Alat, Bahan dan Cara Menanam Semangka Agar Berbuah Manis Sampai Proses Panennya




cara menanam semangka

Cara Menanam Semangka Agar Berbuah Manis - Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara menanam semangka agar tumbuh subur dan berbuah manis. Sebenarnya cara menanam semangka yang manis tidaklah sulit namun butuh ketelatenan khusus.

Alat & Bahan Menanam Semangka

Ada beberapa alat dan bahan  yang harus disiapkan untuk menanam semangka, yaitu biji semangka, cangkul, gunting, pupuk, air, tiang dari bambu. Setelah semua peralatan tersebut sudah disiapkan, dapat mengikuti langkah cara menanam semangka agar berbuah manis.

Cara Menanam Semangka Agar Berbuah Manis

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar semangka tumbuh manis dan segar. Berikut ini cara menanam semangka agar hasilnya menjadi buah yang manis :

1. Pemilihan Lahan Tanam Yang Baik

Ada beberapa kriteria untuk menentukan lahan tersebut cocok ditanami buah semangka atau tidak. Lahan yang baik untuk pertumbuhan semangka adalah dataran rendah berkisar 0 – 1000 meter diatas permukaan laut dan curah hujan antara 40 – 50 mm setiap bulan. Buah semangka juga cocok tumbuh di daerah dengan suhu dibawah 25 C.

Semangka sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dan memiliki unsur hara tinggi, usahakan tanaman semangka jauh dari gulma atau tanaman pengganggu dan terkena sinar matahari secara langsung. Dengan kadar keasaman yang normal dan pH sekitar 6 – 6,5.

2. Persiapan Bibit

Pilih biji terbaik untuk ditanam, biji terbaik semangka berasal ari jenis hibrida impor. Bibit ini memiliki dua jenis yaitu tripoid dan haploid dimana ciri-cirinya memiliki cangkang biji yang keras dan perlu direnggangkan terlebih dahulu. Pilihlah buah semangka yang manis agar nantinya tanaman semangka yang tumbuh juga berbuah manis. Langkah-langkah untuk mempersiapkan bibit semangka antara lain:
  • Pertama rendam biji semangka yang sudah di pilih ke dalam campuran air hangat, bakterisida, fungisida dan hormon tumbuhan.
  • Rendam sekitar 30 menit kemudian angkat dan keringkan.
  • Bibit semangka siap untuk disemai dan ditanam.

3. Teknik Penanaman Biji Semangka

Semai bibit yang sudah dipersiapkan tadi pada lahan yang sudah di sediakan. Kemudian timbun dengan tanah dan tambah dengan pupuk kandang tau pupuk organik agar subur lalu siram setiap pagi dan sore hari sampai tumbuh tunas baru. Jika bibit semangka pada awalnya di semai di polybag maka bisa di pindahkan ke media tanam lahan setelah menginjak usia empat minggu.

4. Penyiraman Bibit Semangka

Bibit semangka yang sudah disemai arus di siram secara rutin setiap pagi dan sore. Terlebih lagi ketika memasuki musim kemarau agar kelembaban lahan tanah terjaga dengan baik dan semangka yang dihasilkan segar serta manis. Namun jika menanam bibit semangka pada musim hujan maka intensitas penyiraman harus dikurangi.

5. Penyiangan Tanaman

Proses penyiangan adalah proses yang dilakukan untuk membersihkan lahan dari serangan tanaman pengganggu atau gulma yang bisa mempengaruhi kandungan unsur hara di dalamnya. Ketika lahan banyak terdapat gulma maka semangka tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

6. Penyulaman Tanaman

Penyulaman dilakukan dengan cara mengganti bibit yang sudah mati dan rusak dengan bibit baru. Atau ketika sudah mulai tumbuh tanaman semangka, caranya dengan memangkas batas atau daun yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

7. Pemberian Pupuk

Ada dua hal yang harus di lakukan untuk perawatan tanaman semangka agar bisa tumbuh dengan maksimal. Perawatan pertama adalah dengan memberikan pupuk pada tanaman semangka. Pupuk berfungsi untuk menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah dan membuat tanaman tetap subur.

Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan siang hari. Selain itu jangan berikan tanaman pupuk saat hujan karena pupuk akan terbuang dengan air hujan yang mengalir sehingga tidak bisa terserap secara sempurna di tanah. Selai pupuk, perawatan yang kedua adalah pengendalian hama dan penyakit pada tanaman semangka.

Proses Panen Semangka

Waktu panen buah semangka berbeda-beda tergantung pada cuaca di daerah semangka ditanam. Beberapa ciri buah semangka siap di panen diantaranya berat di rasa sudah cukup, ada perubahan warna buah semangka, daun dan batang semangka mulai kering dan layu.

Proses panen sebaiknya dilakukan di pagi hari dengan cara memotong tangkai dengan gunting atau pisau sekitar 3- 5 cm dari batang bah. Kemudian letakkan buah semangka yang sudah di panen pada tempat yang sejuk dan jangan ditumpuk terlalu tinggi.

Itulah alat dan bahan serta cara menanam semangka agar buah yang tumbuh memiliki rasa yang segar dan manis sampai proses panennya. Tentunya perawatan optimal harus diberikan agar buah yang dihasilkan juga optimal. Cara menanam semangka yang manis mungkin terlihat sulit bagi pemula namun hasilnya cukup menjanjikan.


4:03:00 AM