Cara Budidaya Ayam Bangkok Yang Baik dan Benar




cara budidaya ayam bangkok

Cara Budidaya Ayam Bangkok - Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ternak yang banyak dipelihara karena dianggap menguntungkan. Meski begitu banyak yang belum tahu cara cara membudidayakannya. Untuk itu berikut akan dijelaskan bagaimana cara budidaya ayam bangkok yang baik dan benar. Diantaranya:

1. Pilih Indukan Yang Bagus

Cara budidaya ayam bangkok yang pertama tentu dengan memilih indukan yang bagus. Untuk mendapatkannya, bisa langsung datang ke peternak yang menyediakannya. Namun sebelum itu, ada beberapa ciri-ciri indukan bagus yang harus diketahui. Ini penting agar nantinya tidak salah memilih indukan untuk budidaya.

Ciri utama indukan ayam bangkok yang bagus adalah memiliki gerakan yang lincah. Selain itu pilih yang tidak memiliki catat pada tubuhnya. Untuk lebih praktis, biasanya peternak sudah menyiapkan indukan unggul dimana itu adalah sepasang ayam bangkok juara. Jadi untuk yang ingin repot mencari, bisa memilih cara ini.

2. Mempersiapkan Kandang

Jika sudah menemukan indukan yang bagus, cara budidaya ayam bangkok yang kedua adalah mempersiapkan kandang. Untuk kandang ini sendiri ada beberapa type yaitu kandang umbaran atau kandang kawin dan kandang postal atau kandang penetasan. Selain itu ada pula kandang tidur khusus untuk ayam beristirahat di malam hari.

Selain jenis kandang, ada beberapa kriteria kandang yang sangat dianjurkan yaitu kandang minimal berjarak 5 meter dari kandang lain. Ini berlaku jika mempunyai hewan peliharaan lain. Selain itu perhatikan pula sirkulasi serta kontur tanah yang digunakan. Dan yang paling penting beri pembatas kandang agar ayam tidak kabur kemana-mana.

3. Proses Pemberian Pakan

Jika indukan sudah bertelur dan anak ayam sudah menetas, maka langkah berikutnya adalah proses pemberian pakan. Untuk pemberian pakan sendiri bisa dilakukan jika bibit ayam sudah berusia lebih dari 2 hari. Ini karena setelah menetas anakan ayam masih mendapatkan nutrisi dari kuning telur yang masih menempel pada kulit mereka.

Untuk pakan sendiri, bisa menggunakan pur. Untuk mendapatkannya bisa langsung membeli di toko yang khusus menyediakan pakan ternak. Namun jika anakan ayam masih berumur 1-2 hari bisa memberinya air saja. Dan untuk takarannya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Pemberian Vitamin Atau Suplemen Tambahan

Sama seperti budidaya ternak lainnya, budidaya ayam bangkok juga membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Salah satunya adalah pemberian vitamin atau suplemen tambahan yang baik. Ini penting agar nantinya tumbuh kembang bibit ayam bisa sesuai dengan harapan.

Nah untuk pemberian pakan sendiri selain menggunakan pur, bisa juga ditambahkan susu bubuk untuk bayi dengan takaran 1:5. Penambahan susu bayi bertujuan untuk membantu pembentukan bulu, tulang, otot, dan bagian tubuh lainnya. Jadi jika ingin mendapatkan calon ayam bangkok yang bagus, cara ini bisa diterapkan.

5. Proses Cabut Bulu

Cara budidaya ayam bangkok selanjutnya dan tidak kalah penting adalah proses pencabutan bulu ayam. Ini karena ayam bangkok termasuk jenis ayam yang memiliki bulu lebat. Selain itu hal tersebut juga bertujuan untuk mengoptimalkan nutrisi dari asupan makanan setiap hari.

Proses pencabutan bisa dilakukan ketika ayam sudah menginjak usia 3 minggu. Untuk melakukan hal ini bukan semata-mata langsung mencabut bulunya, namun hanya memotong pada bagian ekor atau sayap saja. Selain itu pada usia 2 bulan, usahakan untuk selalu mencabut bulu yang rontok pada punggung dan leher. Ini bertujuan agar penyerapan nutrisi dari pakan bisa berjalan dengan sempurna.

6. Perawatan Lanjutan Untuk Anakan Ayam

Anakan ayam yang baru saja tumbuh tentu masih memiliki fisik yang lemah. Bahkan tidak jarang mereka terlalu aktif hingga mengganggu proses tumbuh kembangnya. Untuk itu perawatan dan perhatian intensif perlu dilakukan. Ini juga termasuk dalam cara budidaya ayam bangkok yang baik.

Agar anakan ayam tidak stres atau frustasi di dalam kandang, bisa sesekali mengeluarkannya ke area terbuka. Dan usahakan untuk memberikan waktu luang paling lama 30 menit. Dengan begitu nantinya anak ayam akan tetap sehat dan tumbuh menjadi ayam dewasa dengan kualitas terbaik.

Berdasarkan keterangan yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa tahapan atau cara budidaya ayam bangkok yang perlu diperhatikan. Ini penting agar nantinya proses budidaya bisa berjalan dengan lancar dan menjadi sumber penghasilan. Dan tentunya cara ini bisa dipelajari atau dipraktekkan langsung oleh pemula yang ingin mencoba bisnis ayam bangkok.


3:15:00 AM