Bahan dan Cara Membuat Empek Empek Palembang Serta Kuah Cukanya




cara membuat empek empek

Cara Membuat Empek Empek Palembang - Makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah empek empek, apalagi yang berasal dari Palembang. Empek empek palembang terkenal dengan cita rasa yang khas dan sangat enak. Untuk yang jauh dari Palembang, tidak perlu pusing karena empek empek Palembang dapat dibuat di rumah sendiri. Hal pertama yang harus diketahui adalah bahan dan cara membuat empek empek Palembang serta kuah cukanya.

Bahan Pembuatan Empek Empek Palembang

Cara membuat empek empek palembang yang enak dan nikmat harus menyiapkan beberapa bahan yang wajib ada. Bahan-bahan ini berpengaruh dengan rasa yang ada pada empek empek setelah jadi nanti. Sehingga jika ada bahan yang kurang, tentunya akan mengurangi keenakan dan kenikmatan empek empek. Berikut bahan pembuatan empek empek Palembang yang enak dan nikmat:

1. Bahan Empek Empek Palembang

Bahan ini merupakan bahan pokok wajib saat ingin mempraktekan cara membuat empek empek palembnag yang enak dan nikmat. Jadi bahan ini harus dipersiapkan dan tidak boleh terlewat sedikitpun. Berikut bahan pokok dalam pembuatan empek empek pelembang yang enak dan nikmat:
  • Daging ikan tenggiri (Giling Halus) 1 kg
  • Tepung terigu kualitas baik 1 kg
  • Garam halus 1 sdt
  • Penyedap rasa 1 ½ sdt
  • Air es sekitar 250 ml
  • Air bersih di rebus (Secukupnya)
  • Minyak untuk menggoreng (Secukupnya)

2. Bahan Kuah Cuka (Cuko) Palembang

Selain bahan pokok pembuatan empek empek, cara membuat empek empek palembang haruslah mempersiapkan bahan kuah cuka juga. Agar selain menghasilkan empek empek yang enak dan nikmat tetapi juga menghasilkan kuah cuka yang menggugah selera. Berikut bahan pembuatan kuah cuka empek empek Palembang:
  • Air bersih ¾ liter
  • Air asam jawa 60 gram
  • Cabe rawit halus 100 gram
  • Bawang putih cincang halus 140 gram
  • Ebi kering bubuk 1 sdm
  • Gula merah disisir halus 250 gram

Cara Membuat Kuah Cuka Empek Empek Palembang

Cara membuat empek empek palembang yang enak dan nikmat haruslah mampu membuat kuah cukanya juga. Setelah mempersiapkan bahan pembuatan kuah cuka, berarti sudah siap mempraktekkan cara membuat kuah cuka palembang yang menggugah selera. tentunya jika semua cara diikuti dengan benar.

Dalam bahan dari cara membuat empek empek palembang yang wajib ada adalah gula aren. Karena gula aren sangat berpengaruh dengan rasa dan warna dari kuah cuka (cuko) empek empek. Dengan menggunakan gula aren dapat dipastikan cuka akan berpenampilan menggugah selera. Berikut cara membuat kuah cuka empek empek Palembang:
  • Pertama siapkan wadah. Lalu masukan air, gula merah dan asam jawa. Hidupkan kompor, rebus hingga mendidih.
  • Berikutnya, masukan cabe rawit hijau, bawang putih, ebi serta garam. Aduk sampai merata
  • Yang terakhir, setelah mendidih angkat. Biarkan menjadi hangat.

Cara Membuat Empek Empek Palembang

Setelah semua bahan siap dan cuka juga telah siap, barulah bisa mempraktekkan cara membuat empek empek Palembang. Degan mengikuti semua panduan dapat dipastikan akan menghasilkan empek empek yang enak dan nikmat. Berikut cara membuat empek empek Palembang:

1. Mengulen Adonan

Cara membuat empek empek palembang yang pertama dengan menyiapkan wadah. Lalu masukan ikan, penyedap rasa, garam dan air es. Campurkan daging giling, setelah itu aduk sampai rata. Berikutnya masukan tepung sedikit demi sedikit. Ulen adonan hingga kalis.

2. Merebus Adonan

Selanjutnya adonan yang telah diulen diambil sedikit lalu bentuk sesuai selera.  Adonan empek empek yang telah dibentuk dimasukkan dalam air mendidih. Tunggu hingga mengapung yang menandakan telah matang. Angkat dan tiriskan. Empek empek yang telah direbus sudah bisa langsung disantap dengan kuah cuka. Namun untuk yang tidak menyukai jika hanya direbus, bisa digoreng.

3. Menggoreng Empek Empek

Yang terakhir dalam cara membuat empek empek palembang adalah menggoreng.  Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, masakan adonan dan goreng hingga matang tapi jangan terlalu garing. Karena empek empek palembang terkenal dengan ciri khas digoreng dengan tidak terlalu garing. Lalu angkat dan tiriskan. Empek empek Palembang enak dan nikmat siap disantap

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat empek empek Palembang beserta kuah cukanya. Dengan membuat sendiri empek empek akan menjamin kualitas bahan yang digunakan dan tentunya akan jauh lebih hemat. Makanan ini sangat cocok untuk kumpul keluarga dan acara lainnya. Selain itu jika ditekuni, bisa menjadi mata pencaharian baru.


2:03:00 AM