Bahan, Cara Membuat Es Krim Buah Mangga Serta Tips Memilih Mangga Untuk Es Krim




cara membuat es krim buah

Cara Membuat Es Krim Buah Mangga - Es krim memiliki banyak penggemar, apa lagi es krim buah. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang nikmat sangat cocok dinikmati apa lagi disaat musim panas. Apalagi es krim mangga yang terkenal dari thailand. Namun banyak beredar es krim dengan kandungan yang tidak baik, dengan bahan buah yang sudah tidak layak. Untuk itu tidak perlu khawatir, karena es krim dapat dibuat di rumah, hanya dengan mengetahui cara membuat es krim buah mangga saja.

Bahan Untuk Membuat Es Krim Buah Mangga

Sebelum mempraktekan cara membuat es krim buah mangga haruslah mempersiapkan beberapa bahan yang wajib ada. Bahan-bahan ini akan menunjang rasa serta kualitas dari es krim buah ini. Berikut bahan untuk membuat es krim buah mangga:
  • Mangga purre 400 ml (Mangga harus sesuai tips memilih mangga untuk dijadikan es krim)
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Cream kental 500 ml
  • Air jeruk lemon 2 sdm
  • Estrak vanilla 1 sdt

Cara Membuat Es Krim Buah Mangga Yang Nikmat

Setelah menyiapkan bahan sekarang saatnya mempraktekkan cara membuat es krim buah mangga. Dengan mengikuti setiap langkah dapat dipastikan es krim buah mangga yang dihasilkan akan nikmat serta sangat menggugah selera. Berikut cara membuat es krim buah mangga yang nikmat:

1. Memblender Mangga

Cara membuat es krim buah mangga yang nikmat diawali dengan memblender mangga hingga halus. Cicipi mangga yang telah dihaluskan, jika dirasa kurang manis tambahkan gula. Namun jika sudah terasa manis sesuai keinginan tidaklah perlu menambah gula.

2. Mengocok Mangga Dengan Mixer

Setelah itu siapkan mangkuk mixer, lalu masukan krim kental. Barulah cara membuat es krim mangga selanjutnya adalah mengocok semua bahan dengan mixer. Atur mixer dengan kecepatan tinggi, supaya krim menjadi kaku namun bertekstur lembut.

Barulah masukkan susu kental manis,vanilla ekstrak serta air jeruk lemon ke dalam bahan yang telah dikocok. Jangan mengocok dengan kecepatan tinggi, karena adonan ini jangan dibuat terlalu kaku. Jadi jangan kocok terlalu lama, karena akan membuat adonan pecah dan terpisah. Setelah dirasa pas dan telah tercampur dengan baik, matikan mixer.

3. Siapkan Wadah Besar

Siapkan wadah yang besar agar bahan es krim yang dibuat tadi muat. Tuangkan krim yang telah dikocok pada mangga yang telah dihaluskan. Aduk adonan dengan gerakan berputar, bisa diaduk dengan spatula saja. Jika telah membentuk motif menyerupai lingkaran diantara krim, hentikan proses mengaduk. Jangan mengaduk terlalu lama.

4. Masukkan Dalam Freezer

Selanjutnya tutup wadah tersebut dan pastikan rapat barulah masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Jika tutup tidak rapat akan membuat angin masuk ke dalam adonan es krim sehingga adonan akan membentuk kristal.

Tunggu sampai 2 hingga 3 jam sampai es krim benar-benar membeku sempurna. Jika dirasa es krim belum halus, bisa mengulangi proses mixer barulah memasukkannya kembali ke dalam frezeer. Hal tersebut dapat dilakukan 2 hingga 3 kali sehingga adonan benar-benar halus. Karena es krim nikmat bukan hanya dari rasa namun juga tekstur dan tampilanya yang halus serta lembut.

5. Penyajian Es Krim

Tahap akhir dari cara membuat es krim buah mangga yang nikmat adalah penyajian. Setelah es krim dipastikan lembut, ambil es krim dengan sendok pengeruk es dan sajikan diatas gelas. Bisa tambahkan topping sesuai selera serta tambahkan sirup agar menambah nikmat rasa es krim buah mangga.

Tips Memilih Mangga Untuk Dijadikan Es Krim

Setelah mengetahui cara membuat es krim buah mangga, sebaiknya mengetahui juga tips memilih mangga yang baik untuk dijadikan es krim. Ada banyak jenis mangga di Indonesia apa lagi di dunia. Jika asal memilih tentu tidak akan mendapatkan yang berkualitas baik. Berikut tips memilih mangga untuk dijadikan es krim:
  • Lihat tampilan mangga. Membuat es krim buah mangga haruslah dengan mangga yang berkualitas baik. Untuk mengetahui apakah mangga itu baik dan bagus adalah dengan cara melihat tampilannya. Jika mangga matang biasanya memiliki bercak coklat, jadi jangan heran karena hal itu adalah wajar. Serta tidak salah jika dipilih untuk menjadi bahan pembuatan es krim buah.
  • Lihat warnanya. Sebenarnya warna pada mangga tidak terlalu berpengaruh apakah mangga itu baik atau tidak. Karena mangga yang matang memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kuning terang, merah muda, dan hijau, semua tergantung jenis dan musimnya. Namun umumnya mangga di pasaran yang berwarna teranglah yang menandakan mangga matang sempurna. Karenanya perhatikan warnanya dan pastikan matang sempurna untuk mempraktekkan cara membuat es krim buah mangga.
  • Hirup harum mangga. Semua mangga mengeluarkan aroma kuat walaupun sudah busuk. Namun mangga yang bagus beraroma wangi serta manis. Harum mangga yang mampu membuat siapapun yang menghirupnya merasa tergiur ingin memakannya berarti itu mangga bagus. Serta sangat cocok dijadikan mangga untuk membuat es krim.
Itulah bahan, cara membuat es krim buah mangga yang nikmat dan tips memilih mangga yang baik untuk dijadikan es krim. Dengan membuat es krim buah mangga sendiri tidak perlu repot membeli diluar, kandungan yang ada di dalam es krim juga dapat dipastikan baik.


6:00:00 AM