Cara Melukis Tangan Dengan Henna Simple Yang Wajib Diketahui




cara melukis tangan dengan henna simple

Cara Melukis Tangan Dengan Henna - Henna di Indonesia biasanya digunakan saat acara pertunangan maupun acara pernikahan. Henna yang sering digunakan umumnya berwarna merah, hitam dan putih. Melukis tangan dengan henna memang tidak mudah, oleh sebab itu sebelumnya harus mengetahui bagaimana cara melukis tangan dengan henna simple.

Banyak motif henna yang bisa di aplikasikan di tangan. Ada beberapa motif henna berupa motif bunga, motif garis, motif gelang, motif kupu-kupu, dan lain-lain. Pilihlah motif yang simple untuk dilukis agar tidak ribet. Bagaimana cara melukis tangan dengan henna simple? Simak ulasannya di sini.

1. Menyiapkan Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan

Hal pertama kali yang harus dilakukan untuk melukis tangan dengan henna adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan berupa henna, gel semprot, lip balm, minyak kelapa ataupun minyak zaitun dan kain kasa. Sedangkan alat yang dibutuhkan berupa pencetak henna bila perlu, pengering rambut ataupun kipas angin. Untuk henna, pilihlah dalam bentuk pasta atau odol agar mudah dibentuk dengan warna yang disukai.

2. Mencuci Tangan

Setelah bahan dan alat yang dibutuhkan sudah tersedia, cucilah tangan terlebih dahulu. Gunakanlah sabun untuk mencuci kulit tangan yang akan diberi henna. Hal ini dilakukan agar minyak dan kotoran yang lengket pada kulit tangan dapat hilang. Selain itu, mencuci tangan ini dilakukan untuk mempermudah cara melukis tangan dengan henna simple. Jika sudah dicuci, keringkanlah tangan dengan menggunakan kain.

3. Meletakkan Ujung Henna di Atas Kulit Tangan

Langkah selanjutnya yaitu meletakkan ujung henna di atas kulit tangan yang ingin dilukis. Agar henna pasta atau  odol dapat keluar, tekanlah bagian atas henna secara lembut dan perlahan-lahan. Gunakanlah jari jempol dan telunjuk untuk menekan bagian tersebut.

Jika henna sulit untuk keluar, jangan menekannya secara paksa, tetapi besarkanlah lubang henna tersebut dengan gunting. Ukuran lubang jangan sampai kebesaran agar tidak menyulitkan proses pembuatan.

4. Lukislah Tangan

Lukislah tangan dengan menggunakan henna pasta ataupun odol. Pilihlah design atau motif simple yang menarik dan bisa untuk dilukis. Lihatlah beberapa referensi design ataupun motif dari internet. Kemudian, lihatlah beberapa tutorial cara melukis tangan dengan henna simple, dan ikuti caranya. Buatlah design atau motif sekreatif mungkin. Untuk lebih memudahkan proses pembuatan, bisa juga menggunakan pencetak henna yang telah disediakan.

5. Tunggu Lukisan Henna Hingga Kering Dan Semprotkan Gel

Setelah lukisan henna di tangan selesai, tunggulah hingga lukisannya mengering. Tapi perlu diingat, jangan sampai lukisan henna di tangan terlalu kering, karena bisa retak atau pecah. Setelah kering, semprotkanlah gel ke bagian tangan yang telah dilukis henna. Gel ini biasanya digunakan untuk menata rambut dan berbentuk botol pompa. Gel ini bisa didapatkan di toko terdekat.

6. Tunggu Gel Mengering Dan Balut Dengan Kain Kasa

Tunggulah gel hingga kering secara merata. Agar cepat kering gunakanlah pengering rambut ataupun kipas angin ke arah tangan yang dilukis. Setelah gel mengering secara merata, balutlah tangan tersebut dengan kain kasa secara perlahan.

Hal ini dilakukan untuk melindungi design ataupun motif yang telah dilukis. Untuk Hasil yang memuaskan, tutuplah semalaman atau lebih kurang selama 12 jam baru nanti bisa dibuka kembali.

7. Buka Balutan

Setelah dibalut selama semalaman dan lebih dari 12 jam, bukalah balutan kain kasa tersebut dengan pelan-pelan. Kemudian, berilah secara merata lip balm dan minyak kelapa atau minyak zaitun ke bagian tangan yang dilukis henna. Selanjutnya, rapikanlah serpihan henna yang berlebih dengan sabun dan tisu atau kain. Minyak kelapa atau zaitun diberikan untuk membuat henna agar lebih tahan lama.

Itulah cara melukis tangan dengan henna simple yang wajib diketahui. Cara ini bisa dicoba di rumah dengan menggunakan tangan sendiri ataupun orang lain. Cara tersebut juga bisa dicoba oleh para pemula yang baru belajar melukis henna di tangan. Untuk pemula gunakanlah pencetak henna yang simple yang sudah tersedia di pasaran. Sebagai informasi tambahan, melukis tangan dengan henna ini juga bisa dijadikan bisnis yang menghasilkan uang.


8:14:00 AM