Cara Memasang CCTV Tanpa Bantuan Teknisi




cara memasang cctv

Cara Memasang CCTV Tanpa Bantuan Teknisi - CCTV merupakan singkatan dari closed circuit television dimana kamera video sebagai sistem pengawasan suatu tempat tertentu. Penggunaan CCTV bersifat rahasia atau tertutup. Tujuan penggunaan CCTV yaitu mengawasi tempat yang membutuhkan pengawasan yang tidak terbatas. Cara memasang CCTV pun sangat mudah dilakukan. Bahkan pemasangan CCTV dapat dilakukan sendiri tanpa membutuhkan teknisi.

Sebelum memasang CCTV, pengguna harus tahu apa tujuan dari pemasangan CCTV tersebut. Pemilihan jenis CCTV juga perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemasangan CCTV dapat dilakukan oleh orang awam. Bagaimana cara memasang CCTV tanpa membutuhkan teknisi? Berikut akan diulas mengenai informasi selengkapnya.

1. Pilih Spot Kamera CCTV Terbaik

Pengguna CCTV harus tahu terlebih dahulu lokasi mana yang perlu diawasi oleh CCTV. Tentukan juga spot terbaik untuk menyimpan CCTV di lokasi tersebut. Sebaiknya, pilihlah spot untuk CCTV yang tidak diketahui orang lain. Spot terbaik untuk menaruh CCTV adalah dari atas dengan ketinggian sekitar 4 meter.

Beberapa kamera CCTV memiliki kelebihan anti air dan tahan cuaca. Walaupun begitu, simpan CCTV di tempat yang teduh. Penentuan spot CCTV sebaiknya terhindar dari paparan sinar matahari dan air untuk meminimalisir kerusakan komponen.

2. Siapkan Komponen Sistem CCTV

Setelah mengetahui tujuan penggunaan CCTV, pengguna dapat memilih jenis CCTV apa yang dibutuhkan. Pilih juga perangkat atau komponen untuk mendukung CCTV yang diinginkan. Ada beberapa komponen yang digunakan untuk mengoperasikan CCTV. Berikut beberapa komponen CCTV :
  • Kamera CCTV
  • Power Supply CCTV
  • Digital Video Recorder (DVR)
  • Kabel CCTV
  • Konektor CCTV
  • Media penyimpanan CCTV (HDD,NAS,SSD,Cloud)
Pemilihan komponen CCTV juga harus disesuaikan dengan jenis CCTV yang digunakan. Jangan memilih komponen yang murah. Gunakan komponen yang dapat bertahan dalam jangka panjang agar kamera CCTV akan terus beroperasi.

3. Pasang Konektor Dan Kamera CCTV

Pemasangan konektor terbagi menjadi dua macam yaitu konektor BNC dan konektor DC12v. Untuk pemasangan konektor BNC cukup mudah dilakukan. BNC yang memiliki bentuk ulir atau twist tidak memerlukan peralatan khusus. Konektor ini diulir terlebih dahulu menggunakan cutter atau pisau dan juga tang.

Konektor BNC terdapat dua jenis yang dapat menjadi pilihan yaitu model ulir dan model jepit. Jenis konektor BNC yang mudah digunakan dalam perakitan CCTV yaitu konektor BNC model ulir karena model ini hanya membutuhkan tang. Sedangkan untuk konektor BNC model jepit membutuhkan alat lagi yaitu tang cramping.

Pemasangan konektor DC12v juga tidak terlalu sulit. Kendorkan sekrup yang ada pada konektor ini dengan menggunakan obeng plus. Kabel merah yang telah disiapkan harus dimasukkan pada lubang bertanda positif (+) pada konektor. Masukkan juga kabel hitam ke lubang bertanda negatif (–) dan kencangkan sekrup menggunakan obeng plus.

4. Pasang Dan Atur DVR Dan Power Supply CCTV

Saat membeli DVR, jangan lupa untuk membeli HDD jika tidak disediakan saat membeli DVR. Cara memasangnya dapat dimulai dengan membuka casing DVR. Kemudian pasanglah sekrup di HDD dengan posisi yang sedikit kendor. Pasanglah kabel data pada HDD dan soket DVR. Setelah itu, sekrup di HDD dapat dikencangkan kembali.

Setelah memasang DVR, pasang juga power supply CCTV. Saat pembelian power supply khusus CCTV, biasanya sudah disediakan terminal dan box untuk memasang kabel. Kabel tersebut harus dipasang pada soket yang ada. Kabel merah harus dipasang pada soket yang bertanda positif (+) dan kabel hitam dipasang pada soket bertanda negatif (-).

5. Setting Dan Monitor CCTV Secara Lokal Dan Remote

Salah satu cara memasang CCTV yaitu mengatur DVR pada CCTV. Saat membeli DVR dengan kondisi baru, biasanya untuk mengakses DVR CCTV secara remote belum dapat dilakukan. Maka dari itu, setting DVR terlebih dahulu dengan menggunakan metode lokal. Secara defalut, DVR menyediakan input dan output yang dapat disetting dengan lokal.

Cara setting DVR secara lokal dimulai dengan memasang monitor dan pasang juga adaptor pada stopkontak. Pasang ujung adaptor pada soket DVR dan tekan tombol on/off pada DVR. Kemudian, ikuti panduan dasar untuk setting DVR. Panduan dasar ini biasanya berisi mengenai kode keamanan, pengaturan bahasa, waktu, jaringan dan pengaturan lainnya.

Itulah mengenai informasi cara memasang CCTV dengan mudah tanpa membutuhkan teknisi. Merakit CCTV tanpa menggunakan bantuan teknisi akan meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Pengguna juga akan lebih mengetahui seluk beluk komponen CCTV dan dapat memperbaiki sendiri jika CCTV mengalami kerusakan.


5:17:00 AM