Beginilah Cara Merubah Gambar Menjadi PNG Yang Mudah dan Cepat




cara merubah gambar menjadi png

Cara Merubah Gambar Menjadi PNG - Biasanya sebuah foto atau gambar akan lebih sering memiliki format gambar jpg. Namun ternyata format jpg lambat laun akan mengalami penurunan kualitas atau ukuran filenya. Tentu saja kadang hal ini sedikit merepotkan. Untuk mendapatkan file gambar yang ukurannya tetap, maka bisa saja diubah ke format png. Lalu bagaimanakah cara merubah gambar menjadi png?

Cara Merubah Gambar Menjadi PNG Secara Online

Kini telah banyak situs-situs online yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara merubah gambar menjadi PNG. Menggunakan situs online ini memang dapat dikatakan sangat mudah, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan terdukung jaringan internet yang aktif. Apalagi kebanyakan situs pengubah gambar ke PNG ini tidak berbayar alias free. Bagaimanakah cara merubah gambar menjadi png secara online? Berikut ini ulasannya.

1. Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet

Tentu saja hal pokok yang perlu dilakukan saat akan mengubah format gambar secara online adalah memastikan komputer terhubung ke jaringan internet. Jika tidak ada data seluler, situs converter juga bisa dibuka dengan memanfaatkan jaringan wifi aktif atau sejenisnya.

2. Membuka Situs Converter Online

Perlu diketahui bahwa untuk merubah gambar ke png terdapat banyak situs yang bisa dimanfaatkan. Misalnya jpg2png, convertio, iloveimg, dan masih banyak lagi lainnya. Silahkan pilih situs yang kiranya menawarkan langkah-langkah converter yang praktis.

Selain itu jangan lupa untuk memilih situs yang tidak mudah down sehingga dapat melakukan converter dengan baik. Jika sudah menemukan situs converter yang tepat, silahkan masukkan ke laman google. Tunggu hingga muncul tampilan situs tersebut secara sempurna.

3. Memilih Berkas/Gambar Yang Akan Diubah

Saat tampilan situs sudah sempurna, silahkan memilih gambar yang akan diubah. Sebaiknya persiapkan dahulu berkas atau foto-foto yang akan diubah ke format png terlebih dahulu. Hal ini tujuannya untuk memudahkan pengguna saat akan mengunggah gambar. Misalkan dengan memberikan nama yang mudah dikelompokkan ataupun memasukkannya menjadi satu folder.

4. Mengunggah Berkas Yang Akan Diubah

Selanjutnya, jika sudah memilih gambar silahkan mengunggah gambar tersebut melalui menu yang telah tersedia. Bagi pengguna yang ingin memilih lebih dari satu foto, silahkan menekan tombol ctrl bersamaan dengan klik foto yang dipilih.

Biasanya masing-masing situs converter memiliki perbedaan pada tampilannya. Saat mengunggah berkas, pastikan koneksi internet lancar, sehingga proses pengunggahan gambar tidak akan membutuhkan waktu lama.

5. Mengubah Format Gambar

Inilah saat yang ditunggu-tunggu saat menerapkan berbagai cara merubah gambar menjadi png. Di tahap ini, pengguna tinggal memilih menu convert dan menunggunya sampai proses selesai.

6. Men-download Gambar

Jika pada tampilan situs sudah terdapat menu download, berarti kemungkinan besar gambar yang akan diubah tadi sudah selesai. Artinya, pengguna tinggal mendownload gambar-gambar yang telah berformat png tersebut secara gratis. Jika ingin langsung mendownload semua gambar, silahkan klik menu download all. Sangat mudah, bukan?

Nantinya gambar yang diunduh akan berada pada folder berbentuk ZIP. Para pengguna dapat mengestrak untuk mengubah ke folder biasa. Caranya yaitu dengan meng-klik dua kali pada folder lalu extract dan extract all.

Cara Mengubah Gambar Menjadi PNG Secara Offline

Adanya berbagai situs converter online memang sangat menguntungkan. Namun, cara merubah gambar menjadi png ternyata juga dapat dilakukan secara offline yaitu dengan menggunakan berbagai aplikasi foto. Misalnya adobe photoshop, picsart dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini beberapa cara merubah gambar menjadi png secara offline dengan memanfaatkan aplikasi adobe photoshop.

Pertama pengguna perlu memastikan bahwa komputer telah dilengkapi dengan aplikasi adobe photoshop. Selanjutnya silahkan membuka aplikasi tersebut dan klik buka atau open dan pilih gambar yang akan diubah menjadi format png.

Jika gambar sudah dipilh, silahkan klik tombol ctrl+shift+e kemudian klik kanan pada menu magic eraser tool. Kemudian, pengguna bisa mengklik latar belakang gambar dan pastikan backgorund berubah menjadi kotak-kotak kecil. Biasanya kotak-kotak kecil tersebut akan berwarna abu-abu.

Jika latar belakang sudah menunjukkan warna seperti itu, maka tandanya gambar sudah dapat diubah menjadi png. Sangat mudah bukan? Namun jangan lupa untuk memastikan klik simpan sebagai atau save as dan pilih png pada bagian format file. Pada akhirnya klik simpan atau save untuk mengakhiri proses ini.


3:28:00 AM