Cara Memasang Behel Gigi di Rumah, Hal Yang Harus Disiapkan DanDiperhatikan




cara memasang behel gigi

Cara Memasang Behel Gigi di Rumah - Memakai behel merupakan salah satu cara untuk merubah penampilan seseorang. Langkah pemasangannya pun kini tidak harus pergi ke dokter. Jika hanya untuk fashion, ternyata bisa dipasang sendiri di rumah. Berikut uraian tentang persiapan, cara memasang behel gigi di rumah dan hal yang harus diperhatikan.

Yang Harus Disiapkan

Memasang behel gigi ada beberapa hal yang harus disiapkan. Pertama tentu saja behel gigi. Behel gigi untuk fashion yang dijual di pasaran sudah dirangkai dan siap dipakai. Oleh sebab itu pemakaian bisa dilakukan sendiri tanpa petunjuk dokter. Bahan yang dipakai mirip behel permanen, terbuat dari kawat khusus sehingga tidak akan berkarat.

Kedua siapkan pula tang atau gunting kuku. Perlu diketahui bahwa panjang kawat behel yang dibeli mungkin tidak sama dengan ukuran gigi pemakai. Inilah gunanya tang atau gunting kuku yaitu untuk memotong kelebihan kawat sehingga dapat pas saat dipakai. Lalu siapkan pula cermin agar bisa melihat dengan jelas bagian rongga mulut.

Langkah-Langkah Cara Memasang Behel Gigi

Setelah semua disiapkan bisa mulai memasang behel gigi. Ingat pemasangan behel ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi peradangan dan membahayakan kesehatan mulut dan gusi. Berikut ini langkah agar bisa memasang behel dengan aman dan nyaman

1. Pastikan Gigi Dalam Keadaan Bersih

Langkah pertama yang termasuk dalam cara memasang behel gigi adalah memastikan gigi dalam keadaan bersih. Caranya dengan menggosok gigi terlebih dahulu. Hal ini supaya tidak ada kuman atau noda yang menempel pada gigi. Kuman dan noda ini pasti akan merusak penampilan nantinya.

2. Siapkan Cermin

Cermin ini berguna untuk dapat melihat rongga mulut dan dapat dengan mudah memasang behel. Behel  akan dipasang dengan cara dikaitkan pada sela-sela gigi. Pada umumnya behel akan dikaitkan pada sela-sela gigi ke 1 atau ke 2 dari belakang.

3. Sesuaikan Ukuran Behel Dengan Gigi

Kawat Gigi yang dibeli biasanya ada yang belum dalam keadaan bengkok. Maka dalam kondisi ini segera bengkokkan dengan tang sampai membentuk huruf “L”. Kemudian sesuaikan dengan panjang antar sela gigi bagian kiri dan kanan. Sisakan kira-kira 1 cm untuk bagian yang akan dikaitkan menggunakan tang atau gunting kuku.

4. Pasang Behel

Pasang behel dengan cara menyelipkan ujung kawat behel pada sela-sela gigi paling belakang di bawah gusi. Sebaiknya pilih sela gigi yang masih rapat agar behel dapat kencang dan tidak longgar saat dipakai. Pasang bagian kanan dahulu lalu tarik ke ujung kiri dan tekan hingga merasa nyaman.

Jika merasa kurang nyaman misalnya karena behel yang terlalu panjang, dapat dipotong untuk disesuaikan dengan ukuran pemakai. Hal ini bisa dilakukan dengan tang atau pemotong kuku yang berukuran agak besar.

5. Atur Bracket (hiasan)

Setelah behel dirasa nyaman saat dipakai, bisa langsung mengatur bracket atau hiasan yang ada pada behel. Caranya hanya dengan menggeser geser sesuai posisi masing-masing gigi. Behel pun sudah terpasang dengan rapi untuk sedikit merubah penampilan.

Yang Harus Diperhatikan

Memasang behel sendiri di rumah bukan berarti tidak beresiko. Selain tidak atas anjuran dokter, pemasangan yang kurang berhati-hati dapat melukai gusi. Berikut yang harus diperhatikan saat memilih memasang behel sendiri di rumah.
  • Lepaskan behel di saat tertentu. Untuk menghindari munculnya bakteri pada behel, sebaiknya lepaskan behel pada saat-saat tertentu. Misalnya saat makan, sikat gigi atau saat beraktivitas padat. Pemasangan dan melepaskannya juga harus berhati-hati agar tidak melukai gusi.
  • Pilih bahan behel yang benar. Ketika membeli behel pilih behel dari bahan yang tepat. Seperti dari bahan kawat niti. Bahan ini dikenal telah teruji dalam bidang kedokteran sangat baik untuk dipakai pada mulut serta gigi. Kawat niti juga dinilai tidak mudah berkarat sehingga aman berada dalam mulut.
  • Rutin membersihkannya. Perlu juga untuk selalu rutin membersihkan behel. Apalagi behel akan ditempatkan pada rongga mulut yang dikenal mudah terkena bakteri. Cara membersihkan behel adalah dengan mencucinya dengan air hangat untuk membunuh bakteri tersebut. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin lalu keringkan seperti biasa.
Itulah uraian tentang cara memasang behel gigi di rumah. Termasuk apa saja yang diperlukan, langkah-langkah serta apa saja yang harus diperhatikan saat memasang behel sendiri di rumah. Memakai behel tentu bisa menambah lebih percaya diri karena sedikit merubah penampilan.


5:02:00 AM