Cara Membuat Klepon Ketan Buat Cemilan Yang Enak di Rumah




cara membuat klepon ketan

Cara Membuat Klepon Ketan Untuk Cemilan - Klepon ketan merupakan jajanan tradisional Indonesia. Semua daerah di Indonesia menjual klepon ketan ini. Klepon ketan terbuat dari bahan utama yaitu ketan yang berbalut parutan kelapa diluarnya dan berisi gula merah. Klepon ketan merupakan cemilan yang enak ketika dimakan selagi hangat. Cara membuat klepon ketan di rumah pun sangat mudah.

Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Mengapa? Karena bahan-bahan yang diperlukan harganya terjangkau. Selain itu bahan-bahan tersebut mudah dicari di pasaran maupun supermarket. Siapa saja bisa mempraktikan cara membuat klepon ketan di rumah. Penasaran dengan caranya? Berikut informasi mengenai cara membuat klepon ketan di rumah:

1. Persiapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Sebelum mengetahui cara membuat klepon ketan, kita harus menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan bahan-bahan tersebut dibeli secara lengkap. Mengapa? Agar memudahkan kita dalam membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan mudah untuk ditemukan dan dicari dimana saja. Bahan-bahan yang diperlukan ini terdiri dari isian klepon, adonan klepon dan balutan luar klepon.

Untuk bahan isian klepon hanya membutuhkan gula merah saja. Namun bagi kita yang ingin berkreasi bisa menggantikannya dengan cokelat atau ovamaltine. Untuk bahan adonan terdiri dari tepung beras ketan (250 gr), tepung beras (50 gr). Tidak lupa air mineral (1350 ml), garam (1 sdt) serta daun pandan.

Yang akan membuat gurih klepon ketan, terdapat pada balutan luar klepon yaitu parutan buah kelapa serta gula pasir (3 sdm). Takaran ini bisa digunakan untuk pemula yang ingin mencoba membuat klepon ketan. Bagi yang sudah terbiasa membuatnya bisa menambahkan takaran ini menjadi 2x ataupun lebih.

2. Cara Pembuatan Balutan Luar Klepon/ Parutan Kelapa

Balutan luar klepon terdiri dari parutan kelapa dan gula pasir. Balutan ini merupakan hal yang paling penting. Mengapa? Karena akan membuat klepon ketan yang kita buat menjadi gurih ketika dimakan. Cara membuat klepon ketan untuk balutan luarnya sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang banyak.

Kebanyakan orang tidak memperdulikan hal ini. Namun hal ini menjadi penting dalam menciptakan kue klepon yang gurih, enak serta lezat. Cara membuat balutan luar klepon yaitu dengan mengukus kelapa yang sudah di parut beserta garam dan daun pandan selama 15 menit. Kemudian letakkan parutan kelapa yang sudah dikukus kedalam wadah.

3. Cara Pembuatan Klepon Ketan

Setelah menyelesaikan balutan parutan kelapa. Tahap selanjutnya adalah membuat adonan klepon ketan. Cara membuat adonannya yaitu masukkan daun pandan yang sudah di blender, hal ini bertujuan untuk menciptakan warna alami pada klepon. Setelah itu sediakan wadah bersih dan masukkan tepung beras, tepung beras ketan beserta garam. Aduk secara rata.

Masukkan pewarna dari daun pandan dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk sampai adonan klepon menjadi kental. Ketika sudah mengental maka adonan sudah siap dibentuk dan diisi dengan gula merah.

Ambil sedikit adonan klepon dan masukkan isian klepon yaitu gula merah yang sudah disisir secukupnya. Bentuk adonan sesuai selera, bisa berbentuk bulat maupun berbentuk persegi panjang. Ulangi cara ini sampai adonan habis.

4. Cara Merebus Klepon Ketan

Setelah adonan klepon ketan sudah berbentuk bulat/ persegi panjang. Berarti adonan sudah siap untuk direbus. Cara merebus klepon ketan sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Caranya yaitu rebus air secukupnya kedalam panci, tunggu hingga air mendidih. Setelah itu masukkan klepon ketan yang sudah dibuat kedalam air yang mendidih. Tunggu klepon hingga mengapung di atas air. Gunakan api sedang saat merebus klepon ketan. Setelah itu angkat klepon ketan yang sudah mengapung dan baluti dengan parutan kelapa.

Itulah cara membuat klepon ketan yang sangat mudah. Untuk menambah gurih parutan kelapa tersebut, kita bisa menambahkan sedikit gula pasir. Tujuannya agar menciptakan rasa gurih dan manis sedikit di parutan kelapa.

5. Cara Menyajikan Klepon Ketan

Setelah klepon ketan sudah di baluti dengan parutan kelapa. Tahap selanjutnya adalah penyajian. Penyajian klepon ketan akan membuat tampilan klepon ketan yang kita buat semakin menarik untuk dimakan. Kita bisa menata klepon ketan secara rapih dan tambahan irisan daun pandan diatasnya.

Nah itulah informasi mengenai cara membuat klepon ketan di rumah. Selain tidak memakan banyak uang, pembuatan klepon ketan pun sangat mudah dan cepat. Bagi yang suka memasak jajanan tradisional Indonesia, dapat menjadikan cara ini sebagai referensi dalam membuat klepon ketan. Selamat mencoba!


8:11:00 AM