Cara Buat Onde Onde Menjadi Lezat dan Nikmat Untuk Dihidangkan




Cara Buat Onde Onde Menjadi Lezat

Siapa sih yang tidak mengenal onde onde? Onde onde merupakan jajanan tradisional Indonesia. Setiap daerah pasti menjual makanan ini. Bahan utama dalam pembuatannya adalah tepung ketan. Berbentuk bulat dan kulit yang garing dengan taburan wijen dalam adonan. Cara buat onde onde ini sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Setelah adonan bulat dengan taburan wijen menjadi, tambahkan isi kedalamnya. Dulu, kita hanya mengenal onde onde dengan isian kacang hijau. Namun di zaman sekarang, onde onde telah menjadi makanan yang modern. Onde onde bisa diisi dengan cokelat, keju dsb. Penasaran cara buat onde onde menjadi lezat. Berikut caranya:

1. Persiapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan Dalam Buat Onde Onde

Bahan bahan yang diperlukan sebagai cara buat onde onde sangatlah mudah dicari dan gampang ditemukan di pasar/supermarket. Selain itu, bahan-bahan tersebut mempunyai harga yang terjangkau. Bahan membuat adonan onde onde terdiri dari dua, yaitu adonan luar/ kulit dan adonan dalam/ isian.

Adonan luar/ kulit terdiri dari gula pasir (75 gr), wijen (200 gr), tepung beras (75 gr), tepung ketan (500 gr). Kemudian vanili (1 sdt) dan air hangat (150 ml). Sedangkan adonan isi yaitu kacang hijau (250 gr), santan (100 ml), gula pasir (100 gr), garam dan vanili (1/2 sdt).

Semua bahan untuk pembuatan onde-onde dapat ditemukan dimana saja. Untuk para pemula yang ingin mencoba bisa menjadikan takaran ini sebagai referensi. Nah bagi yang sudah terbiasa membuatnya bisa menambahkan takaran ini menjadi 2x atau lebih.

2. Cara Buat Onde Onde Untuk Adonan Dalam/Isi Onde Onde

Cara buat onde onde yang pertama adalah membuat isian. Mengapa? Apabila isian onde onde telah siap maka akan dimasukkan kedalam kulit onde onde lalu digoreng. Cara ini lebih praktis dibandingkan mendahulukan pembuatan kulit onde onde. Pembuatan isi onde onde dapat beraneka ragam dimulai dari kacang hijau, cokelat atau keju. 

Apabila kita menggunakan isian kacang hijau, maka hal pertama yang dilakukan adalah merendam kacang hijau selama 1 jam. Tujuannya agar kacang hijau lebih mudah dimasak. Setelah masukkan kacang hijau kedalam panci, tambahkan gula, vanili, garam dan santan kelapa. Setelah dicampur kedalam panci, masak dengan api sedang serta diaduk secara perlahan. 

Aduk adonan secara perlahan dan terus menerus hingga kandungan air berkurang. Setelah matang, pindahkan adonan isian kedalam wadah agar suhu panas menghilang. Setelah suhu panas menghilang, bentuk isian menjadi bulat kecil 1 sendok serta padatkan. Ulangi cara ini sampai isian habis dan berbentuk bulat kecil.

3. Cara Buat Onde Onde Untuk Adonan Luar/Kulit Onde Onde

Setelah adonan isian menjadi, cara selanjutnya adalah membuat adonan luar/ kulit onde onde. Langkah pertama adalah campurkan tepung ketan, air, vanili, tepung beras dan gula pasir di satu wadah. Setelah itu aduk adonan hingga menjadi satu secara terus menerus sehingga terbentuknya adonan yang mudah dibentuk dan kalis. 

Jangan mencampurkan wijen di tahap ini. Mengapa? Kunci untuk membuat kulit onde onde menjadi garing rekatkan wijen pada saat adonan siap digoreng. Ketika adonan belum siap digoreng jangan pernah untuk mencampurkan wijen kedalam adonan.

4. Cara Menggoreng Onde Onde

Setelah adonan kulit dan isian terbentuk, saatnya onde onde siap digoreng. Sebelum melakukan penggorengan kita bisa mengisi kulit onde onde dengan isian kacang hijau yang telah dibentuk. Setelah menjadi satu dan berbentuk bulat, tahap selanjutnya adalah merekatkan wijen pada adonan bagian luar. Setelah itu onde onde siap digoreng. 

Goreng onde onde diatas minyak goreng panas dan tunggu onde onde berubah warna menjadi cokelat. Gunakan api sedang saat menggoreng onde onde. Mengapa? Agar onde onde bisa matang secara merata serta menghindari terjadinya kegosongan. Dalam tahap penggorengan ini kita harus menunggu selama 10 menit hingga onde onde siap disajikan.

5. Cara Menyajikan Onde Onde

Setelah onde onde sudah digoreng, hal terakhir yang dilakukan adalah menyajikan onde onde agar terlihat menarik. Sajikan onde onde diatas piring yang cantik, letakkan onde onde secara rapi dan sesuai selera. Tambahkan sentuhan daun pandan diatasnya agar membuat tampilan onde onde menjadi menarik dan cantik. 

Kita juga dapat menambahkan saus cokelat dan saus keju sebagai cocolan saat memakan onde onde. Dengan begini akan membuat onde onde yang kita buat menjadi lezat loh. 

Nah itulah cara buat onde onde menjadi lezat. Kita bisa mempraktikan cara ini dirumah dan bisa menyajikan makanan ini untuk keluarga. Selain bahan-bahan yang mudah didapat, ternyata pembuatan onde onde sangat mudah. Siapa pun bisa memasaknya. Gunakan kreatifitas dalam penyajian, agar membuat tampilannya semakin menarik untuk dimakan. Selamat mencoba!


1:35:00 AM