Begini Cara Membuat Dadar Gulung dan Bahan Serta Peralatannya




cara membuat dadar gulung

Dadar gulung merupakan salah satu jajan tradisional yang masih eksis sampai sekarang, cara membuat dadar gulung pun terbilang mudah. Makanan tradisional yang berbahan dasar tepung terigu dan memiliki cita rasa manis ini yang membuatnya digemari banyak konsumen.

Selain itu dadar gulung sangat cocok disajikan saat acara-acara tertentu, seperti arisan, rapat, dan acara lain yang membutuhkan snack. Nah kalau mau membuat dadar gulung di rumah untuk cemilan nonton atau kumpul bersama keluarga. Berikut penjelasan bahan, peralatan dan cara membuat dadar gulung sederhana yang mudah dilakukan.

Bahan Dan Peralatan Yang Dibutuhkan

Dadar gulung pada umumnya berisi kelapa yang disangrai bersama gula merah atau gula putih. Tapi saat ini sudah banyak varian untuk isi dadar gulung tersebut bisa berisi parutan kelapa sampai daging yang dicincang. Bahkan warna dan bentuknya juga beraneka ragam. Namun jika ingin coba membuat dadar gulung sederhana dan dengan cita rasa tradisional di rumah. Berikut bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Bahan-Bahan

  • 150 gram tepung terigu
  • 200 gram kelapa parut
  • 1 butir telur ayam
  • Pewarna makanan pilih sesuai selera warna umum dadar gulung hijau, tapi jika ingin mencoba warna lain misalnya kuning, merah muda, atau warna lain silakan.
  • 100 gram gula, bisa menggunakan gula merah untuk hasil isian yang lebih pekat atau gula putih untuk hasil yang tidak terlalu pekat.
  • 200 ml air
  • 200 ml santan kental
  • Garam secukupnya
  • 1 sachet vanili sebagai penambah aroma
  • Minyak sayur atau margarin secukupnya untuk mengolesi teflon

Peralatan

  • Teflon ukuran kecil (jika ingin ukuran dadar gulung yang lebih besar, bisa menggunakan teflon sedang)
  • 2 buah baskom
  • Centong
  • Piring untuk menyajikan

Cara Membuat Dadar Gulung

Kalau bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan dadar gulung sudah disiapkan. Maka yang selanjutnya adalah mempraktekkan cara membuat dadar gulung tradisional yang mudah. Berikut cara membuat dadar gulung yang mudah dilakukan di rumah :

1. Membuat Isian Dadar Gulung

Sebelum membuat dadar gulung terlebih dahulu membuat isian dadar gulungnya. Letakkan panci atau wajan di atas kompor, masukkan air dan masak hingga mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan gula dan aduk hingga mengental. Kalau sudah mengental masukkan parutan kelapa dan juga vanili, aduk sampai parutan kelapa tercampur rata dengan air gula.

Aduk terus sampai air menyusut (kering) kurang lebih 30 menit untuk proses pematangan isiannya. Bila sudah matang pindahkan ke baskom, dan sisihkan terlebih dahulu.

2. Membuat Adonan Kulit Dadar Gulung

Siapkan baskom berukuran besar, lalu masukkan tepung terigu, garam, santan, dan pewarna makanan secukupnya ke dalam baskom. Aduk sampai semua bahan tercampur rata, kalau sudah tercampur rata masukkan 1 butir telur dan aduk lagi sampai merata.

3. Masak Adonan Kulit Dadar Gulung

Panaskan teflon yang sebelumnya sudah diolesi minyak makan atau margarin secukupnya dengan api sedang. Jika ingin mendapatkan hasil kulit dadar gulung yang berpori, maka teflon harus benar-benar panas. Kalau tidak panas maka hasilnya kulit akan mulus dan tidak berpori.

Kemudian masukkan satu centong adonan kulit dadar gulung. Putar teflon sampai adonan tipis dan melebar memenuhi teflon. Tunggu kurang lebih 5 menit sampai kulit dadar gulung benar-benar matang.

4. Isi Kulit Dengan Isian Yang Telah Matang

Kulit dadar gulung yang sudah selesai dimasak, siap untuk diisi dengan isian yang sebelumnya sudah disisihkan. Letakkan satu sendok makan isian parutan kelapa diatas kulit dadar gulung. Kemudian lipat sisi kanan dan kiri dekat isian parutan kelapa, dan gulung sampai isian tertutup rapat.

5. Penyajian Dadar Gulung

Dadar gulung yang sudah diisi dengan isian parutan kelapa yang sudah matang merupakan tahap terakhir dari cara membuat dadar gulung. Itu berarti dadar gulung sudah siap untuk disajikan. Letakkan dadar gulung yang sudah jadi di atas piring.

Untuk mempercantik tampilan bisa meletakkan irisan daun pandan di atas dadar gulung. Jika suka dengan susu, bisa menyiram susu kental manis di atas dadar gulung yang sudah matang.

Itulah cara membuat dadar gulung dengan mudah. Gampang bukan? Jika bisa membuatnya sendiri dirumah, mengapa harus membeli di luar? Selain bisa berkreasi sendiri, rasa dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri.


2:36:00 AM