Bahan dan Cara Membuat Brownies Untuk Cemilan di Rumah Yang Lezat




cara membuat brownies

Cara Membuat Brownies  - Ada 2 cara membuat brownies yang mudah dilakukan untuk menemani waktu santai di rumah. Yaitu brownies dengan cara dikukus atau dipanggang. Brownies merupakan kue coklat yang lembut dan memiliki kelezatan yang mampu menggugah selera. Bahkan untuk acara-acara tertentu brownies bisa dijadikan suguhan yang tepat.

Baik acara formal maupun acara semi formal. Banyak yang menjadikan brownies sebagai oleh-oleh untuk dibawa untuk keluarga tercinta. Saat ini sudah banyak varian brownies yang bisa dicoba. Nah kalau ingin membuat brownies sendiri di rumah, berikut bahan dan cara membuat brownies untuk cemilan di rumah bersama keluarga. Yuk simak!

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Kalau ingin membuat brownies di rumah jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies baik panggang maupun kukus sebenarnya sama saja. Hanya cara membuat brownies nya saja yang sedikit berbeda.

Untuk membuat brownies sebaiknya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat brownies :

Bahan-Bahan

  • 200 gram tepung terigu
  • 300 gram coklat batang
  • 75 gram coklat bubuk
  • 200 ml susu
  • 300 gram mentega
  • 6 butir telur ayam
  • 250 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Brownies

Setelah menyiapkan segala jenis bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies. Selanjutnya adalah masuk ke tahap cara membuat brownies. Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, dapat dipastikan hasil dari proses pembuatan brownies ini tidak akan mengecewakan. Berikut cara membuat brownies yang mudah untuk cemilan di rumah bersama keluarga :

1. Siapkan Coklat Batangan, Lelehkan

Potong coklat batangan menjadi bagian-bagian kecil, lalu lelehkan coklat dengan mentega pada panci yang sama. Kemudian tambahkan garam dan aduk sampai coklat meleleh sempurna dan merata.

2. Sediakan Baskom

Siapkan baskom ukuran besar untuk, mengocok telur dan gula pasir. Kocok sampai berbusa (menegmbang). Kemudian masukkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan ke dalam adonan gula dan telur bersamaan dengan susu.

Aduk sampai benar-benar merata. Perlu diperhatikan saat mengocok gula dan telur harus sampai benar-benar berbusa agar adonan brownies tidak gagal.

3. Masukkan Tepung Terigu

Jika adonan sudah diaduk sampai merata. Cara selanjutnya adalah masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu kedalam baskom yang berisi adonan, lalu aduk lagi hingga tercampur rata. Jika adonan sudah tercampur rata maka adonan siap untuk dituangkan ke loyang yang telah disediakan.

4. Siapkan Loyang Dan Tempat Mengukus Brownies

Kemudian siapkan 2 loyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega dan dilapisi kertas khusus kue yang bisa didapat di toko-toko bahan kue. Tuangkan adonan ke dalam 2 loyang tersebut. Siapkan tempat untuk mengukus brownies, bisa menggunakan panci yang diisi air lalu letakkan sarangan. Untuk meletakkan loyang berisi brownies yang akan di kukus.

Biarkan sampai air mulai menguap, lalu masukkan loyang yang berisi adonan brownies ke dalam panci tersebut. Kemudian tutup panci dan kukus brownies selama kurang lebih 20-30 menit atau sampai brownies benar-benar matang sempurna.

5. Siapkan Oven (Untuk Brownies Panggang)

Jika ingin membuat brownies panggang, maka siapkan oven dengan suhu 170 derajat celcius. Dan panggang sampai kurang lebih 45 menit. Setelah dipanggang diamkan dalam suhu ruang selama kurang lebih 15 menit. Agar dapat dihias dengan mudah.

Untuk hasil dari brownies panggang memang sedikit berbeda dengan brownies kukus. Brownies panggang memiliki tekstur yang lebih kering dan terkesan seperti bantet atau tidak mengembang. Sedangkan brownies kukus lebih lembut dan dan mengembang.

6. Hias Brownies Yang Telah Matang, Dan Sajikan

Setelah brownies matang maka selanjutnya hias brownies dengan coklat dan mentega yang telah dilelehkan sebelumnya. Kemudian tumpuk dengan brownies lainnya. Bisa juga mengoleskan whip cream dan taburkan keju parut di atasnya agar brownies terlihat semakin menarik.

Kalau tidak suka keju, bisa diganti dengan meses atau choco chip. Iris brownies menjadi beberapa bagian dan letakkan di piring yang telah disediakan. Brownies siap untuk disantap bersama dengan keluarga

Itulah cara membuat brownies untuk cemilan di rumah bersama keluarga baik saat santai bahkan saat kumpul keluarga menyediakan brownies memang pilihan tepat. Tak disangka ternyata cara membuat brownies sederhana bukan? Cara membuat brownies juga bukan hanya dikukus tapi bisa juga dipanggang. Jadi pilihlah sesuai dengan selera masing-masing.


3:21:00 AM