Cara Kerja dan Cara Memasang GPS Mobil Ke HP




cara memasang gps mobil ke hp

Cara Memasang GPS Mobil Ke HP - Di era saat ini semua akan serba modern. Yang mana sistem pelacakan suatu barang dapat dengan mudah diketahui yaitu melalui GPS. Cara ini juga bisa digunakan untuk melacak posisi kendaraan. Untuk itu banyak sekali yang sudah menggunakan GPS pada kendaraan untuk mengetahui dimana keberadaan mobil bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu ada juga yang belum paham bagaimana cara memasang gps mobil ke hp. Sehingga sistem dari penggunaannya dapat terhubung langsung dengan satelit dan provider. Tidak hanya sebagai pengaman mobil, alat ini pun juga bisa digunakan sebagai pelacak dari mobil.

Penjabaran Tentang Cara Kerja Gps Mobil

Selain mengetahui spesifikasi akan produk gps yang telah dibeli, tentu sebelumnya juga harus mengetahui tentang cara kerja dari gps tracker mobil, agar bisa tahu apakah benda tersebut sangat butuhkan atau tidak. Berikut akan dibahas mengenai cara kerja gps :
  • Alat gps digunakan sebagai penerima informasi dari posisi koordinat bumi dari minimal tiga satelit.
  • Gms dalam alat gps akan mengirimkan melalui sinyal gprs melalui tower operator ke server yang ada
  • Dalam server semua posisi dari kendaraan akan diproses terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lokasi, mengirimkan alert, dan lain sebagainya.
  • Data posisi kendaraan bisa ditampilkan melalui web browser, aplikasi desktop, mobile clien browser pada handphone, atau aplikasi yang terdapat di ponsel.
Setelah mengetahui cara kerja dari gps, pasti akan banyak yang menggunakan sistem pelacakan suatu posisi. Namun banyak yang kurang paham bagaimana cara pemasangannya. Untuk itu berikut juga akan dibahas mengenai cara pemasangan gps mobil ke hp.

Proses Pemasangan GPS Mobil

Untuk mengetahui detailnya, seseorang akan membawa kendaraan pada ahlinya. Namun bagaimana jika pemasangan GPS bisa dilakukan sendiri. Berikut ini akan ada cara memasang GPS mobil ke hp. Sehingga pengendara bisa mencobanya melalui tahapan yang tepat :

1. Sediakan Komponen Yang Dibutuhkan

Pada tahap awal biasanya berbagai metode selalu dilakukan terlebih lagi pada komponen pendukung yang akan digunakan. Komponen tersebut berupa :
  • Persiapkan beberapa kartu perdana GSM yang dibutuhkan. Lalu letakkan pada tempat yang sudah disediakan di perangkat GPS.
  • Kabel penghubung
  • GSM antena
  • GPS antena
  • Relay dan microphone.
Dari komponen tersebut yang seharusnya dipersiapkan terlebih dahulu.

2. Pasangkan Komponen Yang Telah Ada

Pada pemasangan komponen GPS terlebih dahulu hubungkan kabel antena GPS ke perangkat GPS. Selanjutnya hubungkan juga GSM antena ke perangkat GPS begitu juga pada kabel microphone. Jika telah terhubung semuanya. Tahap selanjutnya dalam cara memasang gps mobil ke hp adalah hubungkan kabel relay ke bagian perangkat gps.

Dalam tahap ini ada 3 warna kabel yang berbeda yaitu merah, hitam dan biru. Dari ketiga kabel tersebut warna merah dan biru sambungkan pada kabel ignition/power. Sedangkan warna biru sambungkan pada kabel switch pintu. Jika sudah terhubung langkah selanjutnya yaitu.

3. Pemasangan Gps Di Mobil

Dengan pemasangan semua komponen yang dibutuhkan dalam gps tracker. Jika sudah terpasang seluruhnya maka gps traker bisa dijalankan dengan sistem online. Nah dari sini pengguna gps dapat menyambungkan ke hp. Yang mana cara memasang gps mobil ke hp sudah sering dilakukan oleh pengguna gps.

4. Sambungkan GPS Ke Hp

Setelah perangkat Gps tracker terpasang dengan benar, kini beranjak ke penyambungan media dimana hp menjadi salah satu media yang selalu dibawa kemanapun. Sehingga penggunaannya akan jauh lebih mudah dan efisien. Nyalakan perangkat gps di handphone yang akan digunakan secara otomatis perangkat akan terhubung.

5. Cek Kesesuaian GPS Yang Terhubung

Jika sudah terhubung semuanya, lakukan uji coba pengecekan. Dimana gps mobil yang telah terhubung melalui hp dapat digunakan dengan baik. Sebagaimana sistem pengoprasiannya tidak terjadi konsleting pada komponen perangkat gps. Cara memasang gps mobil ke hp ini dapat digunakan secara efektif dan aman.

Pastikan juga aplikasi atau server gpsnya yang terbaik atau bisa langsung bawaan pada pembelian gpsnya. Hal ini juga sangat penting agar tidak kebingungan mencari lagi aplikasi gps tracker mobil. Melainkan tinggal memakai dan mengoperasikan yang membuat mobil aman dari pencurian.


5:28:00 AM