Alat dan Cara Menanam Daun Bidara Yang Paling Mudah Dilakukan




cara menanam daun bidara

Cara Menanam Daun Bidara - Mengingat khasiat daun bidara yang sangat bagus bagi tubuh manusia, kini banyak orang yang tertarik untuk menanamnya. Namun, banyak juga yang belum tahu bagaimana cara menanam daun bidara yang baik. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum menanam daun bidara, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan. Ini dimaksudkan agar nantinya proses penanaman bisa berjalan dengan maksimal. Dan berikut beberapa alat tersebut. Diantaranya:
  • Palu atau tang
  • Wadah plastik
  • Tisu atau kapas
  • Air
  • Tempat khusus untuk menanam
  • Plastik UV

Cara Menanam Daun Bidara Yang Benar Dan Dianjurkan

Seperti menanam pohon atau tumbuhan yang lainnya, menanam bidara juga memiliki beberapa tahap yang harus dilakukan. Ini penting agar nantinya hasil yang didapat bisa sesuai keinginan. Dan berikut cara melakukannya.

1. Siapkan Biji Unggul Terlebih Dahulu

Cara menanam daun bidara pertama kali adalah dengan menyiapkan bibit unggul terlebih dahulu. Bagaimana cara mendapatkannya? Mudah sekali yaitu dengan mengambilnya dari buah bidara yang sudah masak.

Untuk menentukan buah bidara yang sudah masak yaitu lihat pada bagian kulitnya. Buah yang sudah masak, biasanya memiliki kulit berwarna kuning kecoklatan. Untuk itu jika ingin mendapatkan biji yang bagus, ketahui ciri-ciri tersebut terlebih dahulu.

2. Mengambil Biji Dari Buahnya

Setelah menemukan buah yang sudah masak, langkah selanjutnya adalah mengambil biji bidara dari buahnya. Sebelum itu buang terlebih dulu kulit dan daging buah bidara yang sudah dipilih. Ini penting agar nantinya bisa masuk ke tahap selanjutnya.

Jika sudah, maka akan kelihatan batok dari buah bidara ini. Pecahkan secara perlahan menggunakan palu atau tang yang sudah disiapkan sebelumnya. Usahakan jangan terlalu keras agar biji tidak ikut rusak. Untuk bentuk bijinya sendiri mirip dengan biji semangka hanya terlihat lebih besar.

3. Siapkan Wadah Khusus

Jika sudah mendapatkan biji bidara yang bagus, cara menanam daun bidara yang tepat selanjutnya adalah menyiapkan wadah khusus. Wadah yang dimaksud bisa menggunakan wadah plastik berukuran sedang. Ini penting disiapkan karena nantinya akan digunakan untuk proses penyemaian. Selain itu usahakan untuk menggunakan wadah yang bersih agar penyemaian berjalan sempurna.

Tidak hanya itu, di dalam wadah siapkan pula tisu atau kapas yang masih bersih. Setelah itu siram dengan air secukupnya hingga permukaan kapas atau tisu menjadi lembab. Usahakan jangan terlalu banyak memberi air karena dikhawatirkan nantinya biji bidara justru menjadi busuk.

4. Letakkan Biji Pada Wadah

Jika wadah sudah siap, maka letakkan biji bidara satu persatu untuk proses penyemaian. Proses penyemaian berfungsi agar nantinya muncul akar dari biji tersebut. Selain itu untuk jumlahnya sendiri bebas sesuai kebutuhan.

5. Tutup Wadah Dalam Waktu Tertentu

Jika sudah, maka tutup wadah tadi agar proses penyemaian berjalan dengan sukses. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari lamanya. Selama itu pula bisa melakukan pengecekan terhadap biji yang di sedang mengalami proses penyemaian. Jika proses ini berhasil maka akan tumbuh akar dari biji tersebut. Setelah itu tinggal masuk proses penanaman.

6. Siapkan Media Tanam Lainnya

Jika proses penyemaian sukses dan biji sudah berakar, maka kita lanjut ke cara menanam daun bidara selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Media tanam ini tentu menggunakan tanah yang baik. Selain itu bisa menambahkan sekam agar hasilnya semakin baik.

Pencampuran tanah dan sekam bertujuan untuk membuat media porous. Cara inilah yang berguna agar media tanam tidak menyimpan air terlalu banyak. Dengan begitu proses tumbuh daun bidara bisa maksimal.

7. Pindahkan Biji Yang Sudah Berkecambah

Setelah menyiapkan media tanam yang sesuai, maka tinggal memindahakn biji yang sudah berkecambah pada media tersebut. Untuk wadahnya sendiri bisa mengunakan plastik hitam yang khusus untuk tanaman. Dan tentunya plastik ini mudah didapatkan di toko tanaman di sekitar kita.

Saat proses pemindahan biji ke media tanam, usahakan jangan tergesa-gesa. Ini agar akar biji yang sudah berkecambah tidak patah. Untuk itu pindahkan secara hati-hati dan satu persatu ke tempat yang sudah disiapkan.

Dengan membaca keterangan diatas, bisa disimpulkan bahwa ternyata cara menanam daun bidara sangat mudah dilakukan. Nah, nantinya cara ini bisa dimanfaatkan untuk budidaya atau yang ingin mengembangkannya menjadi bisnis.


5:15:00 AM