Cara Memasang Filter Air Yang Perlu Diketahui




cara memasang filter air

Cara Memasang Filter Air - Filter air merupakan alat yang sering digunakan untuk rumah tangga. Fungsi filter air yaitu menjernihkan air terutama air yang berasal dari sumur. Seringkali didapatkan permasalahan saat menggunakan air sumur seperti air keruh dan masih berbau. Maka dari itu, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara memasang filter air.

Pemasangan filter air sebenarnya cukup mudah. Cara memasang filter air harus disesuaikan dengan tekanan kapasitas pompa dengan alat filter air itu sendiri. Sehingga air dapat tersaring dengan melalui filter air. Ada beberapa cara untuk memasang filter air. Berikut akan diulas beberapa cara yang dapat digunakan untuk memasang filter air.

Memasang Filter Air Langsung Dari Pompa Air

Cara ini merupakan cara memasang filter air yang paling mudah dilakukan. Pemasangan filter air dilakukan dengan memasang langsung pompa air. Kemudian air akan disaring yang melalui pompa air. Setelah air disaring, air akan dialirkan langsung ke instalasi rumah tanpa disimpan dahulu ke tangki air.

Pemasangan Filter Air Sebelum Tangki

Memasang filter air sebelum tangki sudah sering digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan cara ini, tekanan dari pompa air lebih berkurang sehingga penyaringannya pun mudah dilakukan. Air yang dihasilkan juga lebih bersih karena sudah tersaring dengan optimal. Filter air ini biasanya ditempatkan di luar ruangan sehingga akan terkena oleh suhu cuaca.

Karena sistem filter air ini mengakibatkan penempatan alat di luar, gunakan tabung yang kuat seperti PVC. Tabung PVC cukup kuat daripada tabung fiber dan stainless. Kelebihan cara ini yaitu pengurasan alat atau backwash tidak perlu memerlukan waktu lama. Cukup menghabiskan waktu selama 10 menit per minggu untuk membersihkan peralatan filter.

Memasang Filter Air Setelah Tangki

Untuk menggunakan cara ini, dibutuhkan pompa dorong yang memiliki kapasitas 100 hingga 150 watt. Tekanan yang dihasilkan dengan menggunakan cara ini juga lebih kecil dikarenakan adanya pompa dorong. Saat melakukan filter air, kotoran air akan mengendap di tangki penampungan dengan sendirinya.

Masalah penyaringan air dengan menggunakan cara ini juga lebih ringan. Kelebihan penyaringan air dengan menggunakan cara ini yaitu penyaringannya yang ringan. Penyaringan yang ringan akan memberikan dampak pada waktu sistem pembersihan yang sebentar.

Pemasangan Filter Air Dengan Dua Tangki

Pemasangan filter air dengan menggunakan dua tangki akan menyebabkan pada tekanan dari pompa air. Karena menggunakan dua tangki, tekanan pompa air akan lebih kuat saat penyaringan air. Penyaringan yang kuat akan terasa manfaatnya saat menggunakan air saat shower untuk mandi.

Walaupun tekanan dari pompa air lebih kuat, terdapat beberapa keunggulan dari cara ini. proses filtrasi pada tahap ini akan dilakukan dengan sempurna. Media filter yang digunakan juga lebih panjang. Dengan menggunakan cara ini, persediaan air bersih akan lebih banyak dibandingkan menggunakan cara lainnya untuk memfiltrasi air.

Kelemahan dari menggunakan cara ini yaitu harus sering dilakukan pembersihan setiap tangki. Endapan yang dihasilkan dalam tangki memungkinkan akan sangat banyak dihasilkan karena penyaringan air ini. Jika ingin menambah tekanan air yang lebih kuat, gunakan booster pump. Sehingga laju air yang dihasilkan akan lebih kencang dari sebelumnya.

Memasang Filter Air Setelah Pompa Air Sumur

Cara memasang filter air setelah pompa air sumur sebenarnya jarang digunakan. Resiko yang akan terjadi seperti filter air yang akan menurun kemampuan menyaringnya inilah yang membuat cara ini jarang digunakan. Tekanan pompa air yang besar akan membuat kemampuan menyaringnya menurun dan kurang maksimal.

Air akan disedot oleh pompa air. Kemudian air yang disedot akan masuk ke filter untuk disaring dan disimpan dalam tangki air bersih. Kelebihan dari pemasangan filter air dengan cara ini yaitu filter air ini tetap dapat digunakan walaupun tanpa menggunakan listrik.

Sistem pemasangan filter air dengan menggunakan cara ini akan membuat peralatan yang digunakan dapat bertahan dalam jangka panjang. Selain itu peralatan yang digunakan akan mengurangi tingkat korosi.

Itulah beberapa cara memasang filter air yang dapat digunakan. Pilihlah cara yang mudah dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan peralatan filter air terbaik agar sistem filter air dapat digunakan dalam jangka panjang.


3:55:00 AM