Bahan dan Cara Membuat Seblak Ceker Khas Bandung




cara membuat seblak

Cara Membuat Seblak Ceker Khas Bandung - Makanan pedas memang memiliki hati khusus di masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang lezat membuat banyak orang ketagihan dan ingin terus memakannya. Salah satu makanan pedas yang popular adalah seblak. Seblak adalah makanan enak yang banyak sekali disukai orang tidak heran bila banyak kedai seblak yang bermunculan. Tapi sebenarnya jika ingin menikmati seblak tidak perlu membelinya di luar, karena cara membuat seblak sangatlah mudah apalagi seblak ceker ayam, siapa saja bisa mencobanya di rumah. Berikut ini bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan Membuat Seblak Ceker

Sebelum mengetahui cara membuat seblak ceker khas Bandung langka awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak. Bahan itu antara lain:
  • Ceker ayam. Bahan utama jika ingin membuat seblak ceker ayam adalah ceker ayam yang sudah dibersihkan. Dalam satu buah porsi seblak ukuran besar setidaknya dibutuhkan 6 ceker ayam.
  • Telur ayam. Untuk memuat seblak ceker yang lezat dibutuhkan telur ayam yang dikocok. Dalam satu porsi seblak dibutuhkan telur ayam sekitar 2 sampai 3 butir. Hindari penggunaan telur bebek karena bau seblak akan amis.
  • Bahan pelengkap. Untuk membuat seblak yang enak harus ditambahi dengan berbagai macam bahan pendukung. Misalnya saja seperti sosis, kerupuk bawang dan lainnya. semakin banyak bahan yang digunakan akan membuat seblak semakin spesial.
  • Bahan untuk bumbu. Tentunya banyak bumbu yang dibutuhkan untuk membuat seblak yang enak. Bumbu itu antara lain daun bawang kecap manis kental, gula pasir agar seblak ceker enak. Tidak lupa diberi merica, minyak, cabai, bang merah dan putih, kencur dan garam.
  • Sayuran. Bagi yang suka makan sayuran maka isi seblak bisa ditambahi dengan sayuran yang disukai. Tentunya jumlah sayuran yang dibutuhkan disesuaikan dengan kebutuhan dan porsi makan. Jangan sampai terlalu banyak sayur sehingga kuah seblak kurang.

Cara Membuat Seblak Ceker

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat seblak ceker yang enak. Langkah itu harus dilakukan secara runtut, di antaranya:

1. Pembuatan Kerupuk Seblak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merendam kerupuk bawang di dalam air panas hingga Kenyal. Krupuk bawang yang kenyal akan membuat seblak menjadi nikmat dimakan. Rendamlah selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sebelum diolah.

2. Pengolahan Ceker

Selanjutnya adalah pengolahan ceker dimana yang menjadi bahan paling penting dalam pembuatan seblak ceker. Pertama ceker harus dicuci hingga bersih kemudian di rebus di air mendidih sampai matang dan empuk, kemudian tiriskan.

3. Persiapkan Bumbu Untuk Seblak

Seblak yang enak tentunya terbuat dari bumbu yang enak pula. Untuk membuat bumbu seblak dilakukan dengan cara, menguleg bawah merah, bawang putih dan bumbu lainnya hingga halus. Kemudian siapkan wajah dan diberikan sedikit minyak untuk mengaduk-aduk bumbu tadi sampai wangi.

4. Masukan Bahan Utama Kedalam Wajan

Setelah semua bumbu siap, maka tuangkan kocokan telur kedalam adonan kemudian orak arik hingga matang. Beri air secukupnya kedalam wajah dan masukan kerpuk yang sudah kenyal tadi serta masukan sosis yang sudah dipotong sampai tercampur secara merata.

Selanjutnya masukan rebusan ceker yang sudah matang dan meresap bumbunya. Tidak lupa berikan bumbu yaitu haram, gula, kecap dan merica kemudian aduk sampai rata.

5. Beri Taburan Bawang

Seteah semua bumbu meresap dan matang, maka tiriskan seblak yang sudah masuk tadi ke dalam mangkuk. Tatalah seblak dalam mangkuk agar bisa indah dipandang dan tidak berceceran. Selanjutnya beri taburan daun bawang dan seblak ceker khas Bandung siap disajikan. Makan ketika seblak masih hangat akan menambah kelezatan ketika memakan seblak.

Sangat mudah bukan menerapkan cara membuat seblak ceker Khas Bandung? Resep ini bisa diterapkan untuk dikonsumsi sendiri atau dijadikan resep untuk berjualan. Yang paling penting ketika membuat menu seblak adalah kelengkapan bumbu yang digunakan, semakin lengkap bumbu maka seblak akan semakin enak.

Untuk isi seblak sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan. Isi seblak bisa bermacam-macam misalnya saja bakso, tahu, siomay goreng dan lainnya. pastikan porsi seblak yang dibuat jangan terlalu banyak agar nantinya tidak terbuang sia-sia.


5:46:00 AM