Alat dan Bahan Serta Cara Menanam Anggur di Pot Untuk Dekorasi Taman




cara menanam anggur di pot

Cara Menanam Anggur Di Pot Untuk Dekorasi Taman - Proses penanaman anggur hingga tumbuh memang memerlukan usaha yang panjang, namun keindahan pohon anggur dan buah yang bisa dinikmati sangat menggiurkan. Cara menanam anggur di pot sangat mudah. Berikut adalah penjelasan mengenai alat, bahan, dan cara menanam anggur dengan tahapan paling sederhana.

Alat Dan Bahan

Sebenarnya, alat dan bahan yang digunakan dalam penanaman anggur hampir sama dengan tanaman lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai alat-alat dan bahan tersebut.

1. Biji Anggur Atau Bibit Yang Sudah Berakar

Biji anggur atau bibit yang sudah berbentuk pohon kecil sama-sama mudah dibiakkan. Namun, jika menggunakan biji anggur proses akan lebih panjang. Hal ini disebabkan biji anggur tidak bisa langsung ditanam di tanah, melainkan harus ditumbuhkan akarnya terlebih dahulu. Biji anggur pun bisa didapat dari benih yang dijual bebas atau memanfaatkan biji anggur yang sudah dikonsumsi buahnya.

2. Tanah

Tanah bisa didapatkan di berbagai tempat, mulai dari halaman rumah, atau kebun. Yang penting tanah tersebut mengandung humus dan subur. Tanah tersebut dapat juga dicampur dengan pupuk organik seperti pupuk kompos yang menggunakan kotoran hewan agar hasil dari tanaman anggur lebih bagus.

3. Cocopeat

Cocopeat merupakan media tanam yang bisa digunakan sebagai pengganti tanah. Bahan ini terbuat dari sabut kelapa yang diolah menjadi basah atau kering. Sabut kelapa dari buah yang sudah matang biasanya berwarna cokelat dan bisa diolah menjadi beragam hal berguna misalnya media tanam atau briket untuk bahan bakar tungku. Pembelian cocopeat bisa dilakukan di toko peralatan tanaman atau pasar.

4. Arang Sekam

Arang sekam berbeda dengan arang untuk norit atau arang pembakaran sate. Bahan ini terbuat dari hasil pembakaran batang padi setelah bijinya diambil untuk kemudian menjadi beras. Warnanya hitam dengan bau yang khas.

5. Air

Air merupakan kebutuhan inti tanaman. Bahan ini dapat berasal dari air mineral atau air hujan. Hindari penggunaan air yang mengandung kaporit atau tawas untuk memaksimalkan pertumbuhan anggur. Semakin alami bahan yang digunakan untuk menanam, maka hasil tanaman dan buahnya akan semakin bagus.

6. Pot

Pot yang digunakan dalam cara menanam anggur di pot bisa terbuat dari plastik atau tanah liat. Yang perlu diperhatikan adalah adanya lubang pembuangan di bagian bawah pot sehingga sirkulasi air lancar dan tanaman tidak terrendam air jika sudah disiram.

Cara Menanam

Alat-alat dan bahan tersebut kemudian dapat langsung digunakan untuk mengikuti cara menanam anggur di pot sebagai berikut.

1. Siapkan Biji Anggur / Bibit

Jika ingin menanam pohon dari biji sisa konsumsi, semai biji terlebih dahulu sebelum ditanam. Caranya dengan meletakkan biji di tisu, kemudian ditetesi air secukupnya. Simpan, kemudian tunggu hingga muncul akar. Tetesi tisu dengan air jika kandungan air di tisu menipis.

Jika penanaman pohon anggur dimulai dengan membeli bibit yang sudah berakar bahkan berdaun, maka langkah ini dapat dilewati. Kemudian langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Siapkan Media Tanam

Cara menanam anggur di pot tahap kedua adalah menyiapkan media tanam berupa tanah, cocopeat, dan arang. Isi pot sebanyak 3/4 bagian. Komposisi dari pot tersebut adalah 1/4 bagian tanah, 1/4 bagian cocopeat, dan 1/4 bagian lagi arang sekam.

Jika kesulitan mendapatkan tanah, penanaman juga dapat dilakukan hanya dengan arang dan cocopeat. Perbandingannya sama, yaitu 1 banding 1. 500 gram cocopeat ditumpuk dengan 500 gram arang sekam.

3. Tanam Bibit ke Pot

Pindahkan bibit ke dalam pot yang sudah diisi 3/4 bagiannya dengan media tanam. Letakkan bibit di atasnya kemudian tutupi akar dengan media tanam. Langkah terakhir dalam cara menanam anggur di pot adalah menyiram tanaman secara teratur.

4. Siram Tanaman

Air merupakan kebutuhan pokok bagi tanaman. Sirami tanaman anggur 3 kali sehari jika musim kemarau karena cuaca biasanya kering. Sedangkan saat musim hujan, letakkan pot di tempat yang aman tidak terkena hujan karena tanaman kecil bisa rusak jika terkena tekanan air hujan.

Selain keenam cara diatas, terdapat hal penting dalam pembiakan tanaman anggur, yaitu menjaga asupan cahaya matahari. Letakkan pot ditempat yang terkena matahari hanya saat pagi saja. Misalnya di teras rumah. Pohon anggur tidak boleh terlalu kering, namun juga tidak boleh terlalu lembab karena bisa terjadi pembusukan pada akar dan batang jika keadaan terlalu basah.


3:48:00 AM