Bahan dan Cara Membuat Gado Gado Siram dan Bumbu Pecel




cara membuat gado gado

Cara Membuat Gado Gado Siram - Seperti yang kita ketahui gado gado ialah makanan khas Indonesia yang cukup difavoritkan. Makanan dengan sebutan salad Indonesia ini terkenal karena selain nikmat cara membuat gado gado jugalah cukup mudah, apa lagi gado-gado siram. Hanya perlu menyiapkan bumbu kacang dan siramkan di atas semua bahan gado gado.

Bahan Yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Gado Gado Siram

Cara membuat gado gado siram membutuhkan bahan-bahan yang harus dipersiapkan. Tentunya bahan-bahan ini adalah penunjang dibalik kelezatan gado gado siram. Berikut bahan yang harus disiapkan untuk membuat gado gado siram:

1. Sayur-Sayuran Dan Bahan Tambahan

Selanjutnya adalah menyiapkan sayur-sayuran dan bahan tambahan lainnya. Gado gado terkenal dengan nama keren Salad Indonesia karena menggunakan banyak sayuran. Berikut beberapa sayuran dan bahan tambahan lainnya yang dipakai untuk membuat gado-gado siram:
  • Sayuran Hijau seperti Kangkung, bayam, Salada, kubis, tauge dan kacang panjang (direbus lalu diiris)
  • Kentang dipotong kecil-kecil (direbus)
  • Telur diiris kecil (dikupas dahulu)
  • Tahu dan tempe potong dadu (digoreng)
  • Mentimun potong kecil.

2. Lontong Dan Kerupuk

Cara membuat gado gado siram yang nikmat juga memerlukan bahan pendukung yaitu lontong dan kerupuk. Karena lontong dianggap dapat menggantikan nasi yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain lontong, kerupuk merupakan bahan pelengkap yang merupakan makanan merakyat. Ditambah bawang merah digoreng, gado gado akan menggugah selera.

Cara Membuat Bumbu Kacang Untuk Gado Gado Siram

Cara membuat gado gado haruslah menyiapkan bahan-bahan. Salah satu bahan pokok dan wajib ada saat membuat gado gado adalah kacang. Karena itu tidak boleh asal-asalan saat menyiapkan kacang untuk gado gado. Berikut cara membuat bumbu kacang untuk gado gado siram:

1. Pemilihan Kacang

Biasanya kacang yang paling sering digunakan untuk gado gado yaitu kacang tanah. Kacang tanah harus dihaluskan dan tanpa kulit. Jika masih ada kulitnya, terpaksa harus dikuliti terlebih dahulu. Cara membuat gado gado tidak akan bisa jika kacang yang disiapkan tidaklah sesuai, karena tentunya akan mempengaruhi rasa.

2. Seduh Kacang

Jika kulit masih ada di kacang, kacang harus diseduh terlebih dahulu untuk membuang kulitnya. Dengan merebus kacang, kulit akan jauh lebih mudah untuk dikupas. Jika tidak ingin merebus kacang, cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menyangrai kacang sampai setengah matang.

3. Goreng Kacang

Mematangkan kacang dengan cara digoreng akan jauh lebih enak rasanya dibandingkan dengan dioven atau sangrai. Namun haruslah diperhatikan, jangan sampai kacang berwarna terlalu coklat, karena akan membuat tampilan gado gado terasa jadi kurang menarik.

4. Kacang Dihaluskan

Cara membuat gado gado siram selanjutnya kacang yang telah digoreng didinginkan di wadah. Lalu siapkan gula aren atau gula merah, cabe, terasi, garam (Sesuai Selera). Serta perasan jeruk nipis dan air untuk mengencerkan bumbu kacang.

Lalu semua bahan untuk membuat bumbu kacang dicampur dan diuleg secara tradisional. Karena jika memakai blender akan membuat rasa yang kurang nikmat. Alat tradisional tersebut bernama cobek atau ulekan.

Cara Membuat Gado Gado Siram

Setelah semua bahan telah siap barulah bisa mempraktekkan cara membuat gado gado siram. Membuat gado gado tidaklah sulit karena bahan-bahannya cukup mudah didapatkan. Berikut cara membuat gado gado siram:
  • Pertama potong lontong dan taruh di piring. Lalu tambahkan sayuran yang telah direbus tahu serta tempe yang telah digoreng.
  • Berikutnya siramkan bumbu kacang di atas semua bahan secara merata
  • Tambahkan bahan pelengkap seperti irisan timun dan juga kerupuk goreng serta taburi bawang merah goreng.

Cara Membuat Gado Gado Bumbu Pecel

Selain gado gado siram ada juga gado gado bumbu pecel. Dimana semua bumbu diulek dan langsung dicampurkan dengan bahan sayuran. Berikut cara membuat gado gado bumbu pecel:
  • Kacang, gula aren atau gula merah, cabe, terasi, garam diulek sampai halus.
  • Setelah itu tambahkan air sedikit dan masukan sayur-sayuran dan bahan pelengkap lainnya.
  • Udek-udek masih diatas ulekan sampai rata.
  • Letakkan di piring lalu diberi perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng.
Itulah bahan dan cara membuat gado gado, baik bumbu siram ataupun bumbu pecel. Makanan favorit masyarakat Indonesia ini terkenal dengan kenikmatan perpaduan antara bumbu kacang yang disiramkan ke sayur-sayuran dan bahan pelengkap lainnya.


1:49:00 AM