Cara Memasang Dioda Pada Generator Yang Perlu Diketahui




cara memasang dioda pada generator

Cara Memasang Dioda - Salah satu komponen terpenting yang harus ada pada generator atau genset adalah dioda. Dioda akan membantu generator untuk menghasilkan daya listrik. Dengan adanya arus listrik yang dihasilkan, maka generator pun dapat berfungsi untuk menghantarkan listrik. Cara memasang dioda pada generator harus dilakukan dengan benar untuk membuat generator dapat berfungsi dengan baik.

Dioda adalah salah satu komponen elektronika yang paling sederhana. Walaupun dioda merupakan komponen sederhana, pemasangan dioda pada generator tidak boleh dilakukan sembarang. Teknisi harus mengetahui terlebih dahulu komponen apa saja yang dapat mempengaruhi dioda pada generator. Berikut akan diulas mengenai cara memasang dioda pada generator.

1. Menentukan Jenis Dioda Yang Digunakan Untuk Generator

Dalam dunia elektronika terdapat banyak sekali jenis-jenis dioda. Pemilihan jenis dioda harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dioda yang digunakan untuk generator yaitu dioda penyearah atau rectifer. Kegunaan dioda penyearah pada generator ini sebagai komponen yang mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Kemagnetan dari kumparan medan magnet rotor akan dihasilkan dengan menggunakan dioda penyearah. Ada beberapa jenis dioda penyearah yang sering digunakan pada generator. Jenis dioda yang dapat digunakan untuk generator antara lain dioda bridge atau dioda stud. Sebaiknya, gunakan dioda jenis bridge karena dioda ini sangat mudah dipasang.

Masih banyak lagi jenis dioda yang dapat dipilih untuk digunakan pada generator. Pemilihan jenis dioda tidak dapat dilakukan asal-asalan. Sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan jenis generator yang digunakan.

2. Menyiapkan Peralatan Untuk Memasang Dioda

Pemasangan dioda memang diperlukan kehati-hatian dari langkah pemilihan dioda hingga langkah terakhir. Pemilihan peralatan juga sesuaikan lagi dengan kebutuhan. Pemasangan dioda pada generator juga membutuhkan beberapa komponen. Berikut beberapa peralatan dan komponen yang digunakan untuk memasang dioda.
  • Set Dioda (sesuaikan dengan kebutuhan)
  • Transformator (trafo)
  • Rotor
  • Power supply
  • Multimeter (AVO meter)

3. Merakit Rangkaian Dioda

Dioda penyearah berfungsi sebagai penyearah arus listrik. Fungsi lainnya dari dioda yaitu menahan arus baterai agar tidak mengalir ke stator coil. Karena itu, saat memasang dioda diperlukan kehati-hatian sehingga tidak terjadi kesalahan yang akan menyebabkan dioda tidak dapat dinyalakan. Untuk merakit rangkaian dioda sebaiknya gunakan petunjuk atau pedoman rangkaian elektronika.

Setiap komponen dioda memiliki dua kaki antara lain katoda dan anoda. Katoda digunakan untuk arus positif sedangkan anoda digunakan untuk arus negatif. Untuk memasang dioda perlu memperhatikan dua output tersebut. Jika output tersebut tidak dipasang sesuai maka kemagnetan yang harus dihasilkan oleh kumparan akan bermasalah.

Jumlah dioda yang digabung ada sekitar enam hingga sembilan buah dioda pada alternator. Kutub dioda negatif akan dibautkan secara langsung di bodi alternator tanpa menggunakan isolator. Sedangkan kutub positif dioda dipasang pada rumah alternator dengan bantuan isolator. Agar lebih akurat, gunakan juga ohm meter.

4. Mengukur Dioda

Tujuan dari pengukuran dioda adalah untuk mengetahui jika dioda sudah terpasang dengan tepat pada rangkaiannya. Pengukuran dioda ini dibantu dengan Multimeter atau AVO meter. Mudah sekali untuk mengukur dioda dengan menggunakan AVO meter.

Cara mengukur dioda dengan menggunakan avo meter yaitu hubungkan jarum ukur avo meter yang berwarna merah pada kutub katoda dioda. Hubungkan pula jarum ukur avo meetr yang berwarna hitam pada kutub anoda dioda. Dioda yang sudah dirangkai dengan tepat dapat dilihat dari arah jarum yang ada pada AVO meter.

Jika jarum pada AVO meter bergerak dari posisi kiri ke kanan, artinya dioda sudah dipasang dengan tepat pada rangkaian. Tetapi jika jarum pada AVO meter tidak bergerak artinya dioda belum tepasang dengan tepat pada rangkaian.

5. Memastikan Jika Generator Sudah Menyala

Cara memasang dioda pada generator yang terakhir yaitu memastikan generator dapat menyala dengan adanya dioda. Jika generator tidak dapat menyala berarti pemasangan dioda masih belum tepat. Bisa jadi dioda yang terpasang masih longgar atau belum erat terpasang pada rangkaian.

Itulah beberapa cara memasang dioda pada generator. Diperlukan pengetahuan khusus mengenai elektronika untuk memasang dioda pada generator. Untuk biaya membeli dioda pada generator bergantung pada jenis dioda yang diperlukan. Harga dioda di pasaran berkisar dari Rp. 50.000 hingga Rp. 2.000.000. Dioda dapat ditemukan juga pada beberapa situs online yang menjual komponen dioda.


5:28:00 AM