Itulah cara menghilangkan bau kaki dengan mudah dan alami. Bau pada kaki pada dasarnya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan sehingga kaki menjadi lembab dan menimbulkan bakteri. Oleh karena itu, sangat perlu menjaga kebersihan kaki. Namun, jika sudah timbul bau, beberapa cara tadi patut dicoba untuk menghilangkan bau pada kaki.


5:24:00 AM