Cara Memasang Gas Yang Tepat dan Benar




cara memasang gas

Cara Memasang Gas Yang Tepat dan Benar - Memasak tentu sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh wanita khususnya ibu rumah tangga. Mulai dari memasak untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Namun bagaimana jika tiba- tiba kompor mati karena kehabisan gas padahal sedang asyik memasak? Tentu saja gas harus segera diganti dengan yang baru. Nah berikut ini beberapa cara memasang gas elpiji yang baik dan benar yang bisa dipraktekkan, di antaranya :

1. Pastikan Sirkulasi Dapur Lancar

Memastikan sirkulasi udara di dapur lancar adalah salah satu cara memasang gas yang baik dan benar. Untuk memperlancar sirkulasi udara bisa dilakukan dengan membuka jendela dan pintu dapur selebar- lebarnya. Hal ini penting untuk menghindari ledakan saat gas sedang dipasang. Sehingga sirkulasi dapur harus sangat diperhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan dampak yang buruk terhadap pemasangan gas.

2. Perhatikan Posisi Tabung

Tabung harus berada di posisi yang lebih rendah daripada kompor. Posisi tersebut untuk mengurangi resiko gas terjilat api ketika kompor menyala. Usahakan agar posisi selang tidak terlilit, berkelok- kelok maupun terinjak benda lain. Jika selang sampai terinjak atau terlilit akan berdampak juga pada tekanan udara dari tabung ke selang yang bukan tidak mungkin akan menyebabkan ledakan juga.

3. Pastikan Kompor Dalam Keadaan Mati

Cara memasang gas selanjutnya adalah memastikan terlebih dahulu bahwa kompor dalam keadaan mati. Jangan sekali-kali menyalakan kompor ketika sedang memasang gas. Hal tersebut karena akan sangat membahayakan. Dengan mematikan kompor terlebih dahulu akan meminimalisir ledakan akibat kebocoran gas. Nyalakan kompor jika gas sudah terpasang dengan benar dan sempurna.

4. Pilih Tabung Berlogo SNI

Pilihlah tabung yang berlogo SNI karena logo SNI menjamin bahwa tabung gas yang digunakan bebas dari kebocoran. Namun jika masih ragu dengan keamanan gas bisa mengeceknya terlebih dahulu. Caranya lumuri bagian leher gas dengan sabun. Apabila terdapat gelembung sabun sebaiknya jangan digunakan karena berpotensi mengalami kebocoran.

5. Pastikan Rubber Seal Dalam Keadaan Terpasang

Pada saat membeli tabung gas, pastikan membeli tabung yang mempunyai rubber seal. Rubber seal sendiri adalah karet yang mengelilingi mulut tabung. Pastikan rubber seal terpasang dengan lentur, halus, tidak sobek, dan ukurannya sesuai dengan tabung gas yang dibeli. Hal tersebut sangat penting sebagai salah satu cara memasang gas elpiji yang baik dan benar.

6. Pasang Regulator dengan Baik dan Benar

Setelah memastikan hal- hal diatas aman dan sesuai, baru mulai bisa untuk memasang gas. Ketika memasang regulator pastikan posisi tegak lurus ke leher tabung kemudian tekan sekuat tenaga menggunakan tangan. Setelah itu putar pengunci yang berada di bagian samping regulator searah dengan jarum jam. Cara pemasangan gas yang satu ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi kebocoran maupun bahaya lain yang disebabkan apabila pemasangan tidak dilakukan dengan tepat.

7. Pastikan Tidak Ada Bunyi Mendesis

Jika regulator sudah terpasang perhatikan apakah ada bunyi mendesis atau tidak. Jika iya berarti cara memasang gas masih salah atau belum sesuai. Bunyi mendesis jika dibiarkan akan menyebabkan ledakan. Cara untuk menghilangkan bunyi desisan bisa dengan melepas regulator kemudian ganti karetnya setelah itu pasang kembali regulator tersebut. Jika bunyi sudah hilang pemasangan gas barulah dipastikan aman.

8. Cek Kompor

Setelah semua selesai, bisa mencoba menyalakan kompor. Seringkali ada beberapa kasus dimana kompor tidak mau menyala gas telah terpasang. Cek jarum jam yang berada di samping regulator, jika tidak mengarah ke kanan kemungkinan regulator rusak. Namun jika jarum jam sudah berada di sebelah kanan coba tepuk dan goyangkan sedikit tabungnya kemudian nyalakan kompor. Apabila masih belum menyala tukarkan kembali yang sudah dibeli dengan yang baru karena keemungkinan ukuran leher tabung gas tidak sesuai dengan regulator yang dimiliki.

Nah itulah 8 cara memasang gas elpiji yang baik dan benar. Mintalah bantuan keluarga atau orang lain yang lebih ahli jika kompor masih tetap tidak menyala meskipun telah mengikuti cara-cara di atas. Tujuannya tentu agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan seperti ledakan gas dan kebakaran.


7:49:00 AM