Beberapa Hal Mengenai Ip Address dan Cara Merubah Ip Komputer Dengan Mudah




cara merubah ip komputer

Cara Merubah Ip Komputer - IP Address pada merupakan alamat yang ada pada suatu jaringan di komputer. Sehingga dapat dilacaknya lokasi pengguna komputer tersebut. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang berusaha mencari tahu cara merubah IP Komputer. Karena dianggap jika IP Address diketahui, akan mengganggu kegiatan yang dianggap privasi.

Pengertian Ip Address Sebuah Komputer

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara merubah Ip Komputer haruslah paham mengenai apa itu Ip Address sebuah komputer. Internet Protocol Anddres (IP Address) adalah suatu deret angka biner yang tersusun dengan kisaran antara 32 bit hingga 128 bit. Yang digunakan sebagai alamat atau identitas pada tiap-tiap komputer. Penggunaan angkat dengan 32 bit hanya dipakai pada IP Address versi Ipv4 dan untuk angkat 128 bit hanya khusus bersi Ipv6.

Semakin tinggi bit Ip Address sebuah komputer, tentu membuat koneksi internet jauh lebih cepat. Maka dari itu hadir versi Ipv6 untuk menggantikan Ipv4. Selain IP Addres, ada juga istilah DNS Server serta DHCP Server. Semua istilah itulah yang berperan sangat penting yang menunjang pemakaian komputer. DHCP Server akan menerima IP Adress yang disetting otomatis, sedangkan DNS Server IP Address harus diseting manual.

Fungsi IP Address

Setelah paham pengertian IP Adress sebuah komputer, harus juga memahami fungsi utamanya, sebelum mengetahui cara merubah IP komputer. Ada 2 fungsi khusus yang mendasari penggunaan IP Address pada sistem komputer adalah keharusan. Berikut dua fungsi Ip Address:

1. IP Address Merupakan Alat Identifikasi Host

Perumpaan mudahnya adalah, jika sebuah komputer merupakan manusia, maka IP Address adalah nama yang dijadikan identitas utama dalam aktivitas keseharian (jaringan). Ada istilah host pada sistem jaringan komputer, yaitu penggunaan IP Address berguna untuk mengidentifikasi setiap host. Maka dari itu setiap host tidak boleh memiliki IP Address yang sama.

2. IP Address Merupakan Alamat Lokasi Suatu Jaringan

Cara merubah IP komputer harus dengan memahami dulu fungsi Ip address yang terakhir ini. Selain identitas host, IP Adress juga berguna sebagai alamat lokasi jaringan. Sehingga penamaan IP Adress akan memberikan informasi dari manakah komputer atau host berasal. Maka dari itu terjadi pelanggaran di media sosial akan mudah dilacak karena adanya IP Address disetiap jaringan komputer.

Cara Merubah Ip Komputer Secara Otomatis

Untuk mendapatkan Ip Address bisa dengan cara otomatis, jadi tidak perlu mencari tahu cara merubah Ip Komputer secara manual. Harus terhubung dengan PC yang menggunakan layanan DHCP. Sehingga tidak perlu repot mengganti settingan manual Ip address pada komputer. Cara berikutnya cukup klik opsi Obtain an Ip address automatically.

Jika tidak mengetahui layanan DHCP merupakan hal yang ditemui saat penyediaan hotspot wifi gratis. Seperti di cafe ataupun di kampus, jadi tidak perlu mengganti alamat ip komputer dan bisa langsung terhubung di Internet.

Cara Merubah Ip Komputer Secara Manual

Bisanya merubah ip komputer karena jaringan tidak mampu melakukan komunikasi sebagai mana mestinya. Tentu hal ini akan menghambat berbagai macam hal termasuk urusan pekerjaan. Cara merubah ip Komputer sebenarnya cukup mudah, hanya perlu mengikuti beberapa langkah saja. Berikut cara merubah ip komputer yang mudah secara manual:

1. Buka Network And Sharing Center

Cara merubah ip komputer yang pertama adalah buka network and sharing center dengan cara meng klik kanan ikon jaringan. Letak ikon jaringan ada di bawah desktop sebelah kanan. Lalu pilih Open Network and Sharing Center.

Selain cara itu ada cara mudah lainnya, yaitu dengan membukanya melalui Run. Caranya cukup tekan tombol Windows + R lalu ketik control.exe/name Microsoft. NetworkAndSharingCenter dan kemudian tekan Enter.

2. Pilih Change Adapter Setting

Disini tinggal memilih adapter mana yang akan diganti alamat Ip nya. Seperti jika ingin mengganti Ip Address pada adapter LAN, hanya perlu pilih Ethernet. Misalkan ingin melakukan cara merubah ip komputer yang adapter terhubung dengan wifi. Hanya perlu klik kanan pada adapter Wifi, lalu pilih properties.

3. Menyimpan Semua Pengaturan

Cara merubah ip komputer yang terakhir adalah dengan cara mengklik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP,Ipv4). Lalu pilih Use The Following Ip address dan ketik Ip address yang sesuai keinginan. Isi pada Default gateway dan DNS server jikalau diperlukan. Barulah yang terakhir klik OK untuk menyimpan semua pengatura yang telah dirubah.

Itulah beberapa hal mengenai IP Address dan cara merubah Ip komputer yang mudah. Sangat disarankan untuk mengetahui hal mengenai ilmu subnetting sehingga tidak asal mencoba saat mengganti IP Address komputer yang malah membuat koneksi PC terputus.


4:40:00 AM