Alat dan Bahan Serta Cara Menanam Kangkung




cara menanam kangkung

Cara Menanam Kangkung dengan mudah - Kangkung adalah salah satu jenis sayuran merakyat yang banyak disukai dan sering dijadikan menu santap sehari-hari. Kangkung bisa dengan mudah tumbuh dimana saja, maka tidak heran bila banyak yang menanam kangkung. Cara menanam kangkung yang mudah membuat semakin banyak orang suka menanamnya di rumah atau pun di pekarangan.

Selain cara menanam kangkung yang mudah, kangkung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mencegah anemia, mencegah diabetes, meningkatkan kualitas otak, menjaga kesehatan jantung dan baik untuk mata.

Alat & Bahan Untuk Menanam Kangkung

Sebelum mengetahui cara menanam kangkung, terlebih dahulu harus mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk menanam. Alat dan bahan itu antara lain :
  • Benih biji kangkung. Bahan pokok yang harus tersedia sebelum menanam kangkung adalah benih biji kangkung. Ada dua macam benih yang bisa ditanam. Yang pertama adalah biji kering dari kangkung dan yang kedua adalah batang kangkung yang di stek. Untuk penggunaan biji kangkung lebih mahal dan lebih lama proses tumbuhnya, namun lebih baik dari pada menggunakan batang stek.
  • Cangkul / skop. Yang kedua adalah cangkul atau skop yang dibutuhkan untuk menggemburkan tanah dan menanam benih kangkung. Cangkul dan skop tidak hanya dibutuhkan ketika proses penanaman saja namun juga dibutuhkan ketika perawatan tanaman kangkung.
  • Pupuk kompos. Penggunaan pupuk kompos dibutuhkan untuk membuat tanah subur. Ketika kangkung ditanam di kondisi tanah yang subur maka perkembangan kangkung akan semakin baik dan maksimal. Gunakan pupuk alami atau bersumber dari kotoran ayam yang tidak mengandung zat berbahaya.
  • Media tanam. Terakhir, dibutuhkan media tanam untuk menanam kangkung yang akan ditanam. Media tanam ini bisa berupa lahan kosong atau berupa polybag atau pot tanaman. Kangkung mudah tumbuh di media apa saja sehingga bisa dipilih lahan, pot atau polybag.

Cara Menanam Kangkung

Cara menanam kangkung cukuplah sederhana, namun pastinya tidak boleh sembarangan agar kangkung yang dihasilkan bagus dan berkualitas. Berikut ini cara menanam kangkung yang baik dan benar.

1. Pilih Bibit Kangkung Berkualitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit kangkung yang akan ditanam, pastikan pilihlah bibit kangkung yang berkualitas baik agar nantinya tumbuh tanaman kangkung berkualitas baik pula. Ciri-ciri bibit kangkung yang bagus adalah tegak dan daya tumbuhnya hampir 100% dari penanaman. Untuk mendapatkan bibit kangkung ada 2 macam yaitu dengan stek dan yang kedua menggunakan benih yang kering.

2. Persiapkan Lahan Tanam

Selanjutnya, persiapkan lahan tanam dimana bibit kangkung akan ditanam. Pastikan lahan yang akan digunakan subur dan bebas dari rumput liar atau gulma yang dapat mengganggu perkembangan kangkung tumbuh.

Buatlah gundukan tanah dengan lebar sekitar 1 meter dan panjang disesuaikan. Kemudian beri jarak antara satu dengan lainnya sekitar 40 cm. lalu sebarkan pupuk kandang atau kompos diatas gundukan tersebut dan diamkan selama semalam.

3. Proses Penanaman Bibit

Setelah lahan tanam siap, maka proses selanjutnya adalah penanaman bibit kangkung. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menanam bibit kandung, cara itu adalah:
  • Pertama, gunakan benih bibit kangkung kemudian ditebarkan di atas tanah. Satu lubang tanah diberikan 2-3 benih kangkung kemudian diberi tanah, selanjutnya siram dengan air secara teratur.
  • Kedua, bisa menggunakan stek kangkung yang sudah ada. Kemudian masukan batang kangkung satu persatu secara berdiri di tanah. Pastikan semua sudah tertanam dengan baik.

4. Diberi Tanah

Setelah bibit atau pun stek kangkung ditanam, maka langkah selanjutnya adalah ditutup dengan tanah. Untuk benih tutup hingga seluruh benih tidak terlihat lagi sedangkan untuk stek ditutup sebagian saja. Artinya hanya bagian bawah stek saja yang ditimbun tanah sedangkan bagian lainnya tidak.

5. Disiram Dengan Air Pupuk

Langkah terakhir dari penanaman kangkung adalah melakukan penyiraman pada benih atau stek kangkung. Siapkan air secukupnya dan campur dengan pupuk kandang yang sudah disiapkan. Selanjutnya siram sedikit demi sedikit atau semprotkan air tersebut pada benih / stek kangkung yang baru ditanam.

Itulah cara menanam kangkung yang mudah dan dapat dilakukan sendiri serta alat dan bahannya. Budidaya kangkung tidak hanya bisa dijadikan hobi yang mengasyikkan namun juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kebutuhan sayur sehari-hari.


4:35:00 AM