Cara Membuat Klepon Ubi Yang Mudah dan Lezat




cara membuat klepon ubi

Cara Membuat Klepon Ubi - Memasak bisa dibilang salah satu hobi yang banyak disukai oleh banyak orang. Nah bagi yang hobi memasak kali ini akan di bahas mengenai cara membuat klepon ubi yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan rasanya dijamin nikmat serta lezat. Membuat klepon dari bahan ubi juga harus memperhatikan tipsnya terlebih dahulu.

Tips membuat klepon dari ubi diantaranya jika ubi ungu harus dilakukan secara khusus karena ubi ini dapat menimbulkan rasa pahit jika salah dalam mengolahnya. Saat mulai perebusan ubi ungu pastikan ubinya direbus secara keseluruhan jangan di potong keci-kecil. Jika sudah tahu tips merebus ubinya sekarang langsung saja ketahui cara membuat klepon ubi. Berikut ulasannya:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama yang harus dilakukan sebagai cara membuat klepon ubi adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang harus dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya 200 gr ubi ungu, ubi orange atau ubi putih, 200 gr tepung ketan di ayak, 2 sdm gula pasir, ¼ sdt garam dan siapkan air kurang lebih 100 ml air biasa.

Untuk menghindari aroma bau dari tepungnya siapkan juga daun pandan agar wangi. Untuk bahan isiannya siapkan gula merah yang disisir halus, biasanya klepon di tabor dengan parutan kelapa maka dari itu siapkan kelapa parut dan nanti ditambahkan dengan sedikit garam agar rasanya gurih.

2. Cuci Ubi Sampai Bersih

Langkah yang kedua dalam membuat klepon ubi yaitu mencuci ubi yang mau diolah sampai benar-benar bersih. Gunakan air yang mengalir dan untuk mencucinya bisa dicuci satu persatu agar tidak ada lagi tanah yang menempel di ubi karena nanti ubi akan direbus bersama dengan kulitnya langsung.

3. Mulai Perebusan

Jika sudah di cuci dengan bersih maka cara membuat klepon ubi di langkah yang selanjutnya bisa mulai dengan perebusan. Ingat tips yang tadi sudah sempat di berikan, jika yang dimasak adalah ubi ungu maka ubi harus direbus secara utuh jangan di potong. Beda halnya dengan ubi yang berwarna putih atau orange yang tidak menimbulkan rasa pahit.

4. Kukus Kelapa Parut

Sambil menunggu proses perebusan ubinya matang, bisa juga sambil mulai mengukus kelapa parut yang tadi sudah disiapkan di awal. Pastikan parutan kelapa yang di kukus tersebut sudah di beri garam yang cukup. Proses pengukusan kelapa parut ini kurang lebih membutuhkan waktu sebentar saja dan tidak membutuhkan waktu lama sekitar 1o menit saja.

5. Ulek Ubi Jika Sudah Matang Dan Siapkan Baskom

Lihat ubi yang direbus kalau sudah matang segera uleg sampai halus, jika ubi sudah dingin bisa juga dengan meremasanya dengan tangan. Masuk ke langkah berikut adalah dengan menyiapkan sebuah baskom. Masukkan tepung, juga ubi dan garam serta gula lalu aduk hingga adonan merata. Beri air sedikit demi sedikit terus uleni sampai nanti adonan bisa dibentuk.

6. Rebus Air Di Panci Dan Maukkan Adonan Yang Sudah Di Isi Gula Merah

Jika adonan sudah dibentuk semua, pipihkan dan isi dengan gula merah kemudian tutup kembali kemudian adonan dibulatkan. Mulai rebus air di panci yang telah di masukan pula daun pandan. Jika air di panci dirasa sudah mendidih masukkan adonan sampai nanti mengapung. Jika adonan sudah mengapung itu artinya sudah matang lalu angkat.

7. Klepon Gulingkan Ke Kelapa Parut

Siapkan kelapa parutnya, klepon yang sudah matang tadi segera gulingkan ke dalam kelapa parut. Gulingkan secara merata dan perlahan-lahan agar bentuk tidak berubah dan adonan tidak pecah sehingga gula keluar kemana-mana. Setelah itu siapkan piring atau tempat untuk menyajikan klepon karena kini klepon sudah siap untuk disajikan dan dinikmati bersama.

Nah itulah tadi cara membuat klepon ubi yang mudah untuk dilakukan dan menciptakan rasa yang nikmat juga lezat. Dalam membuat klepon dari ubi ini yang perlu diingat adalah jenis ubinya, jika ubi ungu seperti yang tadi sudah dijelaskan harus benar-benar tepat dalam perebusannya. Lain halnya dengan ubi putih dan orange yang bisa di rebus bebas karena tidak pahit.


1:35:00 AM