Bahan dan Cara Membuat Capcay Dengan Mudah Namun Tetap Lezat




cara membuat capcay

Cara Membuat Capcay Dengan Mudah - Capcay merupakan makanan yang terbuat dari berbagai jenis sayur. Meskipun terbuat dari berbagai jenis sayur cara membuat capcay tetap mudah dan praktis. Makanan ini berasal dari Tiongkok yang umum disebut chinese food. Karena terbuat dari berbagai jenis sayuran capcay merupakan makanan yang bergizi untuk dikonsumsi.

Cara membuat capcay sendiri terdiri dari 2, yaitu capcay kuah dan juga capcay goreng. Semua tergantung dengan selera masing-masing ingin membuat capcay goreng atau capcay kuah. Jika ingin membuat capcay, baik kering atau capcay kuah simak cara membuat capcay dengan mudah tapi tetap lezat dibawah ini.

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum mengetahui cara membuat capcay, sebaiknya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Mulai dari sayuran sampai bumbu-bumbu harus disiapkan agar tidak kekurangan satupun saat proses memasak. Pada umumnya bahan untuk membuat capcay kuah dan capcay goreng sama saja, tidak ada bedanya. Penasaran? Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat capcay :

Bahan-Bahan

  • 1 buah kembang kol
  • 1 ikat sawi putih
  • Garam secukupnya
  • 1 ikat sawi hijau
  • 2 sdm margarin
  • 1 buah brokoli
  • 1 buah wortel
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 4 buah bakso sapi
  • 1 buah bawang bombay
  • Telur puyuh secukupnya
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm tepung maizena
  • Merica bubuk secukupnya
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Capcay

Nah jika semua bahan yang dibutuhkan telah disiapkan, maka saatnya untuk mempraktekkan cara membuat capcay dengan mudah namun tetap lezat. Ikuti sesuai dengan tata cara yang ada, sehingga dapat dipastikan rasa dari capcay akan lezat dan menggugah selera makan. Berikut cara membuat capcay yang mudah untuk dijadikan menu makanan di rumah  :

1. Potong Sayuran

Sebelum dipotong-potong, cuci semua sayuran sampai bersih terlebih dahulu. Lalu sayuran yang sudah dicuci bersih, potong sesuai dengan selera. Jika sudah dipotong-potong sisihkan sayuran dan bahan penunjang lainnya seperti bakso dan telur puyuh yang sudah dikupas kulitnya.

2. Haluskan Bumbu

Sebelum memasak sayuran, haluskan dulu bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan juga merica bubuk. Setelah bumbu halus, siapkan penggorengan yang telah dipanaskan dengan api sedang dan masukkan margarin secukupnya. Tumis bumbu halus sampai harum dan tambahkan irisan bawang bombay.

3. Masak Sayuran Yang Keras Terlebih Dahulu

Masukkan air secukupnya kedalam penggorengan yang telah panas dan berisi bumbu halus. Biarkan sampai air mendidih, lalu kemudian masukkan beberapa sayuran yang keras terlebih dahulu seperti wortel, kembang kol, dan brokoli. Lalu masak hingga sayuran empuk. Mendahulukan sayuran yang keras terlebih dahulu itu penting, agar sayuran yang lain seperti sawi tidak akan terlalu layu jika dimasak terlalu lama.

4. Masukkan Sayuran Yang Lain

Jika wortel, kembang kol, dan brokoli sudah empuk, selanjutnya masukkan sisa sayur yang lain juga masukkan irisan bakso dan telur puyuh. Kemudian masak sampai sayur capcay matang merata, kemudian masukkan saus tiram, gula, garam, merica bubuk, dan penyedap rasa secukupnya sampai rasa yang didapat pas. Aduk terus sampai bumbu meresap dan sayur capcay matang dengan sempurna. Jika sudah matang, matikan api sambil terus diaduk.

5. Larutkan Maizena

Jika ingin mendapatkan kuah yang kental, maka larutkan tepung maizena dengan air mineral. Tuangkan larutan tepung maizena ke dalam capcay, dan aduk hingga kuah mengental. Tapi jika tidak ingin kuah yang kental tidak perlu menggunakan tepung maizena. Begitu juga jika ingin membuat capcay goreng, tidak perlu terlalu banyak air dan tidak membutuhkan tepung maizena.

6. Sajikan Capcay Ke Dalam Mangkuk

Nah yang terakhir kalau capcay yang sudah matang, bisa disajikan ke dalam mangkuk. Jika ingin mempercantik tampilan dan juga suka dengan bawang goreng, bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya agar rasa capcay semakin nikmat.

Itulah cara membuat capcay yang mudah tapi tetap lezat untuk dijadikan menu makanan di rumah. Selain banyak gizi yang terkandung dari berbagai jenis sayuran yang digunakan, nafsu makan pun jadi semakin bertambah. Jika ingin menambahkan seafood seperti, udang, cumi, atau yang lainnya bisa saja, itu semua tergantung selera. Bahkan kalau ditambah dengan seafood maka capcay akan semakin nikmat dan lezat. Tapi jika ingin menggunakan seafood, harus benar-benar dicuci dengan bersih agar capcay tidak bau amis.


3:12:00 AM